Wednesday, January 31, 2024

Realitas Paketan XL 80 Ribu


Selamat sore semuanya, kali ini saya akan mencatat lagi paketan XL yang mana seperti biasanya memiliki syarat dan ketentuan tersembunyi di balik tulisan di iklan, karena saking banyaknya syarat dan ketentuan di balik layar, tidak ada salahnya saya akan tulis saja disini. Saya membeli secara offline di counter handphone.

Iklan : 80 Ribu, 34 GB atau Rp.2350,-/GB
Jenis Kartu :Perdana
Realitanya silahkan simak tulisan di bawah ini saja ya.

Realita
xtra combo flex l+
kuota utama 20gb
nelp 5 menit
kuota lokal 5gb
kuota per day 50mb
kuota per day app 100 mb
kuota per day meet 900mb
+
bonus 5gb
+
bonus kuota pelanggan baru 7GB

RATE 2167/GB kuota internet murni

Setelah habis ternyata masih ada sisa bonus, namun harus diisi kuota lagi

Akhirnya saya isi lagi dengan
pAKET Xtra Combo Mini 1,99 GB 7 Hari Rp9.900,- paketan seminggu
dapat
Kuota Utama 1 GB
Kuota Youtube 0,5 GB
Kuota Area 0,5 GB
Kuota harian apps 100 MB
Kuota meeting 900 MB
Kuota sebelumnya
Kuota Pelanggan Baru Area A 4GB
Kuota Pelanggan Baru A 4 GB

Rate Rp.1.100,-/GB kuota internet murni



Read More...

Thursday, January 25, 2024

Mengabsen Bus-Bus Mahendra Transport Indonesia MTI


Saat ini beberapa PO Bus menawarkan diskon harga tiket, contohnya di PO Rosalia Indah yang mendiskon Rp.25.000,- di facebook mereka12, PO Raya junior eksekutif juga mendiskon menjadi Rp.220.00,- dan juga PO Gunung Harta yang juga mendiskon, namun saya lupa berapa, bisa kalian cek sendiri di masing-masing media sosialnya. Kemungkinan besar karena okupansi penumpang sedang sepi sehingga mulai menurunkan harga. Beberapa PO13 bahkan diinformasikan sampai menutup penjualan tiket. Imbas penurunan penumpang ini kemungkinan juga yang dialami PO MTI, yang secara mengejutkan saat ini juga tidak melayani AKAP lagi, padahal baru berjalan beberapa bulan saja. PO MTI ini pertama kali membuka jalur AKAP pada pertengahan tahun 2023 yang lalu, dengan menggunakan skema kerja sama dengan menggandeng beberapa PO, namun bentuk kerja samanya seperti apa detailnya kurang paham juga, apakah dipinjam dengan imbalan tertentu/dibeli/disewa dengan periode tertentu, atau bagaimana, silahkan kalian komentar bagi yang paham ya, namun menurut pemberitaan media11 intinya MTI menjalankan/mengelola bus AKAP, sementara investor hanya memberikan modal berupa bus bekas asal sehat, Karena penasaran juga, kali ini saya akan mencoba mengabsen PO PO apa saja yang pernah menggunakan livery MTI yang diolah dari berbagai sumber seperti foto facebook, yotube, maupun dari situs resmi spionam.


RMH 001
sumber10
Plat b7512fga
tidak ditemukan data di spionam



RMH 002 versi 1

Sumber gambar1
Plat B 7103 ??
tidak ditemukan data di spionam


RMH 002 versi kedua

sumber gambar by amsal 9
plat H1429DB
Tidak ditemukan data di spionam
Livery sebelumnya menggunakan livery best premium


RMH 003

sumber gambar by rudy tp8
Plat B7513TGA
Data di spionam
Nomor Kendaraan : B7513TGA
Nama Perusahaan : PT. CITY TRANS UTAMA
Jenis Angkutan : PARIWISATA
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00204/AJ.202/6/DJPD/2018/100001094-00021
Masa Berlaku KPS : 27 Juli 2024
Seat : 48
Nomor Uji Berkala : JKT-1305886
Masa Berlaku Uji Berkala : 29 November 2023
Merek : HINO
Nomor Rangka : MJERK8JSKCJN14910
Nomor Mesin : J08EUFJ46300
Nomor SRUT : JKT1305886


