Sunday, February 26, 2023

Map MII Rebuild Rework ETS 2


Map ini merupakan map ETS 2 pertama di Indonesia setelah Map RRI, IZI, dan L2, dan menjadi Map ETS 2 pertama yang mengambil settingan Pulau Kalimantan,
Map ini dibuat oleh Mas Ian , dan kemudian diupdate menjadi versi yang paling terbaru oleh Tim Opejepe, lalu diupdate lagi versinya menjadi versi tinggi oleh mas Fatkhul Anam dan Mas Ihsan, untuk update kali ini belum ada informasi apakah ada penambahan atau editan tambahan di mapnya dan di bagian mana ya. Map ini menggunakan playing module mii_reboisasi.mbd, jadinya bila kalian pengen langsung mencobanya tanpa harus membuat profil baru bisa menggunakan sii decryipt yang bisa kalian baca-baca disini. Untuk link downloadnya kalian bisa langsung saja menuju sumber aslinya di facebook, dan kalian bisa bertanya-tanya langsung disana. Sedikit gambaran mengenai map ini, map ini merupakan Map ETS2 yang memiliki versi tantangan tersendiri, mulai dari jalur jembatan kayu yang terlihat menegangkan, karena dilewati kendaraan tronton dan bus besar, kemudian ada jalur terowongan, jalur gua, jalur jalan yang bergelombang, map ini dulu pernah terkenal dengan jebakan betmen oleh usernya, kira-kira seperti apa, silahkan dicoba sendiri ya. File map ini ada dua Base Map MII Reboisasi.scs, dan Def_Map_M.I.I_Reboisasi.scs.


copasan sharenya

Map M.i.i Reboisasi Rebuild Rewor


Map Ini Adalah Map Legendaris Dan Map Kalimantan Pertama Di Ets2

Dan Kali Ini Saya Rework Dan Saya Edit Map Ini

Sebelum Saya Edit, Map Ini Sudah Terlebih Dahulu Di Edit Oleh Oje Peje Team Dan Menjadi Map M.i.i Reboisasi



Dan Sekarang Saya Edit Lagi Menjadi Map M.i.i Reboisasi Rebuild Rework




Terimakasih Kepada

* Allah
* Keluarga
* Seluruh Teman-teman Yang Membantu Dalam Pembuatan Map
* Seluruh Teman-teman Anggota Grub Ets2 Developer (Fb)
* Seluruh Taman-teman Anggota Grub Ets2 Modeler Indonesia (Wa)
* Mang Ian Gancank Yang Memberikan Izin Untuk Menggunakan Model Base Map M.i.i



** Ucapan Terimakasih **
=========================

* Tsm Team
* Burnedbruno Aka Agan "Jaga Jarak"
* Denny Ch Pratama
* Msrihardi Modworks
* Rianzz Sevcnot
* Samuel Wisnu Adi Pratama
* Mas Bro
* Bang Ibad
* Mas Sugeng Rahmadi "Model Rumah"
* Mas Rio Bagus "Model Warung"
* Mas Adi Evergreen "Tutorial Maping Dan Lain Lain'
* Mas Rais Untuk Beberapa Model Map Yang Di Share Di Grup Ets2 Developer
* Dan Lain-lain Yang Mungkin Belum Saya Sebutkan


sumber asli web.facebook.com/groups/2050677051659682/posts/6024569690937045
pic by Fatkhul.

lin donlot sharemods.com/v4dhcclgqzjj/MAP_M.I.I_REBOISASI_REBUILD_REWORK_1.40_-_1.46.rar.html?fbclid=IwAR1jXsDd2AndZs1QkyHN-rRhOyMlyZ9zGrMhNAsf6Y4cFIOxMQ_SVgulNGA
Read More...

Saturday, February 25, 2023

Pengalaman Mencari Paket Internet Murah Saat Ini


Sebenarnya untuk mencari paket internet termurah caranya gampang, yaitu tinggal menanyakan langsung kepada penjual counter pulsa, karena pastinya merekalah yang lebih mengetahui dan paling update informasinya. Kalau hanya melihat iklan saja, maka biasanya akan ada syarat dan ketentuan yang berlakunya, yang ujung-ujungnya juga malah jadi tidak murah, misalnya saja ternyata ada batasan paket di jam-jam tertentu, batasan di jam waktu tertentu, atau bisa juga batasan jumlah kuota tertentu. Jadinya memang lebih enak bertanya langsung ke penjual pulsa ya, daripada mengikuti iklan, tinggal disesuaikan dengan kebiasaan kita, counterlah yang akan mencarikan apa yang cocok. Apakah kita adalah orang yang sering internetan setiap hari, ataukah hanya sebatas internetan untuk membuka Whatsap saja. Saya sendiri lebih suka mencari paket internet dengan embel-embel unlimited, tanpa batasan jam, kuota, maupun kecepatan dan dengan tarif per Giga Bytenya yang paling murah, jawaban dari counter HP saat itu mengarahkan saya untuk mengambil paket di bawah ini. Nah berikut ini merupakan pengalaman saya membeli paket tersebut ya yang bisa saja cocok atau tidak cocok karena tergantung kebiasaan masing-masing, dan bisa saja suatu saat paketan sudah tidak berlaku di kemudian hari. Namun secara garis besar akan selalu sama.


Oleh counter kemudian ditawarkan paket perdana XL yang kalau dihitung-hitung jatuhnya dapat tarif Rp.1500,- sampai Rp.2000,- per Giga Byte, unlimited, tanpa batasan kecepatan, namun ternyata paket ini tetap ada batasan jumlah kuota, dan ada batasan waktu, yaitu 30 hari saja.



Nah berikut ini detail cara yang biasanya saya pakai,





Unregister Nomor yang lama
Sebelum memasang kartu yang baru, perlu kia unreg dulu nomor yang lama yang sudah tidak terpakai, mengingat satu KK hanya boleh didaftarkan untuk 3 nomor saja. Karena kalau sampai lupa nomor yang sudah didaftarkan, akan merepotkan, harus datang ke service center dan antrinya lama, bisa 2 sampai 3 jam. (pengalaman pribadi).

Cara Unregnya yaitu

pasang dulu kartu yang akan di UNREG di handphone/smartphone

setting dulu SIM Card di Smartphone
bila menggunakan dual SIM alangkah baiknya kita setting dulu SIM mana yang digunakan untuk telepon, SMS, atau paket data, agar tidak salah.
biasanya untuk Smartphone Samsung A20,
SIM 1=sim yang letaknya di sebelah luar
SIM 2 letaknya di sebelah dalam

SMS ke 4444 kode berikut
unreg#nomor handphone
contoh
unreg#086548484848484

tunggu konfirmasi balasan SMS





Register nomor yang baru
Pasang sim card pada smartphone
lalu register, bisa melalui SMS atau melalui formulir yang otomatis muncul

Untuk yang melalui SMS,
ketik DAFTAR#NIK#NomorKK, kirim ke nomor 4444


tunggu beberapa saat sampai mendapatkan balasan SMS bahwa kartu anda sudah aktif


aktifkan paket data untuk nomor ini, tunggu sampai kita mendapatkan SMS dari My XL bahwa paket data sudah terpasang.




Ambil bonusnya di aplikasi My XL
Biasanya ada bonus tambahan kuota yang diinformasikan dari counter HP.
Untuk mendapatkannya, download aplikasi My XL di playstore, cari dan ambil bonusnya disitu.



Monitoring kuota
Untuk monitoring kuota, ternyata bisa kita cek di aplikasi My XL, baik untuk kartu yang dipasang di smartphone, maupun kartu yang dipasang di Modem Mifi.

Caranya Log In My XL dengan menggunakan nomor, biasanya akan diminta konfirmasi melalui SMS.

