Thursday, February 2, 2023

Pengalaman Pindahan Antar Pulau Menggunakan Jasa Kargo APM Logistic



Sebenarnya untuk pindahan, caranya cukup mudah, tinggal datang ke agen kurir barang pindahan terdekat yang saat ini sudah banyak tersedia jasa layanan pengiriman paket. Bisa melalui JNE, TIKI, JNT, Wahana, Indah Cargo, atau jasa kiriman yang lain, Kali ini saya akan menceritakan pengalaman menggunakan jasa pindahan APM Logistis pindah antar pulau. APM Logistik, nama yang sulit diingat, dan juga saya sendiri belum pernah mendengarnya, lalu darimana saya menemukan jasa kargo ini?, bagaimana pengalamannya?, silahkan baca terus artikel di bawah ini.


Pencarian jasa pindah
Awal mula, saya mencoba mencari jasa pindah melalui google dan munculah nama nama calon seperti deliveree, Indah Cargo, dan lain sebagainya. Pencarian di google saya coba arahkan pada situs pribadi blogspot dengan menggunakan kata kunci "pengalaman pindahan site:blogspot.com, kenapa harus seperti itu? karena memang pencarian google jaman sekarang lebih banya menghasilkan situs iklan, sudah jarang hasil pencarian google yang mengarah pada pengalaman pribadi yang ditulis oleh seseorang di sebuah blog, jadinya harus saya tambahkan dengan kode site:blogspot.com agar yang muncul hanya dari situs blogspot saja. Hal ini wajar ya, saat ini netizen penulis blog tidak sepopuler di tahun 2010 an, saat ini netizen lebih cenderung menggunakan media youtube sebagai tempat menuangkan karyanya.

Back to the laptop, Hasil pencarian di atas, saya akhirnya menemukan sebuah blog yang menceritakan pengalaman pindahan dengan menggunakan jasa dari Indah Logistic kargo. Saya tertarik pada bagian layanan pengepakan dan layanan memasukkan ke dalam kardus seperti yang diceritakan pada blog tersebut. Akhirnya saya mencoba mendatangi salah satu kantor Indah Logistic untuk bertanya-tanya mengenai jasa pindahan dan untuk menghitung perkiraan biaya. Namun karena sulitnya memperkirakan perhitungan biayanya, maka saya meminta dilakukan survei terlebih dahulu ke tempat saya berapa kira kira biayanya.

Tibalah saat hari survei, yang ternyata orang yang datang ternyata bukan dari Indah Logistic, namun dari APM Logistics, entahlah ini sama apa beda, apa ada hubungan anak bapak, entahlah saya tidak tahu, yang penting survei bisa dilakukan dan estimasi bisa dihitung, dengan layanan berupa pemasukan ke dalam kardus dan pengepakan, serta janjian kapan pengambilan barang pindahannya.

Berpa biayanya?
Petugas hanya melihat saja dan langsung mengestimasi biayanya 3,5 juta rupiah.

Salah kaprah pengepakan
H-1 penjemputan
Petugas penjemput mengkonfirmasi apakah besok jadi dijemput barangnya, namun setelah saya tanyakan apakah juga membawa peralatan pengepakan seperti kardus, ternyata jawabannya tidak membawa, menurut informasi ybs pengepakan dilakukan di kantor, padahal sesuai janji di awal bisa sekalian dilakukan pemasukan ke kardus ya, yasudahlah, akhirnya, hari itu juga saya langsung mencari kardus bekas dan segera melakukan pengepakan sendiri.

Hari H Penjemputan
Untuk penjemputan, APM ini bisa kita rekuest waktu penjemputan barangnya, mencocokkan dengan tanggal tiket berangkat orangnya. Saat itu yang datang ada 3 orang, dengan salah satu sebagai sopir, dua yang lainnya sebagai kuli angkut. Pengangkut menggunakan mobil box, sehingga cukup terlindungi, dan tidak perlu repot memasang terpal. Barang langsung diangkut ke truk begitu saja, tanpa dilakukan pencatatan atau tulisan dan tanda tangan, ternyata pendataan nanti dilakukan di kantornya. Jadi memang kita sebagai pengguna harus inisiatif sendiri ya, atau kalau tidak sempat bisa mengambil gambar semua barang yang terangkut di truknya.

Pembayaran
Petugas yang tadinya survei juga datang untuk melakukan transaksi pembayaran, pembayaran dilakukan secara cash dengan kuitansi seadanya, tanpa logo nama kargonya, dan juga tidak ada tanda tangan yang petugasnya.



Pengepakan di Kantor
Di kantor dilakukan pengepakan kayu untuk barang elektronik seperti tv, serta piring dan gelas, sedangkan alat elektronik yang sudah ada kardusnya ternyata tidak perlu dipak kayu. Beberapa rak plastik juga dilakukan pengepakan agar lebih ringkas. Motor juga dilakukan pengosongan bensin dan dibungkus kardus seperti kiriman motor pada umumnya. Kasur juga dibungkus plastik. Kompor dibungkus kardus.
Untuk keamanan mencegah kebakaran biasanya tangki bensin dikosongkan, dan juga untuk kompor biasaanya posisi gas dibuka, agar nanti saat diangkutlebih aman, memang nantinya barang-barang tersebut akan dimasukkan dalam box yang tentu suhunya bisa saja tinggi.



Pengiriman
Pengiriman jasa kargo ini sudah menggunakan nomor resi yang bisa kita traking.


Barang sampai tujuan
Sekitar 5 hari sejak keberangkatan, Alhamdulilah akhirnya barang sudah sampai dengan selamat, dan juga barang diantarkan sampai dalam rumah tujuan. jadi tidak hanya diantarkan sampai depan pintu rumah saja ya.
Namun setelah dibongkar memang ada beberapa tiang rak plastik yang hilang dan beberapa roda container box hilang, bantal dan besi jemuran tidak sampai, entah karena menyesuaikan perhitungan atau tercecer, namun hal tersebut memang bisa dibilang tidak terlalu signifikan, secara umum barang-barang sudah sampai dengan selamat.


Keismpulan
- APM Logistic tidak melayani pengepakan di lokasi rumah, pengepakan semua dilakukan di kantornya, jadinya bila kalian menggunakan jasa ini, lebih baik persiapkan sendiri kardus dan juga sekalian paking menggunakan lakban.
-Tandai juga kardus yang berisi barang mudah pecah seperti piring, barang elektronik
- Sesuai pengalaman saya, bila anda menggunakan container box, roda Container Box sebaiknya dilepas saja saat pindahan, karena mudah terlepas dan hilang saat pindahan, roda container box ini ternyata juga susah dicari, tidak dijual di toko-toko
- Sebaiknya beri label dan daftar isi setiap box secara mandiri, walaupun nantinya juga akan diberi label dari kargonya
- Kalaupun tidak sempat melabeli, bisa kita foto barang saat sudah terkumpul jadi satu di truk pengangkutnya
- APM Logistic sudah menyediakan layanan tracking
- Menyediakan layanan angkut dari dalam rumah sampai dalam rumah, jadi tidak hanya door to door

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]