Thursday, March 20, 2025

Sundanese Sundamas Pangandaran Ciwidey Garut Non DLC ETS 2 versi 1.53


Selamat malam semuanya, Kabar gembira lagi bagi pemakai ETS2 Non DLC, kali ini saya akan membagikan lagi file yang membantu pengguna ETS2 Non DLC yang pengen memakai map Sundanese versi 2. Sebelumnya juga sudah saya buat filenya1, namun karena map aslinya ada update lagi3, jadinya file ini juga ikut diupdate. File ini apa saja pengaruhnya?, silahkan simak terus tulisan berikut ini.


Latar Belakang
Tentang map Sundanese update terbaru
Sebelumnya, map sundanese ini ada update terbaru dari author aslinya, updatenya sudah sekitar 2 bulan yang lalu, kalian bisa mendownloadnya di grup facebooknya langsung, tepatnya di postingannya Mas Aldira3
copasn sharenya di facebook
Aldira Friyanto Temo
Top contributor
· oeSsnpotrd4g9 u101hn4r6h5hcuh7clm3fa4l7tJ19fai9m8i2u5gcat92y ·
Map Sundanese update 2.0
Sedikit update seada adanya, silahkan dijelajahi aja sendiri heheheheh , pakai full dlc
1.53
https://drive.google.com/.../1aWzySFHzc.../view...
1.48
https://drive.google.com/.../1Vw4A6UYmRX9Wd9NNHza.../view...
Silahkan kalo ada yang mau edit atau update
Terimakasih


nah dari postingan tersebut didapat satu file, yang satu berformat zip.
Nama File Download : Sundanese 2.0_1.53.zip

Setelah kita ekstrak isinya sebagai berikut :
- SUNDANESE 2.0 DEF 1.53.scs
- SUNDANESE 2.0 BASE.scs
- dlc_indo_papan_iklan_allvers_p45.zip 15054 KB 24/11/2024 11:38:06
- dlc_indo_asian_flags (144_146).zip 7629 KB 24/11/2024 11:38:28
- dlc_indo_logistic_building_model_150_p45.zip 7829 KB 24/11/2024 11:41:48
- dlc_indo_new_curve_railing_150_p45.zip 40461 KB 24/11/2024 11:42:26
- dlc_indo_old_tsm_model_allvers_p45.zip 10136 KB 24/11/2024 11:42:32
- dlc_indo_traffic_nav_signs.zip 20761 KB 03/01/2025 20:21:49
- dlc_indo_var_model_01.zip 146205 KB 19/07/2023 18:28:54
- dlc_indo_road_prefab_140.zip 43254 KB 19/07/2023 18:34:01


kemudian saya coba-coba pertama kali di tanggal 9 Maret, ternyata masih menemukan beberapa hal sebagai berikut:
- nagrek masih patah (sector 3,0)
- masih ada tiang besar di jalan
- speed limit masih ada
- ada jalan yang belum setting left hand

Waktu itu memang saya belum sadar, di grup fb tersebut aslinya sudah ada file fix di 1.53 yang memperbaiki pohon nyasar di tengah jalan, baik yang diposting Mbah Teguh6 maupun Mas Yogi4. ya maklum saja, karena posisi postingan di fb itu acak ya, beberapa postingan tenggelam karena komentar terbaru, jadinya saat itu, saya hanya mendownload file dari Mas Aldira saja3, yang di dalam file author asli juga sudah ada def 1.53, baru saya tahu ada file fix tersebut malah baru sekarang saat postingan ini saya tulis, tapi tidak masalah mau pak def yang mana, yang penting saat mabar bisa dikomunikasikan memakai def yang mana diantara 3 versi def tersebut, caranya gampang, tinggal lihat tanggal date modified atau date creatednya saja untuk menyamakannya saat akan mabar, lanjut back to the laptop.

- Mengapa tidak mengedit saja Map Gabungan yang sudah ada?
Sebenarnya menarik sekali mengedit map ini, karena tidak perlu lagi download satu-satu map, namun karena ukuran filenya yang besar dan juga pernah saya coba malah sampai log filenya tidak muncul pesannya di laptop saya, jadinya saya mengedit apa yang sudah ada saja ya, yang sebenarnya cuman buat mabar saja.


Lama waktu pengerjaan file ini
pengerjaan file fix ini memakan waktu kurang lebih 10 hari, termasuk juga mencobanya langsung, sejauh ini lancar jaya, tidak muncul eror saat mengendarai di map ini, jadinya semoga ke depanya tidak muncul eror lagi yang sampai menghambat fps ya.