RMH 004 versi 1

Sumber gambar3
MTI 004 B 7009 EGA
Mercedez Benz OH 1526 M\T
Jetbus HDD3+ Voyager
Data di Spion4
Nomor Kendaraan : B7009EGA
Nama Perusahaan : PT. BINTANG PERMATA BUNDA TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00010/AJ.205/4/DJPD/2021/100005997-00007
Masa Berlaku KPS : 26 Agustus 2023
Kode Trayek : 1375327304
Trayek Kendaraan : BUKIT TINGGI-BANDUNG
Rute Trayek : BUKITTINGGI-MATUR-MANINJAU-LUBUK BASUNG-PARIAMAN-PADANG-SOLOK-MUARA BUNGO-MUARA TEBO-JAMBI-PALEMBANG-KAYUAGUNG-BANDAR LAMPUNG-BAKAUHENI-MERAK-TOL MERAK-TOL TANGERANG-TOL DALAM KOTA-TOL JAGORAWI-SUKABUMI-BANDUNG
Jenis Pelayanan :
Seat : 44
Nomor Uji Berkala : TG-13162
Masa Berlaku Uji Berkala : 17 September 2022
Merek : MERCEDES BENZ
Nomor Rangka : MHL368006CJ002145
Nomor Mesin : 906998U0963313
Nomor SRUT


RMH004 versi kedua

Sumber gambar6
Plat B7050XSA
Data di spion4
Nomor Kendaraan : B7050SXA
Nama Perusahaan : PT. SEMESTA BOLO TRANSINDO
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00017/AJ.205/4/DJPD/2021/100001074-00020
Masa Berlaku KPS : 13 Desember 2024
Kode Trayek : 1307331202
Trayek Kendaraan : LUBUK BASUNG-WONOGIRI
Rute Trayek : LUBUK BASUNG-PARIAMAN-PD.PANJANG-SOLOK-MA.BUNGO-BANGKO-MA.ENIM-BATURAJA-BD.LAMPUNG-BAKAUHENI-MERAK-JAKARTA-TOL CIKAMPEK-CIREBON-TEGAL-SEMARANG-SOLO-WONOGIRI
Jenis Pelayanan : NON EKONOMI
Seat : 46
Nomor Uji Berkala : BB71B18102978
Masa Berlaku Uji Berkala : 30 Mei 2024
Merek : MERCEDES BENZ
Nomor Rangka : MHL368100JJ001384
Nomor Mesin : 906998U1227851
Nomor SRUT : 009205/35/SRUT-I/DRJD-SPD/V/2018




RMH 005

Sumber 11
Rilis 16 Agustus 2023
B7013UM
Data di spionam
Nomor Kendaraan : B7013UM
Nama Perusahaan : PT. BINTANG PERMATA BUNDA TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00010/AJ.205/4/DJPD/2021/100005997-00012
Masa Berlaku KPS : 26 Agustus 2023
Kode Trayek : 1375327304
Trayek Kendaraan : BUKIT TINGGI-BANDUNG
Rute Trayek : BUKITTINGGI-MATUR-MANINJAU-LUBUK BASUNG-PARIAMAN-PADANG-SOLOK-MUARA BUNGO-MUARA TEBO-JAMBI-PALEMBANG-KAYUAGUNG-BANDAR LAMPUNG-BAKAUHENI-MERAK-TOL MERAK-TOL TANGERANG-TOL DALAM KOTA-TOL JAGORAWI-SUKABUMI-BANDUNG
Jenis Pelayanan :
Seat : 40
Nomor Uji Berkala : JKT-723811
Masa Berlaku Uji Berkala : 06 Oktober 2022
Merek : MERCEDES BENZ
Nomor Rangka : MHL3821238J011770
Nomor Mesin : 906918U0745043
Nomor SRUT : -




RMH 006

Sumber foto5
Plat KB7529WL

RMH007

sumber gambar2
data di spionan
Tidak ditemukan K1532 AH
Livery sebelumnya memakai livery NB Trans




