Tuesday, May 14, 2019

Tutorial Membuat Model Sederhana ETS2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, kali ini saya ingin menunjukkan pada kalian tutorial membuat model yang amat sangat sederhana untuk game ETS2, dimana berawal dari sini model tersebut bisa kalian kembangkan dalam pembuatan model map kedepannya. Tutorial ini saya buat selain agar bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian juga sebagai pengingat saya sendiri mengenai apa yang sudah dipelajari biar tidak lupa. OK langsung saja lanjutkan baca terus di bawah ya.

Pertama kali tentu kalian sudah harus tau dulu apa itu game ETS2, dimana game ini adalah game truk yang bisa dimodifikasi sedemikian rupa dengan berbagai macam modifikasi mulai dari kendaraan yang kalian bawa, sampai pada map alias jalur jalan, kota beserta pernak-perniknya. Jadi disini saya asumsikan kalian sudah pernah mencoba ETS2 lah ceritanya. ceritanya kalian udah main berkali-kali dengan game tersebut lalu kalian pengen memodifikasi map bawaan ets tersebut, nah untuk memodifikasi map tersebut sudah saya berikan tutorial edit map ets2 pada postingan ini, lalu kalian pengen mengedit dan model-model map sehingga map kalian punya citarasa sendiri. ok silahkan lanjut baca perlahan-lahan.

Jadi pertama-tama secara garis besar pembuatan model baik dari UKTS, maupun ETS2 memiliki kesamaan pokok, yaitu
1. Pembuatan model
2. Pembuatan texture
3. Pelekatan texture pada model
4. Pembuatan struktur khas SCS Mod
5. Penamaan model di aplikasi 3d atau bahasa Inggris yang keren itu sering disebut "root object"
5. Export
6. Cek File (pmd=>mat=>tobj=>dds)
6. Packing

Tutorial kali ini digunakan pada ETS2 versi 1.34. Pertama-tama kalian siapkan bahwan
1. Blender, disini saya menggunakan blender versi 1.79, caranya googling saja lalu pilih installannya (ditandai dengan ekstensi file .exe) atau juga bisa langsung pilih file zipnya (ditandai dengan ekstensi file berupa .zip) sesuaikan juga dengan versi bit komputer kalian apakah 32 bit atau 64 bit (ini apa? silahkan googling dengan kata kunci "versi bit komputer")
2. Siapkan aplikasi convert Easy2Convert PNG to TGA untuk menyiapkan texture dalam format TGA, karena kalau tidak dalam format TGA kemungkinan bisa eror saat export, cara tinggal kalian googling saja aplikasinya
3. Siapkan Convertion Tools ini juga bisa kalian googling sendiri atau langsung menuju situs ini (https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Tools/Conversion_Tools)
4. Siapkan Blender Tools silahkan cari di google sendiri karena sudah disediakan oleh SCSnya
(https://modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Tools/SCS_Blender_Tools/Download)

Langkah selanjutnya adalah menginstal masing2 aplikasi di atas

Install Blender(ingat bedakan antara Blender dengan Blender tools, ini adalah dua aplikasi yang berbeda ya)
Blender ini disini adalah blender yang nomor 1 di atas, jika versinya berekstensi exe berarti kita instal, jika berekstensi zip, ya tinggal kita ekstrak menggunakan winzip atau winrar. ini tergantung pas download tadi kamu pilih yang versi portable atau install, sebagai contoh blender yang saya gunakan adalah portabel dan saya sudah mengekstraknya pada alamat ini
E:\Program\Blender\blender-2.79a-windows64

Install Program Easy2Convert, sebagai contoh punya saya saya install dan otomatis tersimpan di program files di drive C

Install/Ekstrak Convertion Tools, contoh punya saya saya letakkan di E:\Program\scs modding\conversion_tools_2_7

Install/Ekstrak Blender Tools di komputer kalian, sebagai contoh, hasil ekstrak punya saya sudah saya instal di E:\Program\scs modding\BlenderTools-1.11 dengan ukuran kurang lebih 200 MB


Langkah selanjutnya copy folder io_scs_tools dari Blender tools lalu pastekan di folder addon blender
dalam hal ini berarti saya mengcopy folder io_scs_tools dari
E:\Program\scs modding\BlenderTools-1.11\BlenderTools-1.11\addon
lalu saya paste ke sini
E:\Program\Blender\blender-2.79a-windows64\2.79\scripts\addons

Langkah selanjutnya adalah kita buka aplikasi blender
1. Pilih File-User preference-ketikkan "scs" pada kolom pencarian, lalu enter, di sebelah kanan kita centang "import export SCS Tools
terakhir save
Gambar 1