Apa saja yang diupdate di seri ini?
- diedit di versi 1.53, jadi kemungkinan besar tidak bisa dipakai di versi di bawahnya

- file ini sudah ada fitur optional mod

- merupakan edit map agar bisa dipakai di ETS2 non DLC
jadi beberapa model yang tidak muncul saya ganti dan ada juga yang saya delete

- memperbaiki prefab pertigaan/perempatan yang belum disetting jalur kiri/left hand traffic, jika belum disetting biasanya trafficnya saling tabrakan saat berbelok

- mengatur speed limit traffic di beberapa titik
beberapa jalur yang saya rasakan terlalu pelan, sulit menyalip saya sesuaikan lagi kepadatan kendaraannya

- mengupdate tiang-tiang yang masuk/nyasar ke jalan

- memperbaiki pesan eror, eror unknown variant name
ini eror yang muncul di versi terbaru ini dimana curve ada update

- memperbaiki pohon nyasar di jalur pangandaran, yang melayang di tengah jalan

- memperbaiki jalur jalan yang menyebabkan trafficnya sein kiri tapi belok kanan

- update model pmg otomatis ke versi terbaru
update ini tinggal kita setting di properties steam2 -conversion_dump_path "D:\game\new convert" -nointro -edit jabar
mengingatkan saya sendiri update ini kita ambil file yang muncul saat in game saja, karena kalau yang dipakai saat edit map, maka file pmg dan pmd yang terupdate malah file yang lama yang terkadang pmg atau pmd tersebut masih ada pesan eror unknown variant unknown look, seperti pada road_template yang muncul unknown look.

- ukuran file bertambah kurang lebih 10 MB, sebelumnya 165 MB1 sekarang menjadi 175 MB

- gabung dengan map pangandaran, ciwidey, melanjutkan file sebelumnya1

- mengatasi crash di daerah Ngamplang
crash ini saya temukan ketika mencoba melewati jalur tanjakan dari Bandung arah Tasik, nah saat jalan menanjak tiba tiba crash, setelah kita cek di log gamenya, ternyata pesan baris paling bawah muncul pesan sebagai berikut:
00:06:13.384 : ERROR d:\buildbot\slaves\win_slave\final_build_ets2_153_windows_bin_steam_x64\build\prism\src\models\model\model_template.cpp(790): ?cache_data_handler@model_template_u@prism@@UEAAXXZ: Mismatch between number of parts in geometry (.pmg) and description (.pmd) files for '/model/lampu/lampu.pmg'.
melihat bahasanya, kemungkinan harus edit lewat blender yang entah masalahnya apa, jadinya saya pakai cara instan yaitu langsung saya delete modelnya di editor map.

- mengatasi eror 00:19:15.502 : ERROR [model] Unknown look name 'light_gray' on model '/road_template/balt/balt_road_1.pmd'
dengan membukanya di blender kemudian menambahkan look yang diperlukan, sepeti 1_blke, 2_blke, dst, dan juga light_gray
jika ternyata masih muncul eror lagi di lokasi tertentu, tinggal import saja file dari fix ini, lihat nama nama look terbaru, barulah kita import road_template asli dari scs.

- memperbaiki pesan eror model/prefab yang muncul secara masif sampai ratusan baris /memperbiki eror di prefabnya fld
entah ini eror apa penyebabnya, sekali muncul langsung ratusan baris, saya kira ada salah satu model map yang bermasalah, setelah dicoba-coba delet undo delete undo model di editor map, ternyata masalah hanya di prefab pertigaan milik fld yang menjadi penyebabnya, jadinya saat mendekati pertigaan/prefab ini muncul eror tersebut, munculnya pun bertubi-tubi nonstop, entah apa penyebabnya, mungkin bisa saja harus import di blender dulu untuk memperbaikinya, namun saya pakai cara instan saja yaitu ganti prefab pertigaan uk dengan prefab bawaan scs di mapnya langsung.
(fix dengan mendelete prefab fld /prefab/city_2/2_t_small_sidewalk_1a.pmd, ganti saja dengan cross uk t bawaan scs)

- Update jalur
File ini anggap saja merupakan varian dari universe utama, kalau di versi aslinya, jalannya masih berbelok tajam, di varian universe yang ini, anggap saja Pemda setempat sudah bekerja maksimal dengan menguruk beberapa tanah agar jalan rayanya tidak terlalu patah, karena beberapa kali saya mencoba map ini, di beberapa titik tikungan tajam, terkena macet gara-gara trafficnya sama-sama tidak mau mengalah, bersenggolan, menimbulkan kemacetan yang tidak terselesaikan, jadinya jika memakai file ini beberapa tikungan akan sedikit berbeda.

gambar pas macet



- Masih muncul eror?
File Fix ini memang masih menyisakan eror, namun erornya kebanyakan saat masuk menu saja, saat masuk ke simulator di jalan raya, sudah jauh lebih minim/tidak ada. (Menyisakan eror company volatile dst)


Cara Pakai file ini bagaimana?
Buat Map Jateng
caranya masih sama dengan ebelumnya1, tinggal edit-edit folder def di dalamnya, dan seterusnya selebihnya bisa dibaca saja postingan yang sebelumnya, karena di Map Jateng belum pernah saya coba di versi 1.53, jadi silahkan coba-coba sendiri ya.