Kalau kartunya sudah dipasang di mifi, tinggal kita cari SMSnya di alamat masing-masing modem, contohnya untuk modem eksternal mifi XL Go, SMS yang masuk bisa kita cek melalui browser dengan alamat 192.168.8.1/.


Itulah pengalaman saya bagaimana mencari paket internet, kesimpulannya kurang lebih yaitu

kelebihan
- hitungan tarif per Giga Bytenya relatif lebih murah, yaitu rata-rata sekitar Rp.1500,- sampai Rp.2000,- per Giga Byte

Kekurangan,
- tidak ada alert sms atau whatsapp kapan habis
- harus download aplikasi android untuk mengetahuinya




gambar diambil dari cara bisnis pulsa dot com
Read More...

Friday, February 24, 2023

Rosalia Indah 387 Boyolali Jakarta


Selamat malam semuanya, melanjutkan cerita perjalanan sebelumnya, tibalah kita melanjutkan perjalanan arah sebaliknya dari Ampel Boyoalali menuju Pasar Rebo Jakarta. Seperti apa perjalanannya? silahkan simak terus tulisan di bawah ini ya.


Pemesanan tiket
saya memesan tiket melalui agen pasar rebo di postingan sebelumnya, dimana saya langsung memesan tiket PP langsung dari agennya, yang ternyata bisa, Okupansi penumpang H-4 keberangkatan hari minggu sore, menyisakan kursi di bagian belakang, saya pun mendapatkan deret kursi nomor 6, sementara kursi di depan sudah penuh.

Harga tiket Rp.220.000,- untuk keberangkatan sore jam 16:15 dari Pasar Ampel, Boyolali. Sejak ada Tol Trans jawa, Jalur Ampel Boyolali saat ini menjadi lebih lengang dan tidak terjadi kemacetan di sore hari. Sebelum ada tol, biasanya kemacetan rutin terjadi hari minggu di daerah Tengaran, Klero ke utara. Namun saat ini lebih lancar karena kendaraan telah terurai jalan tol. Bus besar jurusan Jakarta nan sekarang juga lebih sering lewat tol, lewat bawah hanya saat ada penumpang saja, bahkan saat ini titik keberangkatan penumpang cenderung berpindah posisinya di Pintu Tol Boyolali atau di Terminal Tingkir yang dekat dengan pintu tol untuk menghemat waktu.
nah sedangkan daerah Ampel ini letaknya berada di tengah-tengahnya kedua Pintu Tol tersebut, jadinya tidak banyak bus yang lewat sini.



Hari H keberangkatan
16:00 WIB
Sesampai di Agen Ampel, diinformasikan ternyata bus Rosalia Indah 387 masih trouble di Solo sehingga mengalami keterlambatan sekitar satu jam dari jadwal seharusnya jam 16:15 WIB menjadi jam 17:30 WIB. Oleh agen ditawarkan naik Rosalia 551, kemudian transit di Terminal Tingkir, sementara bus asli bisa langsung masuk tol dari Solo keluar Salatiga.

Sekitar 16:30 WIB
Akhirnya bus Rosin (nomor 551 kalau tidak salah) datang, bus ini tertulis menggunakan kelas eksekutif, namun ternyata walau kelas terendah, bagusnya bus ini sudah menggunakan suspensi udara.


Perjalanan Ampel Salatiga ditempuh kurang lebih 30 menit, kondisi jalanan lancar jaya tidak ada kemacetan, walau ini adalah minggu sore.


Sekitara 17:00 WIB
Tibalah saya turun di terminal Salatiga Tingkir yang baru saja direnovasi, saya pun turun langsung yang kemudian disambut agen di sana untuk konfirmasi. setelah itu saya pun menunggu di ruang tunggu keberangkatan bus.


Kondisi Terminal Tingkir Salatiga saat ini
Saya sendiri baru pertama kali menginjakkan diri di Terminal Tingkir yang baru ini, sudah banyak perbedaan daripada sebelumnya, sekarang tidak ditemui lagi jalur keramik yang licin seperti jalur sebelum direnovasi di depat loket Sudiro Tungga Jaya. Walaupun lahan sempit, desain terminal saat ini memberikan kesan lebih memudahkan penumpang, contohnya, saat kita turun dari tempat drop off, kita tidak lagi kehujanan, selain itu jalur menuju loket bus juga tidak lagi melewati jalur bus, jadinya lebih aman, walaupun akhirnya harus naik tangga ya. Selain itu toilet sekarang lebih bersih karena dijaga petugas kebersihan.

Namun di balik kelebihan-kelebihan tersebut ternyata masih ada kekurangan yang jelas terlihat di sini, dan ini menurut saya adalah salah satu hal dasar yang sebenarnya fatal jika diabaikan, yaitu jumlah kursi tunggu yang masih kurang. Padahal namanya saja ruang tunggu, eh kok malah kursinya kurang ya, ada ada saja.


Selain itu kekurangan yang lain dilihat dari sisi agen, yaitu posisi penjual agen yang terletak di lantai dua, lebih jauh dari posisi kedatangan bus, jadinya agen tidak tahu kalau busnya sudah datang, karena pengumuman dari terminal juga tidak setiap saat dilakukan, jadinya agen masih sering terlihat bolak balik naik turun untuk mengarahkan penumpang. Selain itu ada beberapa PO bus yang menugaskan agennya untuk mengecek penumpangnya langsung di atas bus, jadinya perlu bolak balik ya.
Namun ini mungkin berlaku bagi beberapa penumpang saja ya, karena pastinya ada juga penumpang yang sudah tahu pasti akan naik bus yang mana, dan tidak perlu diarahkan agen.

Selagi menunggu bus datang, saya sempatkan memfoto beberapa bus yang memasuki terminal ini.

Ada Gunung Mulia Single Glass



Rosalia Indah


Rajawali



Sudiro Tungga Jaya


Haryanto


Sore itu ternyata saya bertemu lagi dengan Rosin 464 yang saya naiki dan mogok kemarin arah Jakarta, karena tidak mungkin bila arah timur, arah timur hari sabtu, hari minggu tentu pasti arah barat, penasaran juga bagaimana kondisi kompresornya ya, apakah masih bermasalah nanti, ataukah sudah ditangani sementara.

17:30 WIB
Bus yang saya tunggu akhirnya datang juga, jadinya akumulasi telat sekarng menjadi hanya setengah jam saja dari jadwal semula 17:00 WIB.

Bus yang datang adalah kelas eksekutif, bermesin mesin mercedez benz, dengan stiker kiri kanan "Air Suspension", namun belakangan setelah saya naiki, guncangan bus masih begitu terasa, barulah saya akhirnya sadar bus ini masih menggunakan suspensi daun, ealah, ternyata cuman tulisan doang, pembohongan publik ini namanya haha.

terjadi kejadian lucu, saat bus tiba, ternyata parkir masih penuh, dan agen sudah berteriak memanggil-manggil, saya pun tergopoh-gopoh langsung menuju arah bus walaupun bus belum berada di posisi parkir, masih di belakang, dan saat menuju bus tersebut hampir saja kunduran bus yang akan manuver, wah benar-benar ya, setelah dipersilakan naik, bus pun maju, tapi ternyata malah maju ke tempat parkiran penumpang, tau gitu nunggu aja ya.
entah ini mungkin biar kelihatan tertib ya haha.

Selesai menaikkan penumpang, bus langsung menuju Pintu Tol Salatiga.


18:00 WIB
Terminal Bawen, disini ketemu dengan Haryanto sedang menaikkan paket yang cukup banyak dari mobil bak L300, juga ketemu bus Sudiro Tungga Jaya yang sedang parkir entah menunggu apa.