RMH008

sumber gambar 7
Plat B7008EGA
data di spion
Nomor Kendaraan : B7008EGA
Nama Perusahaan : PT. BINTANG PERMATA BUNDA TRANSPORT
Jenis Angkutan : AKAP
Nomor Kartu Pengawasan (KPS) : SK.00010/AJ.205/4/DJPD/2021/100005997-00010
Masa Berlaku KPS : 26 Agustus 2023
Kode Trayek : 1375327304
Trayek Kendaraan : BUKIT TINGGI-BANDUNG
Rute Trayek : BUKITTINGGI-MATUR-MANINJAU-LUBUK BASUNG-PARIAMAN-PADANG-SOLOK-MUARA BUNGO-MUARA TEBO-JAMBI-PALEMBANG-KAYUAGUNG-BANDAR LAMPUNG-BAKAUHENI-MERAK-TOL MERAK-TOL TANGERANG-TOL DALAM KOTA-TOL JAGORAWI-SUKABUMI-BANDUNG
Jenis Pelayanan :
Seat : 40
Nomor Uji Berkala : TG-13163
Masa Berlaku Uji Berkala : 17 September 2022
Merek : MERCEDES BENZ
Nomor Rangka : MHL368006CJ002146
Nomor Mesin : 906998U0963314
Nomor SRUT : -



Referensi
1https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/06/180200615/bocoran-po-mahendra-transport-bakal-punya-bus-baru-bukan-bus-seken-lagi
2https://www.instagram.com/p/CyOGMLNPokA/
3https://www.instagram.com/p/Cx78O18vUNW/
4https://spionam.dephub.go.id
5https://www.instagram.com/p/CxFtNPoR1eS/
6https://www.instagram.com/p/CwFBZlHPQVX/
7https://web.facebook.com/photo/?fbid=2117643451961403&set=g.348503673570308
8https://web.facebook.com/photo/?fbid=860356128909518&set=g.348503673570308
9https://web.facebook.com/photo/?fbid=122123195552088842&set=g.348503673570308
10https://web.facebook.com/photo/?fbid=122123195468088842&set=g.348503673570308
11https://www.youtube.com/watch?v=6d8tUxOm2hY
11https://www.tribunnews.com/otomotif/2023/07/20/rian-mahendra-tawarkan-investasi-bagi-hasil-bisnis-bus-akap-cukup-modal-bus-bekas-asal-mesin-sehat
12https://web.facebook.com/rosaliaindahofficial/posts/pfbid0tQWNBxN2gfEsqTWUobVaRkZZsFpgRZKHjBUQoemxw4m2E2F1Xa4BwK9XRi43x1ml
13https://www.youtube.com/watch?v=XxiMMdyg2x4
Read More...

Saturday, January 20, 2024

Mencoba Jogging Track di Universitas Indonesia


Selamat siang semuanya, kali ini saya akan reviu lagi salah satu tempat joging di daerah Depok, tepatnya di Universitas Indonesia, Penasaran juga seperti apa, karena saya baru pertama kali kesana, bagi yang pengen tahu, silahkan simak tulisan di bawah ini.


Lokasi
Kalau dari Pasar Minggu lurus ke selatan, sampai Lenteng Agung, kemudian tinggal mengikuti papan jalan, nanti akan sampai di Kawasan Kampus Universitas Indonesia. Bagi yang menggunakan Kereta Api, bisa langsung turun di Stasiun UI, lokasinya dekat sekali dengan stasiun.
dari Stasiun UI, langsung bisa joging, karena sudah disambut dengan jalur ini.


Lokasi Parkir
Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi mobil maupun motor bisa memarkirkan kendaraan di Masjid UI,


oiya disini tidak boleh parkir di sepanjang jalur kampus ya, terdapat banyak tulisan dilarang parkir, jika nekat akan diderek.


Biaya Parkir
Motor Rp.2000,- dengan karcis, mobil Rp.?,- kurang tahu berapa

Kepadatan
Saya sampai di Masjid UI sekitar setengah 7 pagi di hari Sabtu, ternyata pengunjungnya lumayan banyak. Lokasi yang banyak pengunjungnya berada di bundaran Balairung UI. Semakin siang, pengunjung yang datang untuk jalan-jalan/joging semakin banyak, puncaknya sekitar jam setengah 8 sampai jam 8 an.


Kondisi dan Panjang lintasan
Panjang lintasan sekali putaran kurang lebih 6 kilometer, itupun belum semua terjelajahi, masih ada lintasan yang lain, seperti lintasan pinggir danau, jalan setapak, dan lintasan-lintasan yang lain.
Kondisi lintasan bisa disimak pada gambar-gambar di bawah, ada lintasan aspal, ada juga lintasan paving block, secara umum, tidak ditemui rintangan yang berpotensi menyandung kaki.

