Selamat siang, kali ini saya akan menuliskan lagi catatan biar saya tidak lupa bagaimana cara membuat
. Catatan ini saya buat karena saya sendiri sekarang sudah lupa, (padahal dulu pernah membuat
di Map L3 V2), nah biar tidak lupa lagi, sengaja saya catat disini ya. Sebelum membaca ini ada baiknya membaca dulu tulisan saya sebelumnya mengenai cara
, karena penjelasan disini tidak lagi dimulai dari awal, tapi sudah langsung melihat strukturnya di
apa saja yang harus ada. Catatan ini saya buat di ETS 2 versi 1.47, jadi mungkin saja sudah berbeda kondisi
Langkah pembuatan traffic sendiri saya bagi menjadi empat bagian besar,
1. Membuat model di
blender,
2. Membuat sound
3. Mengatur def
4. Terakhir
trial dan
eror(jika membaca tulisan ini kemungkinan tidak kita lakukan, karena trial dan eror sudah saya lakukan, dan hasil instan langsung jadinya bisa disimak di tulisan ini)
Pertama kali Hal yang perlu dilakukan yaitu membuat model
3dnya sendiri, model
3Dnya sendiri saya bagi menjadi 4, yaitu
- membuat model
traffic,
- model
traffic lod (yang terlihat dari jauh)
- model ban
- model trailer atau gandengan (jika ada)
Membuat model
traffic dan
traffic lod
Yang penting disini, apapun bentuk modelmu, perhatikan dan catat nama-nama
Part, Look, dan Variant di
Blendernya
Kemudian minimal sudah ada
-
model 3Dnya,
- model collision,
dan model
locator berupa
-
wheel_f_0 (depan kiri)
- wheel_f_1 (depan kanan)
- wheel_r3 (belakang kiri)
- wheel_r4(belakang kanan)
- cabin
- driver (optional)
- hook (untuk yang memiliki gandengan)
- shd_crn
- shd_ori
kemudian untuk defnya, kita taruh terserah di mana saja, kode di dalam def kita bisa gunakan .chassis.namaunik, sedangkan kode di dalamnya tinggal ambil saja dari
scs, dan sesuaikan sendiri lokasi
pmg nya
contoh
def truk gandeng saya taruh di
def\vehicle\tandem\tandem_01\chassis_a.sii
def ini memanggil nama
model, model lod,
collision,
variant, dan
look dari model ini
Membuat Model Ban
Model ban ini minimal harus ada
hook bb dengan posisi seperti tampak pada gambar pada
view sumbu X,
bb ini sebagai tempat dimana ban menyentuh tanah, selain itu juga harus ada dua
variant, yaitu
variant left, dan
right, untuk yang terlihat di
view x adalah
variant right seperti tampak pada gambar ya. model ban ini tidak membutuhkan model
collision ya.
gambar ban kanan terlihat di
view X
selanjutnya kita buat
def bannnya, terserah ditaruh dimana, saja, kode untuk ban adalah
kodeunik.fwheel untuk ban depan, dan
kodeunik.rwheel untuk ban belakang.
misalnya dalam contoh ini
def ban depan saya taruh di
def\def\vehicle\f_wheel\steel.sii.
def ini hanya memanggil model
pmdnya saja, tanpa memanggil
variantnya apa, apakah ban
left atau
right, selain itu juga informasi harga,
icon dan lain-lain juga ditempatkan disini. Selebihnya kita bisa meihat
def bawaan
scs saja.
