Monday, May 16, 2022

Rosalia Indah Salatiga Kediri



Alternatif pilihan
Sebenarnya untuk menuju Kediri dari Salatiga ada beberapa alternatif pilihan yang bisa ditempuh,
Naik Kerta Api
pertama naik kereta Solo Kediri, namun kita harus melakukan perjalanan menuju ke Solo yang bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di stasiunnya, yaitu bisa dari stasiun Purwosari, Balapan, atau ke timur lagi stasiun Jebres, waktu tempuh Keretanya sendiri adalah 3 jam, kemudian dari Kediri ke tempat tujuan kurang lebih setengah jam, jadi totalnya kasar 5,5 jam. namun karena pertimbangan persyaratan yang ribet, dan barang bawaan yang banyak, opsi naik kereta saya tutup.

Sedangkan jika naik dari Jogjapun jaraknya juga lumayan jauh

Naik Bus Oper
Dari Semarang bisa naik bus Solo Semarang, turun di Tirtonadi, Busnya pun sebenarnya tersedia 24 jam di jalur ini, namun jalur yang ditempuh tanpa melalui tol, sampai Solo bisa naik bus ekonomi Sumber Selamat, Mira, atau bus Non Ekonomi Sugeng Rahayu dan Eka, Turung di Terminal Anjuk Ladang, lalu naik lagi bus Kawan Kita jurusan Nganjuk Kediri, kelebihan bus oper ini tentu tarifnya bisa lebih murah, namun waktu tempuh menjadi paling lama, Salatiga Solo 2 jam, Solo Nganjuk bisa 3 jam, Nganjuk Kediri bisa 1,5 jam, jadi secara kasar waktu tempuh adalah 7 jam, an, untuk biaya dari Salatiga ke Solo kurang lebih 20 ribu, Solo Nganjuk sekitar 50 ribu, Nganjuk Kediri sekitar 20 ribu, kasarannya 100 ribu tanpa makan.

Naik Sepeda Motor
Opsi ini tidak diambil karena memang tidak ada armada motor yang tersedia, kelebihannya memang bisa berangkat fleksibel, dan waktu tempuh yang singkat, sekitar 5 jam,

Naik Bus Langsung,
Akhirnya pilihan jatuh pada Bus Rosalia Indah yang ternyata menyediakan pilihan rute tersebut, bisa dicek di websitenya saja langsung.

Pesan tiket
Pesan tiket via website Rosalia Indah ini memang ada sedikit trik yaitu kita harus cari kota tertentu saja untuk menuju Kediri, misalnya jika kita cari asal dari Terminal Boyolali, maka kalian tidak akan menemukan bus yang dicari, tapi kalau kota asal diisi Salatiga, tujuan kediri, maka pilihan bus akan tersedia, karena memang letak terminal Boyolali ini jauh dari pintu tol, sehingga harus naik dari Kartasura.
pesan tiket melalui website rosalia indah, ternyata untuk keberangkatan 4 hari ke depan hanya menyisakan 10 persen dari kapasitas total kursi, dan itupun yang tersisa hanya kursi bagian tengah dan belakang, akhirnya langsung gas klik menu pembelian yang dilanjutkan pembayaran. jadwal di tiket pukul 18.00 WIB dari Terminal Tingkir. Kode di tiket tertera TG 401, yang ternyata adalah mengacu pada bus Tegal (saya kira kode kota Tulungagung).
yang penting dalam pemesanan ini adalah mencatat kode booking untuk monitoring pemesanan. Namun karena saya kali ini lupa tidak mencatatnya jadi saya harus konfirmasi ke Agennya langsung.

Bayar tiket
Untuk harga tiket dari Salatiga ke Kediri adalah Rp.160.000,-, dengan fasilitas makan malam, akua sedang. Pembayaran dilakukan melalui halaman khusus dari website pihak ketiga yaitu, midtrans, pembayaran via online ini dikenakan tambahan biaya RP.3500,-. jadi nanti yang ditransfer adalah sebesar harga tiket ditambah biaya tambahan tersebut. selesai melakukan pembayaran. Sayapun berhasil melakukan pembayaran.

Konfirmasi Agen
Karena saya tadi lupa koode bookingnya, maka saya tidak bisa memastikan nama saya sudah masuk di manifes penumpang atau belum, maka harus menuju agen untuk melakukan konfirmasi, ternyata WA dan Telepon tidak terhubung, datang langsung dan ternyata nama saya sudah ada di daftar manifest, langsung ambil tiket sekalian kupon makannya, untuk nomor Bus belum bisa didapat. Jadwal bus jam 18.00 WIB, tapi oleh agen diminta siap jam 17.30 WIB, waktu yang pas sekali, karena jam sholat maghrib sekitar 17.30 WIB juga, jadi nanti Sholat Mahrib di Mushola Terminal.