2. Masuk menu scene lalu isikan SCS Project base path dan Convertion Tools pathnya
Gambar 2
Base path ini dalam hal ini punya saya saya isi dengan alamat sbb:
C:\Users\ASUS\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\BasePim\
(jadi sebelumnya saya buat folder sesuai alamt ini)

sedangkan convertion tools punya saya saya isikan alamat ini
E:\Program\scs modding\conversion_tools_2_7\
(ini sesuai dengan dimana program conversion tools tadi saya instal)


Setelah semuanya sudah siap, maka kita akan memasuki tahap pertama pembuatan model sebagaimana saya sebutkan di atas yaitu
PEMBUATAN MODEL
kali ini saya buat model yang sangat sederhana saja, yaitu sebuah kubus seperti tampak pada gambar, disini kamera dan cahaya saya delete saja agar, bersih, sehingga hanya tersisa kubusnya saja, untuk mendelet dua objek tersebut, pada mode objek mode, kalian bisa klik kanan, lalu tekan shift, klik kanan objek satunya lalu tekan x untuk delete, pilih OK,
gambar 3
baik model yang kita gunakan adalah model segini saja dulu, untuk model yang njlimet kalian bisa belajar sendiri. kita masuk tahap kedua

PEMBUATAN TEXTURE
disini kita pokoknya bikin file berupa tga yang dapat kita tempuh dengan membuat gambar dalam bentuk png dulu lalu kemudian kita convert menjadi tga, jangan lupa juga ukuran pixel gambar harus menggunakan ukuran pangkat 2, yaitu ukuran dalam kelipatan pangkat 2, misalnya 2, 4, 16, 64, 256, 512, 1024, dst, baik panjang maupun lebar, karena jika ukurannya tidak demikian akan terjadi kasus model yang punya texture yang melar. setelah jadi file tga nya kalian tempatkan di dalam struktur base path, dalam hal ini folder base path saya adalah sebagaimana tertulis di atas,
C:\Users\ASUS\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\BasePim\model\rumah2, disini saya menambahkan dua sub folder lagi yaitu folder "model" dan "rumah2" hal ini terserah kalian juga yang penting posisinya ada di dalam folder base path.

PELEKATAN TEXTURE PADA MODEL
Kembali lagi ke aplikasi blender, kali ini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, cara mengedit texture pada model kubus yang kita buat tadi, silahkan googling sendiri caranya, untuk contoh punya saya maka lakukan klik pada objek, tekan tab sehingga berada pada mode edit mode. sehingga menjadi seperti ini
Gambar 4

lalu klik pojok kanan atas, tekan tahan lalu geser ke samping sampai menjadi seperti ini
Gambar 5

Pilih uv image editor
Gambar 6
di bagian bawah open file tga yang kita buat tadi
Gambar 7

lalu tekan U, pilih Unwrap, atau apalah smart juga boleh, dalam contoh ini saya pilih unwrap
Gambar 8
lalu kalian sesuaikan sendiri posisinya di samping,

untuk mengeceknya kalian bisa tekan ALT+X untuk melihat hasilnya

Lalu pergi ke material, rename material dengan nama material kalian, dalam contoh ini saya namain "rumah2"
Gambar9

scroll terus kebawah pilih shader preset dif_spec,
lalu klik Add vertex color to active, atau all juga boleh,
Gambar 10

lalu scrol ke bawah lagi
isi material texture, texture pilih file tga tadi
sedangkan mapping pilih apa yang ada disitu,
Gambar 11

Langkah selanjutnya

PEMBUATAN STRUKTUR KHAS SCS MOD
Klik add root,
gambar 12
lalu rename menjadi nama file pmd yang diinginkan, dalam contoh ini saya menamainya dengan rumah2
gambar 13

lalu masuk menu object, pada tab scs object specials ubah namanya menjadi vis
gambar 14


TAHAP EKSPORT DAN PACKING
Masuk menu scene isikan alamat "default export path" dengan alamat file pim dan pit nanti yang akan dihasilkan
gambar 15
dalam contoh saya maka saya piilh folder dengan alamat ini
C:\Users\ASUS\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\BasePim\model\rumah2
lalu klik eksport, setelah itu cek di folder tersebut, jika berhasil akan ada tambahan 3 ekstensi dengan masing-masing berupa file pit. pix, dan tobj.


jika sudah berhasil lakukan tahap packing mod
sebelumnya bikin folder def untuk model sehingga menjadi seperti ini
C:\Users\User\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod\BasePim\def\world
di dalam folder tersebut bikin file def