Friday, April 17, 2020

IMEI Handphone

IMEI
Apa itu IMEI? namanya saja kayak nama orang, Mei Mei siapa y? hehe

secara gampangnya IMEI itu adalah identitas unik suatu barang, karena untuk membedakan antara HP satu dengan HP yang lain dengan tipe yang sama, kan kasihan HPnya kalo tipenya sama, udah cape cape dibikin tapi ga punya identitas unik buat mbedain satu dengan yang lain. kode ini bukan Indonesia yang bikin, tapi dari pabriknya sono baik dengan tata cara yang diatur secara internasional.

Jadi kalo di kita ada kata-kata registrasi IMEI rasanya kurang tepat y, harusnya pendataan IMEI, kalau kata-katanya registrasi IMEI, seolah-olah IMEInya belum ada nomernya, padahal kan aslinya udah ada nempel di HP, misalnya saja kita registrasi email berarti awalnya kita belum punya email, lalu melakukan registrasi email untuk membuat email, begitu juga registrasi nomer antrian, kita kan awalnya belum ada nomer antrian, sehingga kita perlu registrasi nomer antrian untuk mendapatkan nomer antrian, jadi kata-kata registrasi seharusnya digunakan untuk suatu hal yang sebelumnya belum ada di kita.

Sebenarnya IMEI itu buat apa? mengapa perlu ada identitas khusus untuk barang? pertanyaan ini juga bisa terbesit pada kita manakala kita melihat nomor rangka kendaraan, sebenarnya nomor itu untuk apa?

manfaat salah satunya adalah menghindari pencuri menggunakan ponsel curian, manakala pemilik asli melaporkan ke provider bahwa HPnya dicuri, maka provider akan memblokir IMEI HP tersebut hingga HP tersebut tidak dapat digunakan baik untuk telepon maupun internet. Jika yang diblokir kartu GSM nya kan percuma, si pencuri masih bisa ganti kartu, kalau yang diblokir HPnya palingan cuman bisa dipake poto poto aja. bagaimana cara membuktikan HP yang dicuri itu milik dia? silahkan komentar di bawah ya.

IMEI ini juga bisa dimanfaatkan Negara dengan bekerja sama dengan operator seluler, misalnya kalau IMEI HP orang belum masuk di data negara, maka HPnya diblokir, namun ada juga Negara yang ga terlalu memanfaatkan IMEI HP untuk melakukan semacam pemblokiran, dan lain sebagainya.
Akhir-akhir ini Pemerintah mulai menggunakan IMEI HP ini untuk melakukan pendataan mana yang udah bayar pajak mana yang belum, jika IMEInya tidak ada di data negara maka dianggap belum bayar pajak dan bisa diblokir. makannya kalau kalian beli HP, komputer genggam, atau tablet, kalian harus pastiin IMEInya kedaftar ke negara, biar bisa dipakai di dalam negeri.

IMEI dalam satu HP bisa saja dua, hal ini tergantung jumlah slot SIM Card yang tersedia, kalau slotnya 4 ya IMEInya empat, tapi jaman sekarang apa ada yang slot SIM nya sampai empat?

silahkan coment yang tau ya? kalau slotnya
Apakah dengan data IMEI, pemerintah bisa melacak posisi seseorang? silahkan yang tau komentar.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]