Buat Map Sundamas Versi 2



- Download mod asli mapnya dari grup fbnya3, setelah didownload nanti akan mendapatkan satu file yang ukurannya kira-kira 1 GB
dengan nama : Sundanese 2.0_1.53.zip

- Buka menggunakan winrar atau winzip, lalu ekstrak
Setelah kita ekstrak isinya sebagai berikut :
- SUNDANESE 2.0 DEF 1.53.scs 18342 KB 22/01/2025 12:52:46
- SUNDANESE 2.0 BASE.scs 1049545 KB 03/01/2025 21:43:04
- dlc_indo_papan_iklan_allvers_p45.zip 15054 KB 24/11/2024 11:38:06
- dlc_indo_asian_flags (144_146).zip 7629 KB 24/11/2024 11:38:28
- dlc_indo_logistic_building_model_150_p45.zip 7829 KB 24/11/2024 11:41:48
- dlc_indo_new_curve_railing_150_p45.zip 40461 KB 24/11/2024 11:42:26
- dlc_indo_old_tsm_model_allvers_p45.zip 10136 KB 24/11/2024 11:42:32
- dlc_indo_traffic_nav_signs.zip 20761 KB 03/01/2025 20:21:49
- dlc_indo_var_model_01.zip 146205 KB 19/07/2023 18:28:54
- dlc_indo_road_prefab_140.zip 43254 KB 19/07/2023 18:34:01

- Download Base Pangandaran (Sumber dari Ilham J12)
https://drive.google.com/file/d/1-4TKl8AuPWwTpko8ATRJ3sX2Hj-UNory/view
File Download : Fixed maybe.rar
File Ekstrak : [ BASE ] Pangandaran.zip
Nama di Mod Manager : Base Pangandaran

- Download Def Ciwidey Pangandaran (Sumber Mbah Guh11)
https://drive.google.com/file/d/1Uvsi5AL8F6OXxGfh1PMbGq42B0MOcPTw/view
File Download : MAP SUNDANESE CIWIDEY EKSTRAK.rar
File ekstrak : [SUNDAMAS] DEF CIWIDEY PANGANDARAN.scs
Nama di Mod Manager : [SUNDAMAS] DEF CIWIDEY PANGANDARAN

- Download Base Sundanesse (sumber Madots.id10)
https://drive.google.com/file/d/1hVdLcNKMQIe02FPyS_FAj8jaqxEjq9u7/view
File Download : SUNDAMAS.zip
File ekstrak : [SUNDAMAS] MAP BASE.zip
Nama di Mod Manager : Sundamas Update MAS [BASE]


- Download file fixnya7
File Download : SUNDAMAS CIIWIDEY PANGANDARAN JATENG(FIX SERI 2).zip
File Ekstrak : tidak perlu diekstrak
Nama di Mod Manager : SUNDAMAS CIIWIDEY PANGANDARAN JATENG(FIX SERI 2)

- Letakkan hasil ekstrak dan file fix di folder mod, kurang lebih seperti ini di foldernya


- Download save game bila diperlukan, atau bisa juga edit sendiri pakai cara ini8

-Masuk Game, pergi ke editor mod, atur posisinya, yang penting posisi file fix ini di posisi paling atas
letakkan file ini di posisi paling atas di mod manager, dengan contoh urutan kurang lebih sebagai berikut


Rekomendasi
sebenarnya ini rekomendasi subjektif saja, masing-masing memiliki selera sendiri ya, kalau saya lebih suka untuk memakai map ini dengan mode traffic g_traffic 3, dan memakai tambahan mod traffic, agar truk trafficnya menjadi lebih pelan sehingga muncul salip-salipannya.

Penutup
Demikian update map kali ini, teima kasih kepada para pembaca yang membaca sampai akhir.



Referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2024/09/map-pangandaran-sundamas-ciwidey.html
https://madots.id/read/map-sundanese-update-by-mas-ets-2-1-44-20220827155035
2https://myspacenote.blogspot.com/2019/12/cara-update-model-ets2.html

3map asli https://web.facebook.com/groups/sundaneseofficial/posts/3439160539725279/

4def 53: Yogi https://web.facebook.com/groups/sundaneseofficial/posts/3444618315846168/
5 madots https://drive.google.com/drive/folders/1tnctA1gezcTwNEyQfsplJpUFuuvVSO5H
6def 53 teguh https://web.facebook.com/groups/sundaneseofficial/posts/3441707632803903/

link dari arif fb
6map https://drive.google.com/file/d/1aWzySFHzc_qjFewF1pYwyhil7VqRe6tB/view?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTAAAR0guUV2CtFRJkZnNtht0FUsCofEGYoa465Cv7RaIJ52pHhFWsd_vXQ4spU_aem_uNovW2UrNQ8qGYG_P-oisA
7link fix https://drive.google.com/file/d/15hQsPCx96XD6p3i0IpMXydDgIL6K7ejW/view?usp=drive_link
8https://myspacenote.blogspot.com/2022/01/tutorial-pindah-map-ets-2-tanpa-ganti.html
9link traffic https://drive.google.com/file/d/1QWVj1wX21Skp3vC8rpyXgrm7C9rML4pv/view?usp=drive_link
10https://madots.id/
11https://www.youtube.com/watch?v=fMTYNnTjTAY
12https://web.facebook.com/groups/ets2indonesiancomunity/posts/742994064667814
Read More...