18:35
Agen Banyumanik, disini terpantau masih ada penumpang menunggu di agen.

Bus melanjutkan perjalanan menuju Sukun, di lampu merah Sukun sekarang sudah diberi pembatas permanen, saat ini sudah tidak bisa lagi melihat bus bus malam ngeblong lampu merah ini ya.


19:00 WIB
Agen Krapyak, lanjut bablas via jalur pantura, masuk melalui pintu tol Mangkang


20:10 WIB
Sampai di Pekalongan memasuki Pemalang, bertemu dengan sekitar 10 bus yang sedang parkir di pinggir jalan, bus yang saya naiki pun langsung sein kri dan ikut menepikan kendaraan, wah ada yang trouble ni ya, apakah 464 yang tadi? ataukah yang lain. Beberapa bus yang ikut berhenti ada bus Double Decker, juga ada juga bus terbaru Legacy SR3 Single Glass Hino RM 280 juga ikut parkir.
Setelah menunggu beberapa lama, kurang lebih setengah jam, bus pun melanjutkan perjalanan kembali, saya kira nanti bakal convoy, namun ternyata bus di depan sudah ngacir duluan sampai tidak terlihat.

20:45 WIB
Istirahat makan di Rest Area Rosin Pemalang, Karena tadi berhenti barengan, jadinya sampai rumah makan juga barengan, ambil makan sampai harus antri ya. namun ternyata di depan sudah disediakan 3 tempat pengambilan makanan, jadinya antriannya tidak terlalu lama ya.




Menu makanan saat itu ada sop, dan teh hangat, sekali lagi saya tidak menemukan air putih di sini ya, padahal saya lebih suka air putih.

di rest area ini, juga menyediakan berbagai macam pilihan menu yang bisa beli, karena selain menjadi rumah makan bus, rumah makan ini juga sering disinggahi mobil umum.


Menurut saya jam makan malam sudah terlalu malam ya, sudah jam 20:45 WIB, padahal makan yang bagus itu maksimal jam 19:00 WIB atau 2-3 jam sebelum tidur.

disini bus istirahat kurang lebih 30 menit saja, waktu yang cukup untuk ishoma, tidak kurang juga tidak lebih.

Selesai makan, bus pun melanjutkan perjalanan, disinilah kenyamanan bus mulai diuji, karena belum menggunakan suspensi udara, goncangan bus terasa kencang, bahkan besi di samping jendela sampai bergetar dan menimbulkan bunyi, bantalpun digunakan sebagai ganjal agar besi di samping jendela itu tidak bergetar lagi.
Menurut pendapat saya memang suspensi daun bus bus jaman sekarang terasa lebih keras dibandingkan suspensi bus malam era 2000 an, suspensi per tahun 2000 an memiliki kenyamanan yang beda tipis dengan suspensi udara saat ini.
Jadinya sepanjang perjalanan saya tidak bisa tidur sama sekali, walaupun kursi sudah saya rebahkan maksimal.



00:45 WIB
Bus sampai di Rumah Makan Subang untuk kontrol dan istirahat, namun ternyata penumpang tidak dioprak-oprak kernet untuk turun ya, disini bus berhenti cukup lama, kurang lebih 40 menit, samppai jam 01:25 WIB. Karena ini kelas terendah, kelas eksekutif, jadinya tidak mendapat snack makan malam ya. lagian juga ga enak kalau makan jam segini.

03:45 WIB
sampai di Cikarang

04:30 WIB
Terminal Pasar Rebo

Rosalia Indah 387 Boyoalai Jakarta angkatan malam
Fasilitas
1 X Makan, tanpa snack, tanpa akua
Selimut
Charger di bagian bagasi atas
Reclining seat
Toilet



Kelebihan
- On time
- Tanpa mampir-mampir isi solar

Kekurangan
- belum menggunakan suspensi udara (tidak tidur, membuat kegiatan besok menjadi terganggu/ngantuk)
- Footrest belum bisa diatur ketinggiannya, karena untuk orang yang tingginya 165 cm butuh footrest dengan posisi yang lebih tinggi, sedangkan untuk orang yang tingginya 170cm, butuh footrest yang lebih rendah.
- Jam makan malam yang terlalu malam
- Tidak ada opsi harga tiket tanpa makan, (bagi saya jam makannya terlampau malam)
- Kru tidak menanyakan penumpang turun mana, karena siapa tahu ada yang rekuest, defaultnya akan diturunkan sesuai tiket ya.


Read More...

Thursday, February 23, 2023

Rosalia Indah Jakarta Salatiga HDD 464



Halo selamat pagi, siang, dan malam semuanya, kali ini saya akan mencatat lagi sebuah trip report catatan perjalanan aka catper di blog saya. Kali ini saya akan mencoba layanan Biro Perjalanan Umum PO Bus asal Palur Karanganyar PO Rosalia Indah. Saya mencoba jurusan Jakarta-Salatiga angkatan pagi yang berangkat dari Pasar Rebo tujuan Terminal Tingkir Salatiga dengan kelas Eksekutif. Kelas ini sekarang merupakan kelas terendahnya Rosalia Indah saat ini ya. Trip perjalanan kali ini akan memiliki warna yang berbeda daripada biasanya, karena akan menemui kejadian-kejadian yang tidak terduga yang menjadikannya beda dengan trip report Rosalia pada umumnya. Kira-kira bagaimanakah perjalanannya? silahkan lanjut dibaca saja artikel di bawah ini.


Pencarian tiket
Sebenarnya kita bisa membeli langsung tiketnya secara online melalui website rosalia indah dot com atau apilkasi android, namun saya memilih melalui agen saja karena memang jatuhnya bisa lebih murah. Jika melalui online nanti akan terkena biaya tambahan admin. Biasaya biaya admin online ini berbeda-beda untuk setiap PO, rata-rata berkisar antara Rp.5000,- sampai Rp.15.000,-. Ya memang wajar, karena namanya aplikasi pasti akan membutuhkan biaya tambahan untuk memelihara hosting, domain, maintenance dan lain sebagainya.

Pencarian Nomor Agen
Melalui websitenya langsung
Mencari nomor agen PO Bus ini relatif lebih mudah dibandingkan PO lain, karena informasi kontaknya sudah disediakan di website resminya dengan nomor agen yang terupdate dan benar-benar bisa dihubungi, berbeda dengan pengalaman PO Lain yang saat itu nomor di websitenya tidak bisa dihubungi karena tidak update. Saya menemukan nomor agen Pasar Rebo Mbak Dwi +62 821-1333-2848.

Melalui instagram
Selain itu, PO ini adalah satu satunya PO yang memiliki media sosial instagram yang aktif menjawab pertanyaan kita. sehingga kita juga bisa mencari nomor agen dari DM instagram Rosalia Indah Official.

Datang langsung
Sedangkan bila mencarinya secara offline juga terbilang cukup mudah, karena tampilan agennya yang memiliki ciri khas dan warna yang konsisten di setiap agennya.

Bertanya langsung
Cara lain yaitu bisa dengan bertanya langsung kepada orang/teman yang biasa melakukan perjalanannya.

Melalui media google map
Bila kalian mencari nomor agen di google map harap hati-hati karena saya pernah membuat pertanyaan berapa nomor Whatsap agen ini, dan kemudian dijawab oleh akun dengan nama "pemilik bisnis", jika orang awam pastilah mengira itu adalah nomor agen yang asli, karena memang cara menjawab whatsappnya menggunakan kata-kata yang sopan, namun nanti ujung-ujungnya kalian akan diminta foto KTP yang bisa saja malah disalahgunakan untuk pinjaman online.