Selain itu juga terdapat jalur yang melewati pinggir danau pas,


sudah ditata juga dengan paving block, jadinya tidak becek



di tengah tengah danau bisa juga melintasi jembatan texas









Ternyata kebetulan pas sampai ujung, ada pohon bambu yang rubuh, jadinya saya harus lewat pinggir turun ke kali/sungai sebelah kiri dulu


berjalan lebih ke selatan, melintasi lintasan pinggir danau yang lain, Danau Kenanga, ya memang di UI ini ternyata ada banyak danau.



disini juga terdapat pemandangan dari pinggir Danau Kenanga berupa Gedung Rektorat UI, dan sebelah kanan gedung perpustakaan


Kondisi udara
Lokasinya jarang dilalui kendaraan, jauh dari asap kendaraan. Selain itu lokasinya rindang, banyak pepohonan, jadinya bisa joging di siang hari juga.
Read More...

Thursday, January 18, 2024

Agung Sejati 103 Wonogiri Jakarta


Selamat sore semuanya, lagi-lagi saya akan mereviu lagi perjalanan dengan bus, kali ini saya akan reviu bus yang juga masih tergolong pendatang baru, PO yang masih saudara dengan Madu Kismo, yaitu PO Agung Sejati jurusan Wonogiri Jakarta. Kebetulan ini merupakan pengalaman pertama naik PO Bus ini, penasaran juga seperti apa ergonomi kursi dan perjalanannya?, silahkan disimak tulisan berikut ini.



Mencari Nomor agen
Pencarian nomor agen dengan datang langsung ke terminal1, langsung mencatat nomor yang tertera di banner, nomor Whatsapp/telepon agen Agung Sejati Salatiga 62 853-2910-2810 salatiga.

pesen kursi H-2 keberangkatan hari Senin, ternyata masih kosong banyak


Pembayaran tiket seharga Rp.255.000,- bisa melalui transfer ke Bank BRI, ada biaya tambahan Rp.2.500,- per tranksaksi jika beda Bank.
Rencana berangkat entah jam berapa, hanya diminta siap sebelum jam 21:00 WIB, saya asumsikan berarti bus akan berangkat jam 21:00 WIB, kita lihat saja.




Hari H Keberangkatan
Perubahan jadwal mendadak
jam 19:45 WIB, cek hp, ternyata ada 2 kali miskal Whatsapp dari agen,
info pesan Wa, ternyata bus sudah melintas pintu tol Kartosuro, dan akan langsung menuju Terminal Tingkir, berarti saya perkirakan bus tiba di Tingkir kurang lebih 30 menit lagi, atau sekitar jam 20:15 WIB.

Padahal jarak saya ke Terminal masih setengah jam, waduh harus cepat cepat nih .

20:20 WIB
Sampai di Agen
langsung mendapatkan tiket tanpa sampul,


yang unik dari PO lainnya, disini, calon penumpang sudah ditanyakan menu pilihan, dan menu makanan PO ini termasuk mewah, jika di PO lain seperti PO Agra Mas/Rosalia indah, layanan seperti ini hanya dapat dirasakan di kelas tertinggi yang biasanya harga tiketnya Rp.500 ribuan, sementara di Agung Sejati hanya dengan tiket Rp.255.000,- bisa merasakan layanan kelas tinggi di PO lain. menunya pun bermacam-macam seperti spageti, nasi goreng, ayam goreng, katsu dan lain-lain, saya mencoba memilih menu spageti.

Bus tiba di Terminal
Saat saya cek in ini, ternyata bus baru saja datang. benar-benar pas banget ya. sesuai perkiraan saya tadi.
Selesai cek in dan pesan menu makanan di agen, langsung menuju bawah tempat bus parkir.
Saat itu bersamaan juga dengan bus Sudiro Tungga Jaya SR3.

Bagasi tanpa stiker
Saya kemudian menyerahkan bagasi kepada kernet, langsung saja, tanpa ribet memakai stiker-stiker.


Reviu Bus
Bus yang bertugas malam itu Agung Sejati dengan nomor lambung 103, menggunakan model SR 2, Mesin Hino RK8, belum suspensi udara


Interior
di bagian interior, ternyata menggunakan kursi kombinasi 2 2 dengan jumlah kursi hanya 26 kursi, menggunakan footrest model meja.







lengkap dengan selimut dan bantal


Juga ada colokan charger di setiap kursi

Timeline perjalanan
20:25 WIB
Berangkat dari Terminal Tingkir Salatiga. Okupansi penumpang ternyata full terisi 26 orang.
Kru yang bertugas 3 orang, satu sebagai kernet, 2 sebagai sopir.
Bus langsung menuju tol Salatiga

Kejadian unik ketemu luxio ekspedisi UPS
saat melaju di tol Solo Semarang, di depan ketemu dengan mobil luxio UPS yang berjalan pelan, namun masalahnya dia berjalan pelan mengambil lajur kanan, atau lajur cepat, kemudian oleh sopir bus, diklakson klakson dngan maksud agar minggir, ternyata luxio tetap bergeming, tidak mau minggir, akhirnya bus terpaksa menyalip dari kiri.