Saturday, March 8, 2025

Harapan Jaya H507 Double Decker Kediri Jakarta Pulo Gebang


Halo selamat pagi semuanya, selamat menjalankan ibadah puasa, kali ini saya kan menulis lagi trip report naik Bus Harapan Jaya Double Decker Kediri Jakarta kelas Eksekutif, kelas eksekutif bus ini ada di lantai 2, bagaimana perjalanannya silahkan simak terus tulisan di bawah ini.


Pencarian nomor agen
seperti biasa pencarian nomor agen melalui situs resminya Harapan Jaya4, jadi lebih terpercaya dibandingkan nomor yang ditulis di google map. agen Harapan Jaya Kediri saat itu nomornya +62 813-3365-0388 mas wahyu, pesan kursi 2 minggu sebelum keberangkatan kursi masih banyak yang kosong, padahal keberangkatan hari minggu ya, akhirnya setelah deal, pembayaran langsung melalui transfer bank BCA ke agen, dan langsung mendapat screenshot foto tiketnya yang masih sama seperti sebelumnya desain dan formatnya.


harga tiket melalui transfer ke agen Rp.330.000,- + biaya admin Rp2.500,- ke Bank BCA, jika lewat redbus harganya, Rp.350.000,-

Denah kursi di Redbus yang tidak akurat
Saat memilih kursi di Redbus jika tidak terbiasa naik bus ini bakal terkecoh, karena gambarnya posisi pintu berada di belakang kursi 6A 6B, padahal aslinya bus ini posisi pintunyaa ada di belakang kursi 5A, dan 5B, hal ini karena saya niatnya mencari kursi yang pas di depan pintu agar bisa saya rebahkan maksimal tanpa mengganggu penumpang di belakang, jika hanya berdasar denah redbus jadinya akan salah pilih, Saat itu saya lakukan double cek ke youtube, ternyata yang benar ada di belakang 5A 5B ya.
gambar di redbus tidak akurat, gang ada di belakang 5A, 5B seharusnya


Gambar interior bus Harapan Jaya



Berangkat menuju agen
Posisi agen berada di timur Terminal Tamanan sekitar 50 meter

Berangkat dari posisi awal jam 14:15, ternyata sampai Agen sudah ada 2 orang calon penumpang, disini ada fasilitas tempat duduk, dan toilet, toilet disini gratis.


15:05 WIB Start Kediri
Bus tiba dan langsung berhenti di depan agen, telat 25 menit dari jadwal, masih bisa dimaklumi jika telatnya sekitar 30 menit an ya.
Kursi kelas eksekutif



Reviu bus
Sebelum berangkat kita reviu dulu busnya melalui situs spionam9
Nomor Kendaraan : AG7312US
Nama Perusahaan : PT. HARAPAN JAYA PRIMA
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00013/AJ.205/4/DJPD/2018/100000270-00054
Masa Berlaku KPS : 07 Juni 2025
Kode Trayek : 3672510301
Trayek Kendaraan : CILEGON (MERAK)-TERMINAL MENGWI BADUNG
Rute Trayek : TERMINAL MERAK - TERMINAL PAKUPATAN - TERMINAL PORIS PLAWAD - TERMINAL HARJAMUKTI - TERMINAL TEGAL - TERMINAL MANGKANG - TERMINAL PURBOYO - TERMINAL OSOWILANGUN - TERMINAL PASURUAN - TERMINAL BANYUANGGA - TERMINAL SRI TANJUNG - TERMINAL MENGWI
Jenis Pelayanan : NON EKONOMI
Seat : 42
Nomor Uji Berkala : TA-10702-B
Masa Berlaku Uji Berkala : Cek disini
Merek : SCANIA DOBLE DECKER
Nomor Rangka : MKLK6X23DHK00****
Nomor Mesin : 699****
Nomor SRUT : 0000050


pic by @fadly_bisphotowork

15:15 WIB Terminal Tamanan
disini bus hanya numpang lewat saja di Terminal Tamanan

15:30 WIB Agen Harapan Jaya Mrican
disini bus berhenti lagi kurang lebih 10 menit
selanjutnya perjalanan Kediri Nganjuk memakan kurang lebih 1 jam karena jalanan begitu lancar, tidak ketemu macet yang panjang, orang masih dalam suasana liburan

16:25 WIB Agen Nganjuk

Nganjuk Madiun Bus tidak masuk tol
mungkin mempertimbangkan efisiensi agar tidak terlalu jauh, bus melanjutkan perjalanan lewat jalur biasa, beruntung jalurnya saat itu tidak ada kemacetan yang panjang.


Rumah Makan Utama Caruban sudah tutup
dulu di Rumah Makan10 ini seingat saya ada layanan ambil makanan sepuasnya, namun ternyata saat saya melintasinya, kondisinya sudah tutup, kosong melompong, parkiran sudah tertutup pagar, terpantau beberapa bagian sudah berdebu dan ditumbuhi jaring laba-laba, entah sekarang apa sudah pindah ya?