Berangkat menuju Terminal Tingkir
17.30 WIB
Sampai di Terminal Tingkir langsung menuju agen, dan mendapatkan kode bus yaitu HDD 455, saya tanya bus ternyata baru Sampai Krapyak Semarang, pertanyaan yang harusnya gampang di jawab agen, karena setahu saya Agen diberi hak akses posisi gps bus. Sambil menunggu saya melaksanakan sholat mahrib dahulu di Mushola terminal yang terletak di pojok tenggara terminal, dekat dengan agen Sinar Jaya. Terlihat di dalam terminal ada pengerjaan proyek yang bila kalian cari di Youtube kalian akan menemukan akan diapakan terminal Tingkir ini, yang jelas pasti gedungnya tambah berliku-liku apakah akan menambah ribet calon penumpang karena harus berjalan jauh ke ruang tunggu yang biasanay juga ujung-ujungnya penumpang nunggnya pas di dekat parkiran bus, ataukah lebih simpel. kita lihat saja hasilnya jika sudah jadi ya.

saat menunggu itu pula terlihat beberapa bus parkir lama ngetem, entah itu menunggu apa, mungkin menunggu tambahan penumpang. Melintas pula bus terbaru Rosalia Indah yang ditandai dengan livery samaran double deecknya, jurusan Palembang.

Bus tiba di Terminal
Bus tiba di Terminal pukul 18.30 WIB, dengan kode HDD 455, bermesin mercedez benz entah 1525 atau 1626 atau 1526, yang jelas mercedes bens dari raungan mesinya yang khas. Untuk ukuran menunggu bus bukan dari pool, datang dengan selisih 30 menit dari jadwal tiket terbilang masih wajar telatnya. karena nyatanya sampai sekarang ada bus yang telatnya sampai 1 atau 2 hari barulah itu tergolong tidak wajar, apakah ada jembatan putusa kok sampai telat 1 2 hari, ok to kita back to the topic ya.

Bus menggunakan topi dengan tipe sasis HDD, menggunakan per daun, alias bus HD yang dikasih topi jadi HDD namanya, di dalamnya ada fasilitas pijakan kaki depan yang nyaman bagi beberapa orang, karena ada beberapa orang jika kaki tidak diganjal, maka kaki akan menggantung, sementara beban tubuh numpuk di paha sehingga membuat sakit kaki, fitur yang sangat worth it di antara para pesaingnya. toilet berbentu toilet jongkok, jadi terasa lebih luas, reclining seat, serta uniknya bus ini, untuk jalur jalan di tengah terlihat ada undakan yang lebih rendah, sehingga orang tidak nyundul atap ketika berjalan di tengah. kemudian ada penyangga siku tangan, atau arm rest, satu bantal, tidak ada selimut, jadi anda harus siap jaket dan memakai kaus kaki agar tidak kedinginan AC.



Perjalanan
Berikut catatan rincian perjalanannya

Rosalia indah hdd 544 Tingkir Kediri

18.30 start tingkir
Bus langsung menuju gerbang tol salatiga, untuk gaya mengemudi sopir terasa bertenaga, gaya tarik gasnya lebih mirip khas bus jatiman dengan rpm tinggi pada setiap giginya, menghasilkan daya tarik ke depan yang relatif lebih cepat, tapi tetap masih dalam batas yang wajar. Kru yang bertugas malam itu di luar perkiraan ternyata hanya dua orang sopir, tidak memakai kernet, pramugara,atau bahkan pramugari bus seperti jalur yang lain. Tapi hal itu tidak terlalu masalah, karena memang rute yang dilalui penuh dengan jalan yang membuat bus polah miring kiri dan kanan.

19 .00 Gerbang Tol colomadu
Keluar tol langsung disambut kemacetan jalur Kartosuro, bus ini langsung bablas ke timur, tanpa masuk terminal Kartasura, karena memang jamnya sudah diperbolehkan lewat kota.

19.45 tirtonadi
Bus hanya numpang lewat saja, lalu bus menuju Agen Gilingan Solo menaikkan beberapa penumpang, untuk ukuran kegiatan menaikkan penumpang, bus ini tergolong cekatan, tidak membuang-buang waktu di agen, begitu penumpang naik, langsung dicek, langsung berangkat. Hal ini bisa saja karena memang adanya Gps yang bisa dipantau agen, jadi sewaktu bus sudah dekat, agen memanggil calon penumpang bersiap berdiri di titik dekat pintu bus berhenti, jadi sangat efisien dan tidak membuang-buang solar.

