Sunday, August 25, 2024

Rosin Eksekutif Boyolali Jakarta Sudah Ada Fitur Cek Posisi Armada


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan reviu perjalanan lagi menggunakan Bus Rosalia Indah jurusan Madiun Jakarta, kurang lebih sudah sekitar satu tahun saya tidak naik bus ini2, ada kabar dari grup facebook4 bahwa sekarang dari aplikasi sudah bisa cek gps bus. Tertarik mencoba membuktikan fitur ini, akhirnya saya coba beli lagi. apa benar bisa? seakurat apa? apakah benar ada? karena sering kali informasi dari media sosial yang terlihat wah, ternyata sering kali berbeda dengan kenyataan, misalnya di aplikasi pembelian tiket bus, harga tiket sekian, ternyata ada tambahan biaya admin, nomor kursi terkadang bisa tidak akurat sama sekali seperti bus daytrans, akurasi waktu keberangkatan yang terkadang digabung dengan jam keberangkatan bus lain alasan okupansi penumpang, dan sebagainya yang biasanya meleset dari apa yang sudah ditulis di situs pembelian, hal tersebut lumrah terjadi dengan berbagai alasan, padahal tulisan di awal tersebut selayaknya perjanjian yang harus ditepati, jika tidak bisa ditepati pun seharusnya ada keterangan sejak dari awal.


Pembelian tiket
Fitur pembelian tiket saat ini sudah lebih baik, misalnya jika akan ganti tanggal tidak perlu lagi isi ulang formulir dari awal.

Harga tiket
Rosin Boyolali Jakarta
dibanderol dengan harga, Rp 240.000+admin 1500, ternyata ada yang berbeda, yaitu sudah memakai sistem pembayaran mandiri, sebelumnya jika akan membayar akan diarahkan menuju halaman pembayaran pihak ketiga, nah saat ini terpantau sudah diarahkan ke halaman pembayaran sendiri.

Saat ini sudah bisa Cek in Mandiri
Fitur yang baru lagi yaitu cek ini mandiri, fitur ini baru muncul 2 jam sebelum keberangkatan, namun ternyata berdasarkan informasi agen, seharusnya yang cek in agennya, entah apa penyebabnya, tidak dijelaskan alasannya apakah karena ada pergantian armada bus dengan aplikasi atau pergantian rute armada, sehingga mungkin akan diikutkan bus lain kemudian digabung di agen depan, biasanay dengan alasan lewat tol lebih cepat, atau alasan yang paling masuk akal biasanya untuk perhitungan barang bagai penumpang, karena ada batasan bebas biaya bagasi, atau alasan lain misalnya saja ada perbedaan bonus jika cek in di agen, kurang tau juga.
Hanya saja memang di fitur cek in mandiri ini tidak ada nomor kode busnya, jadi memang masih harus dipastikan ke agennya.


Sudah ada Cek Posisi Armada
Beberapa penumpang tidak membutuhkan fitur ini, karena merasa ribet jika harus mengecek armada sampai mana, namun ada juga beberapa penumpang yang justru membutuhkan fitur seperti ini untuk memanage waktu tunggu di agen. Meskipun sudah ada perjanjian jadwal keberangkatan, terkadang situasi jalan memang tidak dapat dipastikan. Bagi PO lain biasanya hal ini sudah menjadi alasan yang tidak bisa dibantah lagi, namun setidaknya fitur ini menjadi pilihan untuk memperkirakan kapan tiba di agen agar tidak terlalu lama menunggu, apalagi bila kondisi sedang peak season,
Selain itu bisa saja mempermudah petugas agen karena tidak perlu whatsapp ke calon penumpang bus sampai mana, karena berbagai macam karakter, ada agen yang ramah dan aktif menginfokan, namun ada juga agen yang cuek malas melayani pertanyaan calon penumpang bus sampai mana.
Bahkan pengalaman naik gunung harta, kru sampai malas mengangkat telepon dari agen karena ditanya terus sampai mana3.