Sebelum membeli, saya sempat mengecek ketersediaan kursi penumpang melalui websitenya, posisi H-2 keberangkatan hari Sabtu, okupansi penumpang hanya menyisakan kursi di bagian belakang saja, saya pun memilih kursi nomor deret 5, bus dijadwalkan berangkat pukul 06:45 WIB dari Pasar Rebo.



Pembayaran tiket
ternyata Mbak agen menyediakan bermacam-macam rekening, ada BRI, BCA, dan Mandiri, jadinya kita bisa memilih agar tidak terkena biaya tambahan karena beda bank. Saya membeli tiket kelas eksekutif seharga Rp.220.000,-



Hari keberangkatan
Penitipan Motor 24 Jam
Sesampainya di Pasar Rebo saya langsung mencari tempat penitipan motor, dan ketemulah salah satu penitipan motor 24 jam belakang agen Haryanto yang ternyata di dalamnya sudah terparkir motor-motor yang dititipkan. Motor saya titipkan dan kemudian saya diberi kartu parkir. Untuk biaya parkir dibayarkan nanti saat mengambil motor, waktu itu saya parkir motor selama 48 jam alias 2 hari biayanya 12 ribu.

Lokasi Agen
Agen Bus-Bus di Pasar Rebo tampilannya hanyalah kios-kios di pinggir jalan, jika pengen mencari pun tinggal melihat papan di atas kios masing-masing. Posisi agen Rosalia Indah sendiri berada di timurnya kios buah-buahan, posisinya berada lebih ke dalam dibandingkan agen-agen lainnya. Tidak seperti agen Rosalia pada umumnya, kali ini agen Rosalia di sini memiliki kios yang cukup sederhana.

Selain kios agen bus, di sekitar sini juga ada kios yang menyewakan WC Kamar Mandi dan juga Mushola.

di sini juga menjadi tempat ngetem angkutan umum berbagai jurusan baik jarak pendek maupun jarak jauh. Mulai jurusan Bandung, Ciamis, Garut, dan lain sebagainya. Bila penasaran kalian bisa membuka aplikasi google map di android lalu carilah logo halte bus, nanti akan terlihat angkutan umum jurusan mana saja yang melewati Pasar Rebo ini


Posisi agen dengan kondisi seperti ini memaksa agen untuk mengkondisikan penumpang untuk siap di pinggir jalan saat bus tiba, karena bila tidak siap, tentunya akan membuat kemacetan lalu lintas mengingat posisi parkir bus yang tepat di tengah jalur jalan yang terbatas. Namun harusnya PO ini bisa mengantisipasi hal ini, karena apa? silahkan ditebak dan dicari tahu sendiri ya.

Setelah menemukan agennya, sayapun langsung melapor ke agen, dari agen kemudian diberikan selembar tiket dan selembar kupon makan di Subang berwarna kuning, apakah dapat snack?.


Yak, ternyata tidak mendapat snack pemirsa, padahal tadinya sudah sengaja tidak sarapan karena berencana makan snack yang dibagikan, akhirnya mencoba mencari sarapan yang cocok di sekitar situ, ada penjual bubur ayam, ada penjual nasi kucing, namun saya lebih tertarik pada penjual arem-arem, namun ternyata pagi itu jarang ketemu penjual arem-aremnya. Akhirnya saya merencanakan membeli arem-arem di agen bus berhenti nanti saja, toh nanti sampe di Subang sekitar jam 10.00 WIB pagi.

Sambil menunggu bus yang belum juga tiba, padahal waktu sudah menunjukkan jam keberangkatan, jam 06:45 WIB, bahkan lebih, saya mencoba mengabsen agen dan bus yang lewat. Iseng saya menanyakan bus tujuan Salatiga Boyolali paling malam ternyata masih ada bus Safari dan bus Harta Sanjaya keberangkatan sekitar jam 19:00 WIB, saya pun mengangguk saja berterima kasih atas informasinya. Yang pasti naik kedua bus itu, pastinya akan muter muter di Jabodetabek, karena memang sudah terkenal menjadi bus sapu jagat, nunggu penuh baru berangkat, jadi tidak berdasarkan jam, tapi berdasarkan jumlah penumpang.

Saya pun pernah naik Safari Jakarta Salatiga Solo ini namun saat itu naiknya dari Krapyak Semarang, bus baru sampai sana sekitar jam 06:00 WIB pagi. jadi bisa dibayangkan lama waktu perjalanan jika saya naik sapu jagat ini.

Agen-agen disini juga cukup lengkap, beberapa PO Bus yang baru juga tampak disini, ada AdiBuzz, kemudian bus apa lupa namanya dengan kelir hitam, mirip bejeu, dan lain sebagainya, saya pun juga sempat mengabadikan bus-bus yang lewat sini.

Harapan Jaya




Terpantau arah timur Gunung Harta Ijo


Gunung Harta Ijo lagi


Dua Haryanto sedang menaikkan penumpang



Prima Jasa yang berhenti ngetem juga sebentar 5 menitan disini








Rincian perjalanan
07:10 WIB
Bus terpantau gps agen sudah lepas dari Kampung Rambutan, sayapun diminta untuk siap menunggu berdiri pada posisi dekat tempat naik bus, jadi tempat naik busnya nanti akan berada di sekitar jalur putar arah ya tempat bus tepat berhenti. Disinilah titik kesiapan agen, agar saat menaikkan penumpang nanti tidak sampai membuat kemacetan yang terlalu lama, karena kondisinya hanya memberikan waktu beberapa detik saja untuk bus berhenti, ya meskipun nyatanya disitu juga ada yang sampai ngetem belasan menit ya, contohnya bus medium jurusan cianjur yang juga lama ngetem sampai belasan menit.

Reviu Bus

Bus yang datang ternyata menggunakan mesin Mercedes Benz dengan kelas Executive Plus, padahal tiket saya adalah kelas eksekutif ya, jadinya memang bisa dibilang naik kelas. nomor bangku ternyata masih sama. FYI, bedanya eksekutif dan eksekutif plus hanya pada model footrest mejanya saja, saya pernah merasakan dua duanya, untuk kelas eksekutif juga menggunakan footrest, namun posisinya lebih pendek.


Ini merupakan pertama kalinya saya mencoba model footrest meja seperti ini, kesan saya untuk tinggi saya yang sekitar 169 cm, memang posisi kaki ngepres dengan depan, namun disini masih belum bisa memberikan impresi lebih lanjut, karena perjalanan dilakukan di siang hari, jadinya belum dapat merasakan sejauh mana kenyamanan footrest model bangku ini saat perjalanan di malam hari saat tidur. apakah bisa nyenyak ataukah sebaliknya, saya belum bisa meriveu.

Yang membedakan lagi dengan kursi bus yang lainnya, yaitu settingan reclining seatnya yang ternyata tidak bisa serebah kursi bus pada umumnya, namun sekali lagi saya masih belum bisa memberikan kesan apapun apakah itu kesan positif atau kesan negatif karena bukan dilakukan perjalanan di malam hari yang menuntut orang untuk istirahat.

Bus ini walau menggunakan footrest model meja khas Rosalia Indah, ternyata kapasitas kursi di dalamnya juga tak kalah dengan bus malam lainnya, yaitu ada 30 kursi.

Apakah sudah air suspensi?
Bus ini belum menggunakan suspensi udara, namun kondisi per termasuk kedap, tidak berisik, dan tidak ada suara kriyet-kriyet.


Pukul 07.15 WIB
bus meninggalkan agen menuju timur, kali ini bus langsung masuk tol, okupansi penumpang saat itu sudah terisi kurang lebih 85 persen.