17:20 WIB
Mampir agen Harapan Jaya Wilangan
bus mengambil penumpang di agen Wilangan, posisi agen ini sebelahan dengan agen Rosalia Indah dan tepat di depan Rumah Makan Rosalia Indah.

Bus melanjutkan perjalanan melalui jalur bawah
selanjutnya bus melanjutkan menuju Terminal Madiun

17:45 WIB
Terminal Madiun
disini Terminal sudah terlihat sudah direnovasi, saya lupa bus ini menaikkan penumpang dari sini atau tidak, hanya saja saat berhenti malah pas di tikungan, bukan di tempat menaikkan penumpang, entah pas berhenti itu sekedar ketemu agen apa sekalian menaikkan penumpang.

Lepas Madiun bus menuju Maospati, menyusuri jalur ring road Madiun

Sudah ada smooking room tapi kok masih bau rokok?
Seperti cerita saya sebelumnya1, kali ini terjadi lagi di bus Harapan Jaya, di dalam kabin tercium bau asap rokok, setelah melihat ke belakang ternyata ada penumang yang sedang merokok di smooking room, ditambah lagi umur bus ini sudah beberapa tahun, diduga kuat bilik smooking room ada lubang kebocoran, hal ini lumrah terjadi seperti pengalaman naik Sugeng Rahayu2 dan naik Gunung Harta1 yang lalu. jadi bila kalian akan naik bus yang ada fasilitas smooking room atau ada bilik pemisah sopirnya, dan umur busnya sudah beberapa tahun, mungkin bisa dipertimbangkan hal ini. Kalau bus masih gres masih baru sudah pasti pintunya masih rapat, asap rokok juga tidak tembus, namun bila sudah berumur biasanya sudah ada kebocoran-kebocoran asap rokok.


Kebocoran juga terjadi di jendela samping kiri atas
Saat naik bus ini, ternyata kebocoran lubang juga terasa di bagian samping kiri, di posisi jendela, hal ini terdeteksi manakala bus melewati tembok rumah, maka suaranya akan memantul lebih keras, sampai masuk kabin, suaranya relatif lebih kencang daripada biasanya,
Sudah saya video namun ternyata hasilnya tidak terlalu kelihatan ini ya


18:10 WIB
Sampai di Terminal Maospati

18:50 WIB
Mampir Terminal Ngawi dilanjut masuk rumah makan Duta 3

18:55 WIB
Rumah Makan Duta 3 Ngawi


Banyak jajan yang beranekaragam
di Rumah makan ini yang saya sukai salah satunya adalah pilihan jajan keripiknya lebih lengkap

Waktu yang lebih on time
istirahat bus ini 30 menit, dan benar saja setelah 30 menit, langsung ada panggilan untuk naik bus, yang parkir disitu ada juga bus Juragan99, dan lain-lain.



19:35 WIB
Bus baru diberangkatkan, jadinya total istirahat 40 menit, karena menunggu beberapa penumpang.

20:20 WIB
Terminal Pilangsari Sragen

22:25 WIB
Terpantau bus melewati gerbang tol Bawen

04:10 WIB
Gerbang Tol Cikampek

04:50 WIB
Cikarang

05:25 WIB
Sampai di Terminal Pulo Gebang
Disini Sholat subuh dulu di Masjid di lantai 1, setelah itu menuju parkiran motor untuk mengambil kembali motor di penitipan motor, tarif parkir inap motor kemarin 2 hari bayar sekitar Rp.29.000,-, lupa juga soalnya, menurut informasi dari sini yang diposting September 2024 yang lalu, 3, tarifnya hari pertama motor 14K, dan 12K/hari hari berikutnya, entah sekarang jadi berapa ya.

Macet jalur Gebang Jatinegara
Sepanjang jalur dari Pulo Gebang arah jatinegara jam 6 pagi sudah macet sekali, jika naik KRL pun juga sudah terpantau berdesakan. Macetnya paling parah di depan Stasiun, lepas stasiun jalur lebih lenggang.


06:50 WIB
Sampai tujuan


Terminal Madiun
+naik bus sudah ada kanopi, jadi tidak lagi kehujanan
+sudah tidak ada lubang besar
-masih ada yang menaikkan penumpang di tempat penurunan sehingga membuat macet bus di belakang, entah ini salah desain apa salah agen bus yang menaikkan penumpang malah di lokasi penurunan penumpang.
-jalur penurunan penumpang yang hanya satu jalur sehingga jika sibuk, akan menambah antrian di belakang, berbeda dengan sebelumnya yang bisa lebih luas sehingga tidak menimbulkan antrian





Agen
-Lokasi agen yang kurang representatif, karena tidak bebas asap rokok
+Toilet gratis