Beberapa saat kemudian
beberapa saat kemudian, terlihat mobil UPS tersebut menyalip bus dari kiri dengan agresif, sambir bleyer-bleyer gas, entah apa maksudnya, bus tetap berjalan santai, setelah menyalip bus, luxio UPS kembali berjalan santai memposisikan diri di depan bus tepat, entah apa maksudnya ya,
sampai di jatingaleh
Kemudian luxio mengambil lajur kiri menyalip Rosalia Indah di lajur kanan, ternyata di kiri ada truk yang berjalan pelan, Agung sejati sekarang memposisikan di lajur kanan menempel Rosalia Indah, akhirnya luxio tersebut kesalip, karena keganjel truk tadi.

Beberapa saat kemudian
luxio ngebut lagi, ngos ngosan menyalip bus lagi, lalu kemudian anehnya jalan santai dengan memposisikan diri di depan bus.
Bus tetap berjalan santai, tanpa klakson-klakson lagi, memang diklakson-klakson terasa tidak nyaman, namun itu semua demi keselamatan bersama. Mungkin orang tersebut belum menyadari bahaya jalan pelan di lajur kanan di jalan tol.

Ending
endingnya akhirnya berpisah dengan luxio UPS tersebut, luxio UPS lurus arah krapyak, sedangkan bus Agung sejati belok kiri arah Kalikangkung.



21:50 WIB
Bus keluar Gerbang tol Weleri, Sampai di Rumah Makan Bedjana, tepatnya di jalur baru Alas Roban

tempatnya lebih tepat disebut cafe dengan desain instagramable, yak memang, servis makan ini memang benar benar di Cafe, namanya Cafe and Eatery Bedjana.
Tempatnya bagus, namun karena namanya juga cafe bukan khusus tempat makan bus, jadinya kebutuhan penumpang bus sedikit terabaikan, apa itu?
yaitu belum ada kanopi yang melindungi penumpang dari hujan, jadinya penumpang harus membawa payung/penutup kepala agar tidak kehujanan, kebetulan saat itu hanya gerimis kecil saja, jika hujan deras seperti sebelumnya1, entahlah.

Menu makanan
Saya sendiri memilih menu spageti, rasanya juga lezat, tidak terlalu banyak bumbu dan micin,
benar-benar service makan diluar nalar, karena tidak seperti servis makan bus pada umumnya, servis makan lebih seperti mampir ke cafe beneran, tapi memang kekurangannya itu tadi, yaitu tidak ada kanopi yang melindungi penumpang ketika hujan.

Lampu di dalam Rumah makan yang dibuat instagramable



22:25 WIB
berangkat dari rumah makan,
Cek Petugas rumah makan
petugas mengecek jumlah penumpang, kemudian ada kejutan berupa doorprise undian, beruntung saya mendapatkan hadiah berupa kalender yang dibuat oleh manianya.


Perjalanan dilanjutkan melalui jalur Pantura
Selesai cek penumpang, bus melanjutkan perjalanan, kali ini tidak balik ke Pintu tol Weleri, namun bus melanjutkan langsung ke arah barat, menuju pintu tol Batang.

Saat berangkat, gerimis turun, jalanan pantura menjadi basah, siluet pantulan lampu menghiasi jalanan menandakan licinnya aspal, perjalanan di pantura kali ini hanya ditemani truk-truk saja, tidak ada lagi pertunjukan balapan bus seperti dulu. Tampak air bergejolak di sekitar roda truk yang berputar, pemandangan luar yang basah kuyup, bergejolak, bertolak belakang dengan suasana di dalam bus yang tenang, ditambah lagi dengan pembawaan sopir yang santai, dengan akselerasi seperlunya, saat turunan juga bus seperti hanya meluncur saja tanpa perlu di gas/ngglender saja, keputusan manajemen yang tepat dengan kondisi sudah terbangunnya tol seperti saat ini. Kombinasi ini memang cocok buat istirahat, namun, ada satu yang tidak mendukung, suspensi bus ini masih hanya mengandalkan suspensi daun untuk menerjang tol yang sebagian besar masih berupa beton yang tidak semulus aspal pantura.