08:05 WIB
Agen Cibitung
Bus berbelok ke jalur tol Cibitung Cilincing yang terlihat masih baru dibangun ditandai dengan tampilan cor-corannya yang masih bersih belum berlumut. Bus kemudian keluar tol menuju agen Cibitung, disini bus melewati depan pool Sinar Jaya Cibitung. bus berhenti sekitar 5 menitan saja untuk menaikkan beberapa penumpang dan barang, pemberhentian yang cukup sat set ya.

08:25 WIB
Agen Cikarang Selatan
Bus keluar tol lagi untuk mengambil penumpang di Agen Cikarang Selatan, disini terparkir dengan manis sebuah bus Rosalia Indah, ini jurusan mana ya? setelah saya perhatikan, ternyata merupakan bus jurusan Cikarang Palembang yang baru saja membuka rutenya tahun lalu. Jurusan tersebut terpampang jelas pada tulisan di kaca depan. Ini adalah penampakan agennya:

Selesai mengambil penumpang, bus tidak langsung berangkat entah karena apa juga kurang paham, juga tidak ada pengumuman berapa menit berhenti menambah kebingungan penumpang sampai kapan berhentinya, saya sendiri sebenarnya pengen turun sebentar untuk membeli makanan ringan untuk mengganjal perut gara-gara belum sempat makan pagi, karena kalau Rosin kan berhentinya seperti ini biasanya tidak lama, maka saya urungkan niat meminta ijin turun.

diumumkan berapa menit gitu kan enak ya, kondisi ini jauh dari gambaran di youtube yang selalu ada announce dari kernet atau pramugara, namun wajar sih, karena kan ini merupakan kelas terendahnya Rosin, jadi jangan banyak berharap mendapatkan fasilitas seperti apa yang biasa dikatakan para youtuber-yutuber. Seorang penumpang ibu-ibu turun untuk membeli makanan di bawah, karena memang kelas eksekutif tidak mendapatkan snack, hanya mendapat jatah makan besar di Subang nanti, namun ada kejadian, saat bus melanjutkan perjalanan, ternyata ibu-ibu tersebut belum naik, akhirnya bus yang sudah berjalan sekitar 30 an meter terpaksa berhenti sejenak menunggu penumpang tersebut naik.
harusnya ada pengumuman halo-halo berapa lama bus berhenti, jadinya ya penumpang bisa memperkirakan akan turun dulu atau tidak.
Saya sendiri dari tadi masih mengharapkan asongan naik, menawarkan arem-arem, hmm, ternyata malah zonk tidak ada.

Bus pun melanjutkan perjalanan menuju arah tol

08:45 WIB
Bus baru saja memasuki tol arah timur, dan belum sempat sampai Cikampek, ternyata ketemu macet parah. Terlihat di depan tol penuh dengan kendaraan baik dari lajur bahu jalan sampai mentok kanan, , bus yang saya naiki ternyata tetap bergeming di jalur paling kanan, tidak tergoda untuk berpindah ke bahu jalan yang nyatanya lebih cepat, tercatat beberapa kendaraan, termasuk PO Haryanto dan beberapa PO lain yang memanfaatkan jalur paling kanan dengan posisi akhir berhasil berada di barisan depan jauh, sementara bus saya Rosalia Indah ini tetap santai dan tertib di jalur kanan.

Wah kira-kira apa penyebabnya ya, saya pun sempat melirik situasi kemacetan menggunakan google map, terlihat warna merah tua sepanjang sekitar 17 KM dengan ujung kemacetan ada di sekitar Pom Bensin KM 52, kira kira kenapa ya?

apakah gara-gara pembatasan solar yang membuat kendaraan sering mampir pom bensin?, ataukah karena ada yang lain?, kalau dilihat dari kondisi google map ini kemungkinan karena ada antrian di sekitar pom bensin tersebut, karena terlihat warna setelah pom bensin sudah berwarna hijau. hari itu juga bertepatan dengan hari besar Isra Miraj.

Akhirnya setelah beberapa lama, bus Rosalia ini tergoda juga untuk mengambil bahu jalan, perlahan bus menyalakan sein kiri untuk bermanuver, akhirnya ngeblong juga ni si Rosin.

ternyata saya salah mengira saudara-saudara, jadi bus mengambil bahu jalan ke kiri bukan karena akan ngeblong, ternyata karena memang akan berbelok ke luar tol mengambil penumpang di Agen Cikarang barat, oalah.

09:45 WIB
Sampai di Agen Cikarang Barat


Ini adalah posisi kemacetan sewaktu sampai di tengah-tengahnya



10:40 WIB
Akhirnya bus bisa lepas juga dari kemacetan puanjang tadi, benar saja, setelah KM 57, kondisi jalan lancar. menurut informasi kru, kemacetan karena ada perbaikan jalan di sekitar Pom Bensin KM 52 tadi. Memang benar tadi ada perbaikan, namun hal ini terjadi karena akumulasi beberapa penyebab, seperti hari libur, weekend, dan perbaikan jalan.


11:25 WIB
Bus memasuki Rumah makan Subang untuk istirahat dan makan, telat 1,5 jam dari jadwal biasanya karena kemacetan tadi. menurut agen biasanya bus sampai sekitar jam 10.00 WIB.
Penumpang langsung turun menuju rumah makan dengan memberikan kupon makan berwarna kuning kepada petugas, tanpa harus scan barcode seperti pengalaman naik yang ini.

Menu makanan saat itu ada sop, dan lauk, untuk lauk dibatasi 1 pcs saja ya, minuman teh manis juga tersedia di situ, namun saya tidak menemukan air putih.


Selesai makan, saya menyempatkan diri melihat-lihat kondisi Rumah Makan Subang ini, di pojokan terparkir 2 bus besar dan 1 mobil bengkel.

Terpantau beberapa bus yang parkir seperti gambar ini, sebenarnya masih banyak bus-bus yang lain ya.



bus berhenti kurang lebih selama 40 menit, lalu melanjutkan perjalanan jam 12:10 WIB, sebenarnya nanggung banget ya, karena waktu berangkatnya malah ngepasi Azan Zuhur, dan yang pasti ke depan bus tidak akan berhenti lagi, langsung menuju tujuan penumpang sampai tujuan akhir di Madiun. saya pun memutuskan tayamum saja saat di perjalanan untuk sholat Zuhur jamak Ashar.

12:30 WIB
Saat melaju di tol, kira-kira berjarak 30 menit dari Rumah Makan Subang, tiba tiba terdengar suara duosssss, ses ses ses dengan keras seperti ban kempes, namun bus tidak terasa oleng, bus pun kemudian menepi.

Kru bus turun mengecek, beberapa penumpang juga ikut turun, saya pun juga ikut turun, ternyata ada kebocoran pada kompresornya, kompresor ini berfungsi membantu kaki sopir menekan rem, karena tidak mungkin tenaga kaki disalurkan langsung pada keenam roda bus, jadinya sistem rem menggunakan hukum pascal dengan memanfaatkan media udara, intinya saat tuas pedal rem ditekan, maka membuka aliran udara dari kompresor agar menekan kampas rem pada roda, kurang lebih seperti itulah gambarannya, Selain itu kompresor ini juga digunakan untuk sistem klakson, loh kok jadi satu sama klakson? apa tidak bahaya ya? silahkan yang lebih paham bisa menjelaskan di kolom komentar.

akhirnya kru mencoba menutup lubangnya menggunakan tutup cadangan, yang menurut informasi, spare part cadangan tersebut merupakan jenis KW, karena jika membeli asli akan terlalu mahal.
Selesai dipasang, bus kembali dihidupkan, terlihat jarum indikator kompresor pada dashboard bergerak perlahan tanda kompresor mulai terisi dengan udara. namun tiba-tiba muncul suara duossss ses ses ses lagi, kompresor bocor di tempat yang sama, mesin pun dimatikan lagi.