Bus
+Bisa rebah maksimal di kursi 5A 5B, dan tidur menjadi lebih nyaman
+Jadwal istirahat lebih on time, 30 menit ya 30 menit
+Sudah suspensi udara
+Bus tidak ngebut
+Ada colokan USB yang benar-benar hidup/bukan pajangan
+Jam makan malam yang sesuai, sekitar Mahrib
--Berhenti di agen lama
--Masih memakai bilik rokok, yang bila bus sudah berumur biasanya bocor, terbukti di bus ini, Asap rokoknya tercium di bangku saya yang berada di tengah, padahal penumpang tersebut sudah merokok di ruangan merokok.
-sudah bocor suara di beberapa titik kabin, misalnya bocor di bilik rokok, bocor di jendela atas pintu penumpang sebelah kiri, sehingga suara mesin dari luar terkadang terdengar masuk sampai ke dalam kabin atas dimana suaranya sudah bisa dibilang tidak sekedap suara bus Double Decker pada umumnya.
-Tidak ada fasilitas gps cek posisi bus

Redbus
-denah tempat duduk di situs redbus tidak sesuai, posisi tangga harusnya berada di belakang kursi 5A, tapi di gambarnya malah 6A

Rumah Makan
+Rasa enak
+Pilihan jajan snack lengkap
+Posisi strategis pintu tol


Total waktu perjalanan 14 jam 30 menit Kediri Jakarta Pulo Gebang, sebagai perbandingan dulu naik MTrans Kediri Pasar Rebo, 11 jam 30 menit tanpa mampir Pulo Gebang6
Rosalia Indah Kediri Pasar Rebo 13 jam 20 menit7, semuanya bisa dibilang sudah relatif cepat karena adanya tol, tahun 2017 naik Gunung Harta bisa sampai 16 jam7

Akhir kata terima kasih kepada para pembaca sekalian dan para kru yang bertugas mengantarkan sampai tujuan.


1https://myspacenote.blogspot.com/2024/04/perjalanan-naik-bus-gunung-harta-bogor.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2024/04/perjalanan-naik-bus-sambung-menyambung.html
3https://www.instagram.com/terminalterpadupulogebang/reel/DASPIJqvZLM/
4https://www.busharapanjaya.com/tipebus/8/bus-malam
5https://myspacenote.blogspot.com/2025/02/harapan-jaya-h543-jakarta-madiun-arus.html
6https://myspacenote.blogspot.com/2025/01/m-trans-bounty-kediri-jakarta-m244-dan.html
7https://myspacenote.blogspot.com/2025/01/perjalanan-arus-balik-natal-2024-dan.html
8https://myspacenote.blogspot.com/2017/12/gunung-harta-gh-085-blitar-kediri.html
9https://spionam.dephub.go.id/?noken=AG7312US#kendaraan
10https://myspacenote.blogspot.com/2022/09/naik-bus-restu-mulya-yogyakarta-solo.html

Read More...

Naik Bus KYM Trans Jakarta Kertosono Sambung Harapan Jaya ke Kediri


Selamat malam semuanya, kali ini saya akan menulis lagi perjalanan naik bus, kali ini saya akan mencoba PO KYM Trans jurusan Jakarta Surabaya, bagaimana perjalanannya? silahkan simak terus tulisan di bawah ini.


Pencarian nomor agen
Pencarian nomor agen KYM melalui google mengarah ke instagram KYM, dari instagram KYM Trans didapat nomor KYM Trans area Jabodetabek +62 823-9962-0280, selain itu saya juga mencari melalui teman, mendapatkan nomor KYM Pulo Gebang Pak Rudi +62 852-1129-8941, namun saya hanya menghubungi nomor khusus Jabodetabek saja, tidak menghubungi Pak Rudi. Nomor Jabodetabek ternyata cukup responsif menjawab Whatsapp, meskipun tidak detik itu juga, namun dibalas dalam hitungan menit. Dari WA didapat informasi Jakarta tujuan Surabaya tersedia beberapa pilihan sbb :
*KYM TRANS*

_*JAKARTA - SURABAYA*_

Titik Naik :
-PASAR REBO
Pagi 07.00 345.000 EXECUTIVE
Sore 16.30 435.000 SUITES FAMILY CLASS (SLIPER)
SORE 17.00 435.000 SWITCH FAMILY CLASS (SLIPER)
Senja 18.20 360.000 EXECUTIVE

namun sayang sekali informasi fasilitasnya apa saja masih minim ya untuk PO ini, jadinya masih dikira-kira saja.

Pembelian
Nomor Khusus Jabodetabek tersebut langsung mengarahkan pembelian melalui aplikasi android.

Pemesanan tiket
Saya pun memesan tiket melalui aplikasi mengikuti saran nomor tadi, Pembayaran cukup mudah, tersedia berbagai pembayaran, setelah bayar tiketnya otomatis terkirim melalui whatsapp dari nomor +62 811-3111-8000.
tiketnya sudah elektronik berupa pdf yang sederhana


jadwal berangkat 18:45 WIB
Harga tiket Rp.370.000,-


Hari H Keberangkatan
Sore hari menerima WA otomatis
Ada whatsapp pemberitahuan otomatis
*PO KYM TRANS*
_Jl. Raya Juanda KM 4.5 (Samping Gdg Kawan Lama/BPJS Ketenagakerjaan) Sedati Agung Sidoarjo_

Hi Kak,
Sebagai Pengingat!!