23:00 WIB
Masuk Gerbang Tol Kandeman
Setelah menikmati pantura sejenak, bus kembali masuk tol melalui gerbang tol Kandeman. Sekarang lah saat yang tepat untuk menguji kursi bus ini, apakah saya nanti bisa tidur nyenyak? atau hanya tidur ayam ayam saja?.2

Pertama-tama memang saya tidak bisa tidur gara-gara kebelet pipis, setelah bolak balik pipis sampai 2 kali, mencoba tidur kembali, posisi kaki selonjor, diluruskan di atas footrest model meja, ternyata...

tetap tidak bisa tidur juga ternyata, hmmm

akhirnya kaki coba diposisikan di bagian bawah saja, bertopang pada footrest bagian bawah, eh ternyata posisi inilah yang berhasil membuat saya tertidur, dan terbangun nanti di Jawa Barat.

Saya berhasil tidur sekitar jam 00:00 WIB, bangun jam 03:00 WIB. jadi hanya dapat 3 jam saja, sebenarnya masih kurang ideal, karena idealnya tidur jam 21:00 WIB, tapi capaian ini masih lebih bagus daripada sebelumnya2 yang hanya tidur-tidur ayam.
Jadi penasaran bagaimana sopir mengatur istirahatnya ya.


Kekurangan Bantal Leher
Saya juga mencoba tidur menggunakan bantal leher, namun karena belum ada tali pengikat, jadinya sering bantal jatuh saa dipakai seperti gambar ini.


02:50 WIB
Pasar Induk Cikopo
Bangun bangun ternyata bus sudah dalam posisi berhenti di Cikopo, disini ada pergantian sopir,

Sensasi tidur bagaimana? apa bisa nyenyak?
pengalaman yang dirasakan, saya ternyata lebih bisa tidur nyenyak dengan posisi kaki berada di footrest bawah daripada footrest di atas meja, karena kalau footrest di atas, tumpuan beban tubuh lebih terfokus di bagian bokong, jadinya bokong lebih cepat panas, kesimpulan sementara, footrest yang paling cocok itu footrest seperti bus sebelumnya1, namun dengan modifikasi lebih lebar, karena penopang tubuh bisa lebih merata terbagi antara bokong dan kaki.



03:20 WIB
Exit Tol Badami, Karawang Barat, disini penumpang yang turun langsung disambut oleh banyak ojek offline yang menawarkan diri, dengan menaiki motor, mereka langsung mendekati penumpang yang baru saja turun.

03:45 WIB
GT Bitung

04:20 WIB
Auri, Pulo Gadung

04:30 WIB
Finish Terminal Pulo Gebang, Lama perjalanan hampir sama dengan perjalanan sebelumnya1, saat arus balik nataru, hanya lebih cepat 30 menit.

Sensasi kursi footrest meja kombinasi 26 seat
ternyata untuk tinggi saya sekitar 165 cm, kaki tidak mentok, dan bisa selonjor, lebih lega daripada kursi-kursi di bus sebelumnya2 & 3,
namun sayang sekali, ternyata bagi saya, model seperti ini masih kurang cocok, saya lebih cocok model footrest seperti perjalanan bus sebelumnya.1



Kesimpulan
Agung Sejati 103
Harga Rp.255.000,- Wonogiri Jakarta, Pembayaran via transfer, beli via Whatsap agen


Model Legacy SR2, Hino RK8 Non Air Suspension

Fasilitas
Footrest model terbaru/model meja
Colokan Handphone
CCTV
AC, Toilet
Selimut, Bantal model U



Kekurangan
---Kru merokok
--Belum suspensi udara
-Rumah makan tidak ada kanopi, jadi kalau hujan bakal kehujanan
-Jam makan malam yang terlalu malam (jam 22 malam)
-Bantal model U, akan lebih maksimal menopang kepala bila ada sambungan talinya, karena bila tidak ada tali, maka akan lebih rawan jatuh
-Belum ada kartu/stiker bagasi
-Walau sudah 26 seat, ternyata berdasarkan pantauan, masih belum bisa reclining full, jika di reclining seat full, terpantau kaki penumpang di belakang harus menekuk.