Ini adalah contoh Foto posisi armada di aplikasi



hanya saja kekurangan fitur ini masih belum ada alert bagi kita ketika bus memasuki wilayah tertentu lalu memberi tahu kita untuk sudah saatnya berangkat menuju agen, misalnya jarak rumah kita dengan agen 30 menit, bisa kita setting ketika bus memasuki Kartasura ada pemberitahuan alert ke kita.

Sampai agen
Cetak tiket fisik, sekarang tiket fisik berupa print-printan yang lebih simpel, namun masih diberi sampul (padahal ngga penting, demi memuaskan bismania saja), ditambah stiker bagasi.


Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 40 an menit, bus datang juga, bus yang datang adalah Rosalia Indah nomor lambung 3033 Hino RK Air Suspension, Platnya AD7446OF
Jurusan Madiun Solo Jakarta,

Detail spesifikasi bus menurut spionam5


Nomor Kendaraan : AD7446OF
Nama Perusahaan : PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00005/AJ.205/4/DJPD/2018/100000235-00024
Masa Berlaku KPS : 22 Januari 2025
Kode Trayek : 3271331302
Trayek Kendaraan : TERMINAL BARANANGSIANG (BOGOR) - TERMINAL TIRTONADI (SURAKARTA)
Rute Trayek : Terminal Baranangsiang - Tol Jagorawi - Terminal Pulo Gebang - Tol Cikampek - Terminal Harjamukti - Terminal Tegal - Terminal Mangkang - Terminal Tirtonadi
Jenis Pelayanan : NON EKONOMI
Seat : 39
Nomor Uji Berkala : KAS-9941
Masa Berlaku Uji Berkala : Cek disini
Merek : HINO
Nomor Rangka : MJERK8JSKJN2****
Nomor Mesin : J08EUFJ8****
Nomor SRUT : -





Apakah benar bus tersebut yang terlihat di gps?
ya, ternyata bus yang daritadi saya pantau di gps sampai mana, ternyata memang benar itu yang datang.

Upgrade kelas
ternyata kelas yang datang adalah kelas eksekutif plus dan sekarang kombinasi kursi sudah lebih lega 28 kursi, lebih lega daripada sebelumnya yang masih 30 kursi.

Scan tiket penumpang secara elektronik
setelah naik ternyata ada yang baru lagi yaitu kru melakukan scan tiket dengan handphone
setelah di scan tampilan menjadi seperti ini


selain itu juga ada fitur unik lagi semacam media komunikasi dengan kru dan pusat


18.35 WIB
sampai pasar ampel
Bus cukup cepat juga melaju di jalan arteri, ditambah lagi kondisi lalu lintas yang lengang tanpa kemacetan.
Bus masuk tol Salatiga, keluar tol Ungaran.

19.45 WIB
Banyumanik,
Banyak juga calon penumpang agen sini

Ngeblong lampu merah di Sukun
Sampai di Lampu merah Sukun, bus ngeblong kiri kemudian pas sampai di ujung menunggu dari arah timur habis baru bus masuk ke tol, dan benar saja pas bus jalan, pas lampu lalu lintas menyala hijau, berarti sopir sudah setiap hari lewat jadinya hafal urutan lampu merahnya, sensasi yang tidak biasa terjadi selama ada tol,

Kalau dulu sebelum ada separator yang besar tersebut, bus-bus dari arah Solo ngeblong kanan, sampai lalu masuk tol.



Sampai tol Batang
ketemu dengan Gunung Harta SHD K410 ib yang terlihat lincah sekali, begitu nyalip langsung hilang di depan. Padahal Rosalia Indah ini menurut saya juga sudah kencang.



21.25 WIB
Sampai Rumah Makan Rosin resto pemalang
parkir sini ketemu juga bus double decker


Sampai sini menukarkan tiket dengan makanan, tiket sekarang dilakukan scan barcode
menu makanan




Macet di Cipali
entah ini macetnya karena apa, sebelum masuk rumah makan sempat macet 30an menit padat merayap.