Jika tidak ada kendala kemacetan, bis akan tiba dan berangkat sesuai jadwal pada pukul *18:45* dari titik naik *terminal pulogebang*.

Penumpang harus berada di lokasi titik keberangkatan 30 menit sebelum bis berangkat.

*Jika terlambat, mohon maaf kami tidak bisa menunggu, dan akan kami tinggal, demi kenyamanan penumpang lainnya.*

Ikuti akun official kami:
------------
Tiktok
@kymtrans.official
Youtube:
@kymtransofficial
Website
www.kymtrans.com

sangat bagus menurut saya.


Menuju Terminal Pulo Gebang
Naik Motor berangkat dari posisi awal jam 17:30 WIB, mampir beli nasi padang bungkus dan sekalian membawa sendok, karena belum tahu nanti akan makan dimana, karena informasi fasilitas KYM Trans ini sangat minim sekali, makan malamnya dimana, jam berapa, jangan-jangan makan malamnya seperti Harapan Jaya atau Agra Mas yang sangat larut karena posisinya di Gringsing, menanyakan hal remeh temeh seperti ini ke agen/kontak KYM kemungkinan besar tidak akan dijawab karena biasanya sibuk, jadinya mending sedia payung sebelum hujan ya.

Macet di depan Stasiun Klender dan Buaran
Perjalanan menuju Pulo Gebang terkena macet di stasiun Klender dan Buaran, mengingat merupakan jam pulang kerja, apalagi ini hari jumat sore.

Jalur Walikota Jakarta Timur yang sekarang sudah tidak macet
Kalau dulu tahun dua ribu belasan lewat sini macet banget, tapi sekarang tidak macet, sempat kepikiran ini tidak macet karena sedang banyak phk, ternyata setelah dipikir lagi, bukan karena itu, tapi karena jalurnya sudah dibuat satu arah ya, jadi jelas tidak semacet dulu.

Sampai Pulo Gebang
Sampai pulo Gebang, masuk harus mengambil karcis, lalu mengarahkan motor menuju tempat parkir motor di parkir bertingkat di sisi timur. Tidak banyak yang berubah di Pulo Gebang ini, lahan parkir mobil di sisi selatan masih terpantau banyak yang kosong. Yang parkir pun mobil yang terkesan ditinggal lama, teronggok begitu saja, dan berdebu, entah siapa yang punya ya, apa tidak membengkak biaya parkirnya nanti he he.
Motor kemudian sampai di tempat parkir, terpantau ada seorang satpam berbaju kuning yang sedang menjaga. Informasi satpam/petugas tersebut, sekarang tidak perlu memakai karcis di parkiran, karena sudah ada karcis saat masuk gerbang depan tadi, yang penting tiket karcis awal tadi jangan sampai hilang karena harus ditunjukkan saat pulang buat dihitung jamnya.


Menuju gedung loket, di pintu masuk sudah disambut porter kuli angkut, dan ojek yang mangkal

Di lantai bawah, melewati lagi denah Terminal Pulo Gebang, yang ternyata masih belum diupdate sama seperti sebelumnya3, harusnya A33 ada PO KYM Trans, padahal KYM ini sudah lama membuka loket disini ya, malah tidak ada di denah, bukti proyek Ahok ini kurang serius dalam merawat ya, hal penting yang seharusnya diperbaiki malah diabaikan, malah hal yang tidak penting seperti membuat gedung baru, dimana terminalnya malah makin jauh, malah dilakukan ya.


Calo yang lebih ramah
Naik ke lantai 2, ketemulah sama calo yang menawarkan bus, namun mungkin karena ini hari jumat sore, jadinya calo tersebut lebih tertib, lebih banyak petugas stand by, entah jika hari lainnya. silahkan berkomentar bagi yang mengalami.


Agen KYM Trans ada di loket nomor A33
Agen KYM ini posisinya ada di sisi barat, sederet dengan PO Agra Mas, silahkan cek di peta di atas. Setelah konfirmasi agen, lalu agen hanya menginformasikan plat bus yang akan dinaiki yaitu Plat W7078UQ, yang ditulis dalam selembar kertas kecil, benar-benar less paper, dan ini sangat bagus menurut saya.

Posisi Mushola yang sudah berubah
saat ini mushola sudah ditambah di lantai 2, jadinya tidak perlu bolak-balik lagi ke lantai 1 jika ingin Sholat.


Menunggu di lantai 3
Menunggu bus di lantai 3, ada beberapa PO yang juga menunggu di sini, seperti PO Agra Mas, PO Rosalia Indah, Sinar Jaya, M Trans dsb, cukup banyak juga.


Bus telat 45 menit dari jadwal
Salah satu kekurangan PO ini tidak ada estimasi kapan bus tiba, dari agen hanya berpesan langsung menunggu di pintu 5, tanpa memberikan kapan bus datang, jadinya tidak nyaman bila akan pergi-pergi dulu, misalnya Sholat atau makan dulu.