Kelebihan
+Speed santai, mendukung sekali buat tidur
+Variasi makanan termasuk kategori mewah, bahkan bisa pesan menu sesuai pilihan
+Kombinasi hanya 26 seat, menjadi yang terlega diantara PO lain yang memakai kursi dengan footrest meja

Akhir kata terima kasih kepada para pembaca sekalian dan kru yang bertugas hingga mengantarkan penumpang sampai di tujuan.


1https://myspacenote.blogspot.com/2024/01/perjalanan-blue-line-bl09-salatiga.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/12/mengulas-perjalanan-po-baru-po-sembodo.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/rosalia-indah-jakarta-salatiga-hdd-464.html
4https://id.wikihow.com/Menggunakan-Bantal-Leher

Read More...

Monday, January 15, 2024

Mencoba Jogging Track Stadion Baru Kebogiro


Selamat pagi kali ini saya akan mereview salah satu Stadion yang masih baru dibangun, yang sekarang masih dibuka untuk umum. Stadion Kebogiro, lokasinya ada di Cepogo, Boyolali, menurut reviu google map, stadion ini terdapat tempat jogingnya juga, nah kira-kira seperti apa kondisinya, khususnya rute jogingnya? yang penasaran silahkan baca terus tulisan di bawah ini.


Mumpung infonya masih dibuka, saya sempatkan mengunjunginya kesana, Saya katakan "mumpung", karena pengalaman melihat stadion-stadion di kota/kabupaten yang lain, di manapun, stadion seperti ini, biasanya tidak dibuka bebas bagi masyarakat umum, biasanya hanya dibuka saat ada pertandingan dengan membayar tiket. Alasan ditutup mungkin karena alasan keamanan, alasan perawatan, maupun karena alasan-alasan yang lain.

Contohnya stadion Gelora Bung Karno, area lari di pinggir lapangan di dalam stadion tersebut tidak bisa dimasuki masyarakat umum yang ingin joging, masyarkat hanya bisa joging di luar stadion, kemudian contoh lain stadion JIS, area joging juga berada di luar stadion, tidak bisa di pinggir lapangannya langsung, Stadion Rawamangun, jalur atletik lari di dalam stadion saat ini juga tidak bisa dimasuki masyarakat umum karena digunakan latihan khusus atlet saja, memang dulunya pernah dibuka untuk umum, saat ini sudah tidak bisa karena area joging dipindah ke area Velodrome.

dan stadion-stadion yang lain, umumnya lokasi joging berada di luar area gedung stadion, tidak persis di samping lapangannya, jadi wajar saja saya katakan "mumpung", mengingat kondisi realitasnya pada umumnya demikian.

Lokasi
saya memanfaatkan google map untuk sampai tujuan, dari Boyolali melalui jalur menanjak. perjalanan memakan waktu kira-kira 15 menit dari kota Boyolali.
sampai di lokasi langsung menuju tempat parkir, tampak dari luar, ada beberapa orang ada yang joging di pinggir lapangan, dan saya lihat pintu stadion ternyata memang benar masih dibuka gratis untuk umum, jadinya bisa langsung masuk.


Jumlah pengunjung
saya mengunjungi sore hari di hari libur, bisa dibilang pengunjung masih sedikit yang memanfaatkan untuk olah raga, hanya beberapa orang yang memanfaatkan untuk joging, beberapa yang lain sekedar foto-foto saja. Terdapat larangan menginjak rumput, namun masih ada juga pengunjung yang nekat menginjak rumput untuk berfoto, ya mungkin kalau banyak pengunjung tipe seperti ini, tidak menutup kemungkinan bakal ditutup untuk umum seperti stadion-stadion di kota-kota lainnya he he.


Sebelum joging saya sempatkan menuju area lokasi tribun penonton untuk mengambil foto-foto



Panjang lintasan "joging"
lintasan joging berada di sekeliling lapangan dengan panjang lintasan satu putaran sekitar 400 meter, tekstur lintasan berupa tanah berwarna merah seperti pasir, jalurnya memang sudah rata, tidak ada terrain tanah yang naik turun yang berpotensi menyandung kaki,sebenarnya lintasan ini bisa dikatakan bukan lintasan yang diperuntukan untuk joging, karena alasan di bawah ini.