contohnya untuk def ban depan
SiiNunit
{
accessory_wheel_data : test_wheel.fwheel
{
model: "/model/lgnr/kendaraan/test/cube_tire.pmd"
}
}
Membuat model
trailer/gandengan
minimal juga harus ada
model locator yang bernama
- wheel_r_0
- wheel_r_1
- wheel_r_2
- wheel_r_3
- shadow_x_crn
- shadow_x_ori
- hook
- Model collision
Untuk def
chassiss juga bebas kita letakkan dimana saja, hanya saja kode di dalamnya harus menggunakan
.chassis.kodeunik
contoh
SiiNunit
{
accessory_chassis_data : .chassis.test
{
model: "/model/lgnr/kendaraan/test/caravan.pmd"
lods[]: "/model/lgnr/kendaraan/test/caravan.pmd"
lods[]: "/model/lgnr/kendaraan/test/caravan.pmd"
collision: "/model/lgnr/kendaraan/test/caravan.pmc"
shadow_texture: "/vehicle/ai/share/shadow_occlusion.tobj"
shadow_intensity: 1.2
trailer_mass: 0
variant: default
variant_uk: default
look:default
}
}
Membuat
sound
sound ini kita
skip saja, karena kita akan gunakan
sound bawaan ets 2, selengkapnya bisa membaca tulisan sebelumnya
1
Setelah selesain membuat semua hal di atas, sekarang saatnya menyambungkan semuanya ke dalam sebuah
def, kemudian taruh di sembarang tempat. def ini memiliki kode aturan yang harus dipatuhi yaitu
traffic_vehicle : traffic.namaunik , selebihnya ambil saja dari
scs
Def truk akan memanggil
def chassis,
def ban depan,
def ban belakang, dan
def sound,
selain itu jika ingin memanggil trailer, bisa menggunakan kode
attachable_trailer[]: "traffic.trailer.namaunik"
,
contohnya kita panggil trailer di bawah ini sehingga menjadi
attachable_trailer[]: "traffic.trailer.test_trailer"
contoh
traffic_vehicle : traffic.test_a
{
accessories[]: .test_a.chassis
accessories[]: .test_a.fwheel
# accessories[]: .test_a.fwheel2
accessories[]: .test_a.rwheel
# accessories[]: .test_a.rwheel2
# accessories[]: .test_a.trlr_cables
max_speed: 40
# trailer_chains[]: "truck_semi"
trailer_chains[]: "traffic.trailer.test_trailer"
sound_move[]: "/sound/traffic/truck_eu_2.soundref"
sound_move[]: "/sound/traffic/truck_eu_4.soundref"
sound_horn[]: "/sound/traffic/truck_horn_1.soundref"
sound_horn[]: "/sound/traffic/truck_horn_5.soundref"
vehicle_mass: 7240
engine_power: 373
#color from upgrade shop
color[]: (0.0948, 0.101, 0.1102) #gray
color[]: (0.8307, 0.8307, 0.8307) #white
color[]: (0.2269, 0.0129, 0.0129) #red
color[]: (0.0251, 0.0578, 0.1328) #blue
@include "drivers_generic.sui"
}
vehicle_accessory: .test_a.chassis
{
data_path: "/def/vehicle/ai/test/chassis.sii"
}
vehicle_wheel_accessory: .test_a.fwheel
{
offset: 0
data_path: "/def/vehicle/ai/test/tire.sii"
}
#vehicle_wheel_accessory: .test_a.fwheel2
#{
# offset: 2
# data_path: "/def/vehicle/f_wheel/steel.sii"
#}
vehicle_wheel_accessory: .test_a.rwheel
{
offset: 0
data_path: "/def/vehicle/ai/test/tire_r.sii"
}
#vehicle_wheel_accessory: .test_a.rwheel2
#{
# offset: 2
# data_path: "/def/vehicle/r_wheel/steel.sii"
#}
Def gandengan ternyata juga harus kita buat,
def ini memiliki kode
scs yang harus diikuti yaitu
traffic_trailer : traffic.trailer.namaunik,
def gandengan ini memanggil
def chassis,
def ban belakang sebanyak dua buah.
def ini tidak memanggil
def sound, ya karena trailer tidak akan kita beri suara.
jika ban belakang lebih dari satu, jangan lupa ditambahkan
offset, bila ada lebih, offset berangka, 0,2,4,6, dan seterusnya.
contoh
traffic_trailer : traffic.trailer.test_trailer
{
accessories[]: .test_trailer.chassis
accessories[]: .test_trailer.rwheel0
accessories[]: .test_trailer.rwheel2
cargo_mass: 0
# allowed_tractor[]: "traffic.tandem_01a"
}
vehicle_accessory: .test_trailer.chassis
{
data_path: "/def/vehicle/ai/test/chassis_trailer.sii"
}
vehicle_wheel_accessory: .test_trailer.rwheel0
{
offset: 0
data_path: "/def/vehicle/ai/test/tire_r.sii"
}
vehicle_wheel_accessory: .test_trailer.rwheel2
{
offset: 2
data_path: "/def/vehicle/ai/test/tire_r.sii"
}
contohnya disini kita buat
defnya di
def\vehicle\ai\test_trailer.sii
atau bisa juga dengan mengambil def bawaan
ets 2 dengan tetap mengikuti aturan kode di atas.
terakhir buat
def lagi agar tidak
crash dengan
mod traffic lainnya
untuk gandengan kita buat dengan jenis
traffic_storage_trailer_truck.(id mod).sii
sedangkan untuk truk bisa kita buat defnya di
traffic_storage_truck.(id mod).sii
aturan yang harus dipenuhi
def ini adalah lokasinya harus berada di
folder def/vehicle/ sehingga kedua def ini posisinya sebagai berikut
def\vehicle\traffic_storage_trailer_truck.kodeunik.sii
def\vehicle\traffic_storage_truck.kodeunik.sii
Jadi def keseluruhan strukturnya kurang lebih akan seperti ini ya
Demikianlah catatan ini, siapa tahu bermanfaat bagi yang nyasar ke sini ya.
1https://myspacenote.blogspot.com/2021/09/cara-membuat-mod-klakson-ets-2-141.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-import-model-scs-versi-ets-2-141.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-eksport-model-3d-di-ets-2-versi-141.html