Percobaan kedua dilakukan, namun tetap gagal, akhirnya dicoba percobaan ketiga, dan ternyata gagal lagi, kesimpulan kru, untuk memasangnya agar kencang harus menggunakan alat, dan alat itu adanya di mobil bengkel yang parkir di Rumah Makan Subang tadi. Kru bus memutuskan memanggil mobil bantuan tersebut, sementara menunggu mobil servis datang, mesin bus dihidupkan dan AC menyala, penumpang yang menunggu di dalam tidak kepanasan.

Beberapa bus Rosalia Indah juga ikut berhenti di pinggir jalan untuk membantu, namun akhirnya disuruh melanjutkan perjalanan karena mungkin tidak ada peralatan yang bisa membantu.


Sempat pula ada truk plat AD yang mengklakson bermaksud menawarkan bantuan, namun kernet mengisyaratkan untuk tetap lanjut saja.

Setelah menunggu cukup lama sekitar satu jam sejak menelpor Mobil servis Subang tadi, akhirnya datanglah sebuah mobil bengkel berjenis isuzu kemudian berhenti tepat di belakang bus, dari dalam mobil keluar dua orang mekanik yang terlihat membawa kabel entah buat apa.
setelah diutak atik sejenak, mesin mulai dihidupkan, namun terjadi kebocoran lagi yang ditandati dengan suara duosss sesss. Terpantau oleh saya sudah 3 kali percobaan dihidupkan namun gagal, saya pun memutuskan menunggu di dalam kabin saja, sampai akhirnya sekitar jam 3 sore akhirnya bus kembali dinyalan, dan akhirnya tidak bocor lagi, Alhamdulilah, akhirnya bisa melanjutkan perjalanan.

Ini adalah foto setelah mobil bantuan datang, spare part yang saya maksud di samping roda, bentuknya seperti pipa, ukurannya cukup kecil juga, entah ini apa namanya ya, yang tahu silahkan komentar saja.



14:55 WIB
Bus akhirnya mulai melanjutkan perjalanan setelah mogok kurang lebih 2,5 jam, masih di Subang, padahal kalau lancar seharusnya sudah sampai di Salatiga ya.

17:35 WIB
Keluar melalui Pintu Tol Pekalongan untuk menurunkan penumpang di depan pintu tol, selesai menurunkan penumpang, bus langsung puter balik kembali masuk ke dalam tol.

18:10 WIB
Keluar pintu tol lagi di Kendal menurunkan penumpang di depan pintu tol, setelah itu langsung muter balik lagi memasuki tol

19:35 WIB
Masuk Terminal Mangkang untuk menurunkan penumpang, saat lewat sini, dari samping kiri, terpantau Bus Gunung Harta Merah 1626 Semarang - Denpasar sedang istirahat terparkir manis di situ. Bus yang saya naiki kemudian keluar terminal masuk tol lagi melalui Pintu tol Mangkang.

19:05 WIB
bus baru keluar tol lagi setelah sampai di daerah Sukun, Semarang, ternyata disini bus juga menurunkan beberapa penumpang.
Di Sukun sendiri terpantau beberapa bus ngetem disitu, Eka Patas terpantau parkir pas nyundul di belakang Safari, Bus Safari Lux terlihat baru mulai bergerak meninggalkan Sukun ditotol Eka. Safari jalan meninggalkan bus saya dan Eka.

Selesai menurunkan penumpang, bus saya melanjutkan perjalanan langsung ke selatan melalui jalur nontol menuju Banyumanik, ternyata Safari dapat kesusul saat mengambil penumpang ya.


19:10 WIB
Berhenti di agen Banyumanik, bedanya disini bus berhenti cukup lama entah kenapa. Dari samping jendela terpantau calon penumpang yang sedang menunggu di agen tersebut


Kondisi penumpang sampai saat ini hanya menyiskan sekitar 70% dari kapasitasnya, jadinya beberapa kursi akan kosong sampai Madiun.

19:50 WIB
Sampai di Terminal Bawen, namun tidak masuk terminal, Bus melanjutkan perjalanan masuk pintu tol Bawen

20:20 WIB
Bus akhirnya sampai di Terminal Tingkir
Terminal Tingkir ini terlihat baru saja dibangun gedungnya ya, dengan desain yang lebih bagus daripada sebelumnya karena sekarang tidak lagi kehujanan kalau turun dari parkir pribadi atau dari bus. Namun posisi agen sekarang lebih jauh, harus naik ke di lantai dua, tentunya ini bakal merepotkan saat keberangkatan dari sisi agen, karena selain harus jualan tiket, si agen biasanya berlari ke atas bus melakukan pengecekan, jadinya pasti bolak balik. Namun sebenarnya hal ini bisa diatasi asalkan penumpang sudah paham akan naik bus yang mana tanpa harus diarahkan agen.

Oiya, berbicara soal perut, saat ini sudah jam setengah sembilan malam, sudah terlalu larut buat makan malam sebenarnya ya, namun apa boleh buat mau ngga mau harus mencari warung makan dulu ya, sebenarnya warung nasi masih banyak yang buka di luar terminal, saya pun memilih mie ayam di dalam terminal karena tidak repot keluar terminal.

Rosalia Indah kelas Eksekutif Plus 464 Jakarta Salatiga
Pasar Rebo Terminal Tingkir
Tiket Kelas Eksekutif, Harta Rp.220.000,-
Fasilitas 1 Kali makan, tanpa akua, tanpa snack dll, namun ini termasuk wajar karena waktu tempuhnya sekarang rata-rata hanya 7 sampai 8 jam saja ya
Ac Toilet



Kelebihan
- Rasa makanan relatif lebih enak dibandingkan Rumah Makan PO Bus lain
- On time, relatif tidak banyak mampir agen, misalnya dari Kampung Rambutan tidak masuk ke Pulo Gebang, juga tanpa mampir-mampir lainnya seperti isi solar

Kekurangan
- belum menggunakan suspensi udara, kalau malam pastinya tidak senyeyak yang suspensi, menimbulkan ngantuk esok harinya
- Jam makan besar yang tidak pas, (jam 10 pagi)
- Tidak ada opsi harga tiket tanpa makan
- Sandaran kursi ternyata terbatas, tidak bisa rebahan
- Kernet tidak menanyakan satu-satu turun mana, jadinya kitanya yang harus aktif bertanya
- Belum ada fasilitas cek gps bus bagi penumpang seperti GHTS
- Sempat terjadi keluar air dari atas AC yang cukup banyak di beberapa kursi
- Selimut tidak dibagikan



Saran
- Sebaiknya perhatikan ketentuan servis makan PO ini, karena ternyata jurusan Jakarta tidak semua mendapatkan servis makan sesuai jam makan, dan juga tidak semua mendapatkan servis makanan ringan/snack

Saran buat PO
- Joint kursi dengan biaya patungan, karena sudah ada kursi kosong sejak keluar Kendal
- Di websitenya dikasih statistik rata2 jam berangkat pukul berapa, terutama H-30 lebaran, H-30 natal, atau hari besar yang lain
- Tambah fasilitas cek gps bus dengan memasukkan kode booking
Read More...