Papan reklame
sepanjang jalur tersebut, telah digunakan untuk menaruh papan sponsor yang memakan lebar kurang lebih 0,5 meter, kenapa bisa sampai 0,5 meter? karena bagian bawah papan sponsor tersebut terdapat besi penopang melintang sebagai pijakan, tentunya bila jalur ini dipakai joging, bisa berpotensi menyandung besi tersebut. Untungnya pengunjung masih sedikit, jadinya masih bisa mengambil jalur agak ke tengah, jika sudah banyak pengunjung, maka menjadi tidak recomended. sekali untuk menjadi lokasi joging., karena jika kebanyakan pengunjung, tidak menutup kemungkinan mereka yang menyalip akan mengambil area rumput yang tidak boleh diinjak karena bisa rusak.


Jalur pojokan yang tajam
alasan kedua jalur ini bukan jalur jogging, yaitu tikungan yang terlalu tajam untuk ukuran jalur joging, ya namanya juga hanya lahan area untuk sepak bola, jadi bentuknya juga mengikuti lapangan, di pojokan, belok ya belok saja tegak lurus, namun bagi saya pribadi yang jogingnya pelan, hal ini tidak menjadi masalah ya.


Melihat realita tersebut, dapat disimpulkan, 99%, ini bukan jalur yang diperuntukkan untuk jogging ya, namun lebih diperuntukan sebagai area pinggir lapangan, kemungkinan demi memenuhi standar lapangan sepak bola FIFA, untungnya sampai sekarang masih dibuka untuk umum, jadinya masih bisa digunakan untuk joging dan foto-foto.

Lebar pinggir lapangan
sisi utara dan selatan jalur ini cukup lebar, sedangkan jalur joging sebelah barat relatif lebih sempit, hanya muat 3 orang saja, dengan kondisi sudah ada papan reklame.

Lain-lain
Parit di pinggir lapangan
Di sekeliling pinggir lapangan terdapat parit yang di atasnya sudah ada jaring pengaman, namun jangan salah, jaring tersebut terlihat hanya untuk pengaman agar bola tidak jatuh ke parit saja, bukan didesain untuk menopang tubuh manusia.




Biaya sewa lapangan
Apakah lapangan ini bisa disewa? saya lupa menanyakan, silahkan datang sendiri yang pengen





Udara
Karena lokasinya jauh dari jalan raya, jadinya tempat ini aman dari asap knalpot



Gratis?
Saat ini masih gratis, bahkan bisa naik ke tribun penonton, hanya tribun timur yang ada kanopinya yang dikunci.


Kekurangan
Sudah ada toilet di setiap tribunnya, namun sebagian besar dalam kondisi terkunci, hanya toilet di tribun barat yang tidak dikunci, namun sayang sekali, setelah saya cek, ternyata masih belum ada airnya. Jadinya, bila anda pengen kesini, sebaiknya mampir pom bensin dulu untuk pergi ke toilet.

kalau melihat tempat umum yang sudah ada, biasanya toilet harus membutuhkan petugas kebersihan, karena jika tanpa petugas kebersihan, tidak semua orang bisa menjaga kebersihan, seperti membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya, mungkin karena pertimbangan tersebut, toilet ini masih belum dibuka.

Lampu stadion belum terpasang

seperti tampak di gambar, meskipun sudah ada tulisan lampu sudah selesai dibangun Desember 2023 yang lalu, namun bisa dicek pada gambar yang lain, terpantau lampu sorot stadion masih belum terpasang, masih hanya stand/tiangnya saja


Beberapa cor mengalami pecah

seperti tampak pada gambar, ternyata beberapa cor sudah mengalami retak bahkan sampai pecah, namun secara umum memang masih bisa digunakan untuk menonton ya.



Belum ada area khusus pedagang,
terpantau pedagang mengambil lokasi dagang seadanya di luar stadion, ya memang karena masih sedikit baik pengunjung maupun pedagang, tidak menutup kemungkinan jika sudah ramai, pastilah muncul banyak pedagang yang berjualan yang berpotensi berdesakan.

menurut saya, secara umum, untuk saat ini, tempat ini masih bisa dipertimbangkan bagi yang pengen olahraga jogging, karena jalurnya rata, jauh dari jalan raya, dan pengunjung juga masih sedikit, masih bisa lah untuk menyalip, bonusnya bisa melihat langsung dari dekat rumput yang diklaim merupakan rumput khusus berstandar internasional 1

Referensi
1https://www.antaranews.com/berita/2589973/stadion-bertaraf-internasional-kebogiro-di-boyolali-siap-digunakan
Read More...