20.15 Garasi palur
Bus lanjut menuju Palur ke arah timur, sempat ketemu Haryanto dari arah Karanganyar, ketemu juga Rombongan pariwisata di depan Palur Plaza, entah apa nama Po nya. Masuk Garasi Palur, disini saya kira mendapatkan servis makan ternyata hanya menaikkan beebrapa penumpang saja.

20.25 sd 20.40 nyolar di SPBU Palur
disini nyolar sekitar 15 menitan, karena sudah tidak tahan lapar, beberapa penumpang ada yang turun menuju minimarket membeli beberapa cemilan untuk mengganjal perut, selesai nyolar bus melanjutkan perjalanan ke Timur masuk pintu tol Palur



21.25 kluar tol ngawi mSuk terminal ngawi menaikkan penumpang

22:05-22.35 Istirahat di Rumah Makan Sederhana di Caruban
Keluar Melalui Gerbang Tol Madiun, ke arah Timur, keputusan yang tepat menurut saya daripada keluar pintu tol Caruban harus muter2 melalui jalur bus, jika keluar Tol Madiun langsung ketemu jalur arteri tipe luar kota yang biasanya memang lebih lancar, ke arah Carubanya, berbeda jika keluar pintu tol Caruban maka nanti ketemu jalur tipe jalur kota yang tentunya penuh dengan lampu merah dan lebih macet,

Setelah itu bus berbelok ke Rumah Makan Sederhana, dengan gaya Rumah Makan Padang, namun memiliki parkiran yang luas, entah sejak kapan Rosalia Indah ini kerja sama dengan rumah makan ini, karena memang saya baru pertama kali menginjakkan kaki di rumah makan ini.
Saya pun menyiapkan kupon dan tiket yang nantinya diserahkan ke petugas, kupon diserahkan, sedangkan tiketnya discan menggunakan smartphone, benar-benar canggih ya. Kemudian antri untuk mengambil makanan sendiri, namun beberapa lauk seperti telur sudah diberikan tulisan untuk membatasi, tidak masalah karena kalau kebanyakan makan telur juga dapat menambah obesitas.



saya mengambil sop, kerupuk, telur, dan segelas teh.




Istirahat kurang lebih 30 menit, disini ternyata juga menjadi tempat istirahat makan bus Rosalia Indah Jurusan Malang Purwokerto 2 yang saat ituterlihat ada bus, ada juga Jurusan Malang Tegal kebalikannya bus yang saya naiki.

Selesai istirahat bus kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri jalur tengah yang kita tahu sendiri jam-jam segini adalah jamnya bus-bus bisa melaju dengan kencang, sempat mengekor bus Eka dengan posisi tempel, karena Bus Eka jalannya santai, kesalip di Jalur perbatasan Madiun. Untuk pembawaan sopir kedua ini memang lebih smooth, namun masih ada sensasi miring ke kanan dan kiri efek dari berlikunya jalan, ditambah kondisi jalan yang cukup lengang. Sempat pula disalip Sumber dan seperti langsung menghilang di depan tidak terkejar. Di jalur dengan kondisi jalan yang naik turun dan kadang sampai loncat-loncat rasanya memang lebih pas menggunakan suspensi per daun, karena bila menggunakan suspensi udara, kemungkinan akan lebih cepat jebol, dan benar saja untuk suspensi udara biasanya dipakai PO Bus dengan rute yang sebagian besar melalui jalan tol, namun itu semua kembali ke kebijakan masing-masing PO, karena kalau penumpang akan tetap memilih suspensi udara, walaupun faktor itu hanyalah sebagian kecil saja orang mau naik bus, faktor yang lain masih ada ketepatan waktu, kemudahan pembayaran, servis makan, AC Bocor, Berhenti lama dan lain sebagainya, tentu kalian tahu sendiri jika kalian berposisi sebagai penumpang.

00.15 Sampai di Kediri, turun langsung naik gojek ke tujuan akhir.

Kurang lebih itulah cerita singkat perjalanan kali ini, Perjalanan yang cukup berkesan menggunakan Rosalia Indah, bus cukup kencang, namun masih nyaman, untuk ukuran kecepatan mungkin Rosalia Indah terkencang berada di jalur ini ya, karena memang saingannya adalah bus bus Jatim yang punya ciri khasnya sendiri. sekian terima kasih, yang sudah membaca.




Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]