Sunday, February 5, 2023

UKTS Zeppelin G2


Modifikasi untuk simulator UKTS, kali ini modifikasi bus dengan nama model Zeppeling G2, ngomong-ngomong tentang zeppelin ini, ternyata ini versi G2 ya, kalau yang model G1 itu model yang mana ya? saya coba gogling juga tidak ketemu hasilnya, silahkan yang tahu bisa berkomentar di bawah ya. OK Back to the laptop
Mod ini merupakan model dari karoseri Gunung Mas yang modelnya itu cakep banget, mengusung konsep single glass, dengan model lampu dan buritan samping dan belakang khas yang menjadi daya tarik tersendiri karena bentuknya yang unik pada jamannya, namun sampai sekarang pun modelnya juga tidak ketinggalan jaman sebenarnya, jika masih dibuat tetap masih bagus dan mempesona. Karena kan penumpang itu kan yang penting busnya baru, bus double glas tapi lusuh juga penumpang enggan naik, penumpang juga menikmati perjalanan pasti berada di dalam bus, bukan di luar bus. Jadinya model apapun sebenarnya penumpang tetep naik, yang penting kondisinya baru dan kinclong itu tadi.

Kembali ke topik lagi ya,
mod ini menggantikan truk man_tgx_c. Di dalam filenya sudah disediakan livery Haryanto yang mlungker mlungker, livery yang muncul sebelum era wayang, yang sebenarnya lebih bagus daripada livery wayang dulu. Mod ini tak lupa juga menyediakan template bagi kalian yang pengen berkreasi membuat livery sendiri. Ukuran file download sekitar 50 an MB, namun seperti cerita sebelum-sebelumnya, ukuran file setelah diekstrak mencapai sekitar 130an MB, dengan rincian ukuran file modnya sendiri 25 MB, dan yang gede ternyata adalah ukuran file liverynya, mod ini sudah belum pernah saya coba, jadi silahkan dicoba sendiri bagaimana impresinya dan sebagainya. menggunakan penyesuaian-penyesuaian dengan detail seperti di bawah. Terakhir, jangan lupa, mod ini dilarang convert ke Bussid.




Sebelum masuk ke link, saya catatkan dulu settingan-settingan yang saya pakai untuk memakai mod ini.
cara pakai Mod ini, juga berlaku untuk cara pakai mod bus UKTS pada umumnya

Mengubah jenis truk
Ubah jenis truknya menjadi bus, sekalian ubah torque dan rpm_limitnya
- Buka file save.sii menggunakan notepad plus plus, lokasi filenya ada di C:\Users\ASUS\Documents\UK Truck Simulator\save\1
- Ubah pada bagian berikut ini menjadi seperti ini
permanent_vehicle_data: vehicle.mercedes.actross.a
torque: 200
rpm_limit: 5000


Mengubah settingan chasis
- Untuk mengubah settingan chasis, kita buka dulu file modnya, alamatnya ada di
zzzzKA-ARIF MOD Zeppelin G2 base Adudu feat Fajar S.scs\def\vehicle\chasis - ZIP archive, unpacked size 368.313.384 bytes
- di dalam folder ini adal file berekstensi .sii, nama file tergantung modnya masing-masing, setelah dibuka, cari dan ubah parameter di bawah ini
ubah frontal_area: 100.0 menjadi frontal_area: 10.0
ubah ccr: 100 menjadi ccr: 10

Terakhir save
lalu save juga di winzip/winrarnya



Mengubah livery bus
Untuk mengubah livery bus juga sama dengan yang di atas, yaitu kita buka dulu file modnya menggunakan winrar, pergi ke alamat
zzzzKA-ARIF MOD Zeppelin G2 base Adudu feat Fajar S.scs\vehicle\truck\g2 - ZIP archive, unpacked size 368.313.385 bytes
di dalam alamat tersebut silahkan otak atik filenya sesuai kebutuhan.






copasan sharenya
Ka-Arif Mod
Favourites · epSonsdotr98i811i43c609016cg8hm9gm51l0u6u2a3u510ig542h49h1c5 ·
#share #ukts
mff kalau lama jadinya😅
langsung gas download saja
Jetbus 2 HDD Annas codit Zeppelin G2 Fajar S codit Ka Arif Mod
include 8 livery
seperti biasa no cvt ke bussid
https://www.mediafire.com/.../Gunung+Mas+Zeppelin+G2.../file




Copasan readmenya
------------------------------------------------------------------------------------
----Jetbus 2 HDD Muhammad Annas codit Zeppelin G2 Fajar S codit UKTS Ka Arif Mod----
------------------------------------------------------------------------------------

Projek mod 14 bulan, hampir hambalang ini hadeh untungnya jadi rilis

Mod ini ala ala Zeppelin G2 spek Haryanto

replace man tgx c
include 8 livery HR 011,012,013,135,136,137,139,141
AO interior + exterior
Anim interior + exterior

- Spek HINO RK8 R260
- Anim HINO RK by Ka Arif Mod
- Sound RK Jet Darat by Screamo Syndrome
- Ban by Muhklas
- Model Speedometer by Indra Pradnya Winanta
- Model Setir by Hamdan Rachmattullah

Ka Arif Mod - Muhammad Arif Budiman

fb : Arif Budiman
ig : arif_r260 wes ganti jadi kaarifb
Kota Bogor, 4 Februari 2023



Lin facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0j5wZq2M1T9uDMZESjwX7zkcQqFEPkpcRLcGcHdD4ERc9v1tpfTFRVhbFmswNsgMkl&id=100064245003226
Read More...

Mod Laksana HD Panorama Pack Haulin


Muncul lagi modifikasi simulator Haulin, kali ini memakai muka bus single glass yang oleh karoseri Laksanya diberi nama "Panorama", mod ini terdiri dari 3 varian,
SR3 Panorama,
SR3 Panorama Combi Bus, dan
SR2 Panorama Combi Bus,
biar mudah membedakan, kata-kata SR2 dan SR3 mengacu pada bentuk selendang di samping kiri dan kanannya, Kalau SR3, selendangnya lurus mendatar , sementara SR2 selendangnya berbentuk bumerang.
Sedangkan yang ada embel-embel "Combi", berarti ada beberapa kelas kursi di dalamnya, karena dari namanya saja "Combi" yang berarti Combo, alias double, biasanya ada kelas sleeper, ada kelas yang bangku biasa.
Terakhir Kalau ada kata-kata panorama berarti model kaca depan single glass, atau bisa melihat panorama di depan dengan jelas ya.
Mod ini untuk Haulin, untuk UKTS silahkan ditunggu saja. Seperti biasa link download ada di bagian paling bawah ya, tinggal kalian copy lalu paste di browsermu masing-masing. Ukuran file download sekitar 30 an MB, namun setelah di ekstrak menjadi 300 an MB, wah gimana caranya ya mengkompres sampai 10 kali lipat?. yang paham silahkan komentar ya. Terakhir silahkan yang mau mencoba, link tersedia di bawah. Oiya Mod ini juga sudah disediakan template buat livery, jadinya bisa kalian kreasikan liverynya sesuai selera masing-masing.


copasan sharenya
Fajar ES is with Abdul Dudu and 6 others
.
tpSnodorsea3hl mtcruta11hae c5:47401l3u8rf0ymm4F 22mb68a06t5 ·
MOD LAKSANA HD PANORAMA PACK (HAULIN)
Deskripsi Mod ini adalah
MOD Pack Laksana by Annas - NRS - MasHel - Shandy - Okta - Marvin - Wafiqri - Fe ES
Mod ini berisi 3 varian Body Laksana terbaru
- SR3 Panorama
- SR3 Panorama Combi Bus
- SR2 Panorama Combi Bus
Regard :
- Muhammad Annas (ADUDU) : Base Mod All New Legacy SR1 Skybus
- Nyoman Restu Sumitra (NRS) : Base Mod All New Legacy SR2 HDP
- M Suhelmi : detailing 3d Part SR2 HDP ECER
- Shandy Akbar Nugroho : edit to SR2 XHD and 3d Part SR2 XHD ECER
- Okta Adi : detailing 3d Part SR2 XHD ECER
- Kenzo SA (Marvin feat Wafiqri) : detailing 3d Part SR3 XHD Panorama dan 3d Part SR2 Panorama
- Fe ES : detailing 3d Part Suites Combi Bus
Terimakasih untuk semua yg sudah membantu support dalam proses pengeditan mod ini
Jika ingin mengconvert MOD ini Pastikan Izin ke nama nama yg ada di Readme ini
Support juga Channel YT Fe ES Creation
.
Link di komentar


Link download langsung ke facebooknya langsung saja ya
facebook.com/sidik.fajar.adi/posts/pfbid0pmyUfV9vyzpnZswxszn1i3vC5Uv2A4jFPMNo8oHhR1xKv5ZUxXdfugz5kDMettPgl
Read More...