19:25 WIB Bus baru tiba di Pulo Gebang
Bus yang datang berwarna kuning, ternyata ada dua kombinasi kursi di bus ini, yaitu kursi yang nangkring di atas sopir model kekinian dengan nama captain seat, lalu ada kursi biasa ala-ala kursi M Trans seperti sebelumnya 2, lengkap dengan footrest miringnya.


Reviu bus


Interior



19:27 WIB
Lepas Pulo Gebang, telat sekitar 45 menit dari jadwal

19:55 WIB
Agen Bekasi Timur,
Insiden penumpang telat
ternyata ada penumpang sampai telat datang, padahal jadwal tiket Bekasi ini terpantau pukul 19:00 WIB, ternyata bus sampai jam 20:00 WIB penumpangnya masih ada yang masih telat, menunggu 10 menit an, akhirnya penumpang yang telat tersebut ditinggal, penumpang tersebut diminta mengejar bus saja, sambil bus dijalankan pelan sekali, sambil menunggu penumpang, akhirnya penumpang bisa mengejar bus setelah beberapa menit masuk tol. Penumpang tersebut naik grab/online.


Tidak diberi selimut
entah mengapa beberapa penumpang tidak mendapatkan selimut, mungkin memang beda kelas ya, padahal AC bus disetel dingin sekali, bahkan sampai kaca bagian dalam berembun, menandakan suhu di dalam lebih dingin dibandingkan di luar, mungkin karena kelas eksekutif jadinya tidak ada selimut.

21:50 WIB
Rumah Makan Rosin Subang
Disini istirahat kurang lebih 30 menit,



01:20 WIB
Isi solar di Pekalongan

04:45 WIB
Exit Tol Madiun

05:30 WIB
Exit tol Moeldoko/Kertosono
Bus menurunkan penumpang di exit tol Kertosono dan langsung putar balik masuk tol, benar-benar menghemat waktu bagi mereka tujuan Surabaya ya. Setelah turun langsung disambut tukang ojek yang menawarkan jasa, namun saya langsung nyeberang jalan menuju Masjid Moeldoko karena untuk mencari tempat toilet dan istirahat sejenak, beruntung Masjidnya tidak dikunci seperti masjid-masjid yang lain yang malah dikunci.

Selain itu di Masjid ini tampak beberapa bus-bus pariwisata entah habis berlibur darimana, istirahat disini baik untuk Sholat Subuh maupun istirahat saja.

Naik Harapan Jaya
06:10 WIB Exit Tol Moeldoko/Kertosono
Dari jauh terlihat Bus Harapan Jaya tiba dari tol, saya langsung jalan lebih cepat menuju titik naik arah Braan, terpantau 3 orang penumpang yang naik dari pertigaan Exit Tol Moeldoko ini.

Pembayaran bisa memakai QRIS
Tarif Nganjuk Kediri Rp.20.000,- per orang bisa memakai QRIS, kendalanya hanya sulit menscan kode, karena posisinya tangan sulit diam ketika bus bergerak, namun ternyata masih bisa discan barcode tersebut.

Bus cukup ngebut juga
Pagi itu merupakan hari libur sehingga jalanan tidak ramai, bus bisa ngebut, walau jalurnya sempit. Tipikal bus AKDP, terpantau masih bisa injak gas lebih dalam untuk menyalip truk-truk yang berjalan pelan, memang jika penumpang masih ada okupansi kelebihannya bus-bus bisa lebih banter.


07:05 WIB Sampai di Terminal Tamanan
Bus masuk Terminal Tamanan yang saat itu masih proses pembangunan, entah ini Terminal-terminal mau dibangun seperti apalagi ya?



KYM Trans Jakarta Surabaya
- Tidak ada gps/tidak tersedia kapan estimasi tiba
- Tidak ada tag bagasi
--- Tidak semua penumpang diberi selimut (kelas eksekutif)
- Ada fasilitas pemanas air, namun tidak berfungsi karena tidak ada air dan kopinya
- Air WC Habis, diganti air yang ditampung di ember sampah
- Menggunakan model WC Flush yang boros air
- Pintu WC sedikit seret
- Fasilitas bus yang tidak jelas
- Ada penumpang yang telat entah salah agen/bus yang kecepetan datang/salah penumpang
+ Sudah suspensi udara
+ Colokan USB Tipe A berfungsi dengan baik
+ Bisa membeli lewat aplikasi
+ Pembeli tiket online tetap dilayani dengan baik
+ Tiket sudah paperless
+ Warna bus mencolok dan unik, mudah dikejar penumpang yang telat saat di tol

Terminal Pulo Gebang
-Denah tidak diperbaharui/tidak akurat
-Informasi fasilitas bus di website tidak lengkap

Akhir kata terima kasih kepada para pembaca sekalian dan kru yang bertugas mengantarkan sampai tujuan.

Referensi
1https://www.instagram.com/p/DANQYsaveJn/?img_index=1
2https://myspacenote.blogspot.com/2025/01/m-trans-bounty-kediri-jakarta-m244-dan.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2023/10/gagal-naik-sant-gold-akhirnya-naik-bus.html
Read More...