01.00 WIB Sampai di RM Subang
disini penumpang dipersilahkan istirahat, ada perbedaan lagi kali ini, kali ini penumpang tidak dipaksa turun dari bus seperti sebelum-sebelumnya, karena memang jam 01.00 ini memang adalah jam biologis istirahat.



1.45 WIB Berangkat lagi dari Rumah Makan Subang
03.00 WIB
Cikarang

03.30 WIB
Bekasi

03.50 WIB
Pasa Rebo
selesai perjalanan, ternyata ada fitur rating dan masukan

Jam 04.00 WIB
dari Pasar Rebo, terpantau masih ada transjakarta jurusan Kampung melayu yang beroperasi

04.30 WIB
Terpantau ada transjakarta jurusan Kampung Rambutan Tanjung Priok, sedangkan jurusan PGC Tanjung Priok terpantau baru muncul pukul 05.00 WIB


Kesimpulan Rosalia Indah 3033 Eksekutif Plus Hino RK8 Air Suspension, AC, Toilet, Akua 800ml, makan 1 x.
Berikut ini kelebihan + dan kekurangan- perjalanan kali ini

++++Kali ini menurut saya ada peningkatan pelayanan, terutama dari segi aplikasi yang saat ini lebih powerfull, berbagai kebutuhan mulai dari pembelian, sampai pemberian rating dalam satu genggam. GPS pun sudah bukan hanya sebagai alat pengawasan kru saja, namun bisa sebagai alat pelayanan.

+++Kombinasi kursi yang lebih lega 28 kursi.

++Sedangkan untuk kecepatan bus, tidak terlalu santai, tapi juga tidak terlalu ngebut.

++Untuk ketepatan jalur saat ini masih lebih bagus daripada Sinar Jaya yang terkadang tidak sesuai jalur di awal, misalnya seharusnya melewati jalur non tol Boyolali, namun bablas lewat tol dengan alasan kesiangan sampai Wonogiri1, seharusnya jika memang tidak tepat, diiformasikan dari awal.

+sopir dan kru tidak merokok
-Kekurangannya mungkin hanya berupa risiko aplikasi secara umum, seperti sistem down, server terganggu, virus, yang biasanya lumrah menyerang sebuah aplikasi, berkaca pada server pusat data nasional yang bisa saja hilang datanya, menurut saya perlu ada backup berkala mana kala sistem down, untuk sekedar mencatat calon penumpang yang sudah membayar, dan bagaimana memverivikasinya jika sistemnya eror. Hal tersebut sebenarnya adalah masalah internal.

+-Sedangkan yang bisa plus minus adalah berhentinya bus di Subang, plusnya mungkin ada penumpang wanita yang bisa lebih nyaman ke toilet di rumah makan dibandingkan toilet bus. minusnya ada juga penumpang yang merasa mampir di Subang itu sesuatu yang membuang waktu.

Sekian terima kasih, itulah informasi dari saya, terima kasih kepada kru yang bertugas dan para pembaca sekalian.

referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2024/03/perjalanan-naik-bus-sinar-jaya-jakarta.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/05/rosalia-indah-hdd-157-arus-mudik.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2017/12/gunung-harta-gh-085-blitar-kediri.html
4https://web.facebook.com/photo/?fbid=1280315116269843&set=gm.10161791716167020&idorvanity=83225712019
5https://spionam.dephub.go.id/?noken=AD7446OF#kendaraan


Read More...

Friday, August 23, 2024

Free Update Map Baluran L2 V4 dan Tips Main ETS 2 1.50 VGA 2GB



Selamat malam semuanya, semoga para pembaca dalam keadaan sehat wal afiat dan beres segala urusan, kali ini saya akan mengupdate map Baluran lagi, terutama di bagian kelokan dan tanjakan agar terasa lebih baik. Perbaikan jalurnya mulai Pelabuhan Ketapang sampai jalur alas baluran, selain itu, ada beberapa perbaikan-perbaikan lain, yang selebihnya bisa dibaca-baca saja tulisan di bawah ini.