Thursday, February 2, 2023

Pengalaman Pindahan Antar Pulau Menggunakan Jasa Kargo APM Logistic



Sebenarnya untuk pindahan, caranya cukup mudah, tinggal datang ke agen kurir barang pindahan terdekat yang saat ini sudah banyak tersedia jasa layanan pengiriman paket. Bisa melalui JNE, TIKI, JNT, Wahana, Indah Cargo, atau jasa kiriman yang lain, Kali ini saya akan menceritakan pengalaman menggunakan jasa pindahan APM Logistis pindah antar pulau. APM Logistik, nama yang sulit diingat, dan juga saya sendiri belum pernah mendengarnya, lalu darimana saya menemukan jasa kargo ini?, bagaimana pengalamannya?, silahkan baca terus artikel di bawah ini.


Pencarian jasa pindah
Awal mula, saya mencoba mencari jasa pindah melalui google dan munculah nama nama calon seperti deliveree, Indah Cargo, dan lain sebagainya. Pencarian di google saya coba arahkan pada situs pribadi blogspot dengan menggunakan kata kunci "pengalaman pindahan site:blogspot.com, kenapa harus seperti itu? karena memang pencarian google jaman sekarang lebih banya menghasilkan situs iklan, sudah jarang hasil pencarian google yang mengarah pada pengalaman pribadi yang ditulis oleh seseorang di sebuah blog, jadinya harus saya tambahkan dengan kode site:blogspot.com agar yang muncul hanya dari situs blogspot saja. Hal ini wajar ya, saat ini netizen penulis blog tidak sepopuler di tahun 2010 an, saat ini netizen lebih cenderung menggunakan media youtube sebagai tempat menuangkan karyanya.

Back to the laptop, Hasil pencarian di atas, saya akhirnya menemukan sebuah blog yang menceritakan pengalaman pindahan dengan menggunakan jasa dari Indah Logistic kargo. Saya tertarik pada bagian layanan pengepakan dan layanan memasukkan ke dalam kardus seperti yang diceritakan pada blog tersebut. Akhirnya saya mencoba mendatangi salah satu kantor Indah Logistic untuk bertanya-tanya mengenai jasa pindahan dan untuk menghitung perkiraan biaya. Namun karena sulitnya memperkirakan perhitungan biayanya, maka saya meminta dilakukan survei terlebih dahulu ke tempat saya berapa kira kira biayanya.

Tibalah saat hari survei, yang ternyata orang yang datang ternyata bukan dari Indah Logistic, namun dari APM Logistics, entahlah ini sama apa beda, apa ada hubungan anak bapak, entahlah saya tidak tahu, yang penting survei bisa dilakukan dan estimasi bisa dihitung, dengan layanan berupa pemasukan ke dalam kardus dan pengepakan, serta janjian kapan pengambilan barang pindahannya.

Berpa biayanya?
Petugas hanya melihat saja dan langsung mengestimasi biayanya 3,5 juta rupiah.

Salah kaprah pengepakan
H-1 penjemputan
Petugas penjemput mengkonfirmasi apakah besok jadi dijemput barangnya, namun setelah saya tanyakan apakah juga membawa peralatan pengepakan seperti kardus, ternyata jawabannya tidak membawa, menurut informasi ybs pengepakan dilakukan di kantor, padahal sesuai janji di awal bisa sekalian dilakukan pemasukan ke kardus ya, yasudahlah, akhirnya, hari itu juga saya langsung mencari kardus bekas dan segera melakukan pengepakan sendiri.

Hari H Penjemputan
Untuk penjemputan, APM ini bisa kita rekuest waktu penjemputan barangnya, mencocokkan dengan tanggal tiket berangkat orangnya. Saat itu yang datang ada 3 orang, dengan salah satu sebagai sopir, dua yang lainnya sebagai kuli angkut. Pengangkut menggunakan mobil box, sehingga cukup terlindungi, dan tidak perlu repot memasang terpal. Barang langsung diangkut ke truk begitu saja, tanpa dilakukan pencatatan atau tulisan dan tanda tangan, ternyata pendataan nanti dilakukan di kantornya. Jadi memang kita sebagai pengguna harus inisiatif sendiri ya, atau kalau tidak sempat bisa mengambil gambar semua barang yang terangkut di truknya.

Pembayaran
Petugas yang tadinya survei juga datang untuk melakukan transaksi pembayaran, pembayaran dilakukan secara cash dengan kuitansi seadanya, tanpa logo nama kargonya, dan juga tidak ada tanda tangan yang petugasnya.



Pengepakan di Kantor
Di kantor dilakukan pengepakan kayu untuk barang elektronik seperti tv, serta piring dan gelas, sedangkan alat elektronik yang sudah ada kardusnya ternyata tidak perlu dipak kayu. Beberapa rak plastik juga dilakukan pengepakan agar lebih ringkas. Motor juga dilakukan pengosongan bensin dan dibungkus kardus seperti kiriman motor pada umumnya. Kasur juga dibungkus plastik. Kompor dibungkus kardus.
Untuk keamanan mencegah kebakaran biasanya tangki bensin dikosongkan, dan juga untuk kompor biasaanya posisi gas dibuka, agar nanti saat diangkutlebih aman, memang nantinya barang-barang tersebut akan dimasukkan dalam box yang tentu suhunya bisa saja tinggi.



Pengiriman
Pengiriman jasa kargo ini sudah menggunakan nomor resi yang bisa kita traking.


Barang sampai tujuan
Sekitar 5 hari sejak keberangkatan, Alhamdulilah akhirnya barang sudah sampai dengan selamat, dan juga barang diantarkan sampai dalam rumah tujuan. jadi tidak hanya diantarkan sampai depan pintu rumah saja ya.
Namun setelah dibongkar memang ada beberapa tiang rak plastik yang hilang dan beberapa roda container box hilang, bantal dan besi jemuran tidak sampai, entah karena menyesuaikan perhitungan atau tercecer, namun hal tersebut memang bisa dibilang tidak terlalu signifikan, secara umum barang-barang sudah sampai dengan selamat.


Keismpulan
- APM Logistic tidak melayani pengepakan di lokasi rumah, pengepakan semua dilakukan di kantornya, jadinya bila kalian menggunakan jasa ini, lebih baik persiapkan sendiri kardus dan juga sekalian paking menggunakan lakban.
-Tandai juga kardus yang berisi barang mudah pecah seperti piring, barang elektronik
- Sesuai pengalaman saya, bila anda menggunakan container box, roda Container Box sebaiknya dilepas saja saat pindahan, karena mudah terlepas dan hilang saat pindahan, roda container box ini ternyata juga susah dicari, tidak dijual di toko-toko
- Sebaiknya beri label dan daftar isi setiap box secara mandiri, walaupun nantinya juga akan diberi label dari kargonya
- Kalaupun tidak sempat melabeli, bisa kita foto barang saat sudah terkumpul jadi satu di truk pengangkutnya
- APM Logistic sudah menyediakan layanan tracking
- Menyediakan layanan angkut dari dalam rumah sampai dalam rumah, jadi tidak hanya door to door
Read More...