Map Baluran Map L5 V4
Yang diupdate
-Update beberapa model rumah, warung, ruko, kendaraan yang masih terlalu mengkilap
-Memperbaiki tikungan dan tanjakan sepanjang jalur Pelabuhan Ketapang sampai RM Gunung Harta
-Membersihkan folder dan file yang tidak dipakai lagi, misalnya folder country, licence plate, dan lain-lain, sekarang saya hanya memakai country uk saja, karena kalau memakai country lgnr buatan sendiri seperti versi sebelumnya, sering muncul eror licence plate saat ganti ke map lain3,
-Terkait file bawaaan scs yang dipasang di mod, yang kemarin menyebabkan eror warna pink di map4, ternyata ada solusi terbaru, yaitu dengan tidak memasang file tobj dan dds sekaligus, jika hanya memakai file tobj saja akan muncul warna pink, sedangkan saat saya tidak memakai keduanya sekaligus, eror warna pink tersebut juga bisa hilang, nah di versi Map Baluran L5V4 ini, saya tidak memakai dua-duanya saja, lebih menghemat ukuran file map.
-tidak ada penambahan jalur update kali ini
-File yang dipakai sekarang hanya satu file saja


Cara Pakai
- bila memiliki versi sebelumnya (Map L5 V1, L5 V2, dan V3) silahkan dihapus saja, karena file ini menggantikan map sebelumnya)
- Download map dari sociabuzz1 (bagi yang dulu belum beli)
- ekstrak file dari sociabuzz
- Download base map (link ada di dalam file dari sociabuzz)
- taruh file di folder mod
- Download Save game2(jika tidak, maka akan crash to desktop)
-tips tambahan bagi pemakai ETS 2 versi 1.50 dengan VGA di bawah spec(misalnya hanya 2 GB), bisa di setting maks fps agar fps videonya tidak cepat lambat cepat lambat, misalnya disetting maksimal 45 fps



Bagi yang sudah beli bagaimana cara dapatnya?
link map update akan saya kirimkan secara bertahap ke masing-masing email pembeli yang dulu sudah membeli melalui trakteer id dan sociabuzz (asal akunnya masih aktif), jadi silahkan cek inbox atau spam kalian. (Catatan, tenang saja, email tidak saya kirim bersamaan langsung, tapi saya menggunakan fitur bcc, agar masing-masing penerima email tidak bisa mengintip nama email penerima yang lain, jadinya privasi masing-masing email aman).

Terima kasih bagi para pembaca sekalian, bagi yang masih bingung map versi terakhir yang mana, atau sekedar pengen melihat-lihat versi sebelumnya mulai dari Map UKTS sampai ETS 2 bisa mampir pada link di bawah ini.5

1LINK SOCIABUZZ
2https://myspacenote.blogspot.com/2018/05/save-game-for-ets-2.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2022/01/tutorial-pindah-map-ets-2-tanpa-ganti.html
4https://myspacenote.blogspot.com/2024/06/update-map-baluran-di-ets-2-150-map-l5.html
5https://myspacenote.blogspot.com/2022/01/download-page-map-l2-ets-2.html


Read More...

Sunday, August 18, 2024

Reviu Fasilitas Kereta Api Tawang Jaya Premium Kelas Ekonomi


Selamat pagi semuanya kali ini saya akan mereviu singkat, Kereta Api Tawang Jaya Premium Jakarta Semarang, Kereta api ini merupakan salah satu pengembangan dari jenis kereta api ekonomi sebelumnya. Entah kebetulan atau tidak, kereta api ini muncul setelah berita keluhan penumpang KA Ekonomi di media sosial tik tok karena kursinya terlalu sempit dan adu dengkul sesama penumpang, entah ada hubungannya atau tidak, mari kita coba saja ya. Ini merupakan pengalaman pertama saya naik jenis kereta ini, kira-kira apa saja yang berbeda dengan kereta api ekonomi lainnya? silahkan simak tulisan berikut ini.


Kereta Api Tawang Jawa Premium

Pembelian tiket
Pembelian tiket tidak berbeda dengan versi sebelumnya, dilakukan melalui aplikasi android atau situs website, dengan mengisi identitas diri sesuai KTP atau SIM.

Harga tiket
harga tiket saat itu Rp.240.000,-

Waktu keberangkatan
waktu keberangkatan jam 10.05 WIB Stasiun Jatinegara
sampai di tujuan diperkirakan jam 16:15 Stasiun Poncol


Tiba di Stasiun Jatinegara
Cetak tiket berada di lantai 2, memasukkan kode booking lalu diklik cetak. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk arah kereta api jarak jauh, karena pintu masuknya dibedakan dengan KRL, atau bertanya petugas.

Kejadian lucu di stasiun Jatinegara
Sampai sekarang masih ada orang yang belum paham cara memakai lift, jadinya menunggu lama di depa lift he he. Harusnya tombolnya dipencet dulu agar lift terbuka.

Jumlah kursi dan arah kursi
Jumlah Kursi satu gerbong ada 80 kursi, saling berhadapan 40 kursi vs 40 kursi

saat saya perjalanan dari Jakarta menuju Semarang posisi duduk 1 A sampai 20 D menghadap arah maju sejalan kereta, sedangkan nomor kursi 21 A sd 30 D posisinya mundur berlawanan dengan arah kereta api.




Reclining seat
Setiap kursi saat ini sudah dilengkapi dengan reclining seat, meskipun masih terbatas beberapa derajat saja, namun setidaknya ada perbedaan dari versi sebelumnya yang masih tegak.

Tidak semua ada reclining seat
Namun beberapa kursi tidak mendapatkan fasilitas ini, misalnya kursi nomor 2A dan 2B, karena dibelakangnya mentok dinding.


Tingkat Ketebalan dan keempukan kursi
menurut saya meskipun tampilan kursinya terlihat tebal, bahkan lebih tebal daripada kursi pesawat lion air kelas ekonomi, namun tingkat keempukannya tidak sebanding ketebalannya, masih lebih empuk kursi pesawat lion air kelas ekonomi yang tampilannya lebih tipis, jadi memang ketebalan kursi itu tidak menjamin tingkat keempukannya ya. Hal ini mungkin karena tingkat pelapis kursinya yang dipasang terlalu ketat atau bisa juga karena bahan dasar busanya yang berbeda.

Tidak ada footrest
Tidak ada footrest, padahal duduk di kursi kereta ini selama perjalanan 5 sampai 6 jam terkadang terasa membutuhkan footrest untuk mengganjal kaki, karena memang konstruksi kursi ini menurut saya cukup tinggi, tinggi saya 165 cm, sehingga kaki cenderung menggantung, butuh footrest, apalagi yang postur tubuhnya lebih pendek, kaki akan lebih menggantung.

Power charger
setiap kursi disediakan sumber daya charger tipe colokan biasa, posisinya ada di dinding samping.

Cantelan
Posisi cantelan yang sebelumnya ada di bawah jendela sekarang berubah lebih ke atas, samping jendela

Plastik Sampah
disediakan plastik sampah di masing-masing kursi

Kantong penyimpanan
Di depan kursi tersedia kantong penyimpanan

Fasilitas lain
AC, Toilet, On time

Kekurangan
tiket kereta api ini cepat habis saat peak season, harus begadang di malam hari untuk melakukan war tiket, hanya menyisakan tiket kelas tinggi.

Tidak bisa selonjor
tinggi badan saya 165cm, ternyata kaki tidak bisa selonjor, karena tulang kering saya mentok besi yang melintang di bawah kursi depan kita, padahal jika besi tersebut lebih ke atas sedikit, akan lebih lega. Kalau sebelumnya adu dengkul, kali ini adu besi.

Solusi
solusinya menurut saya adalah dengan tetap mencatat pemesanan yang gagal membeli, dan dimasukkan ke dalam kuota tunggu, baru setelah ada konfirmasi kereta tambahan, kuota tunggu tersebut diberi hak pertama apakah melanjutkan membeli atau tidak, tidak malah dibuka war tiket kedua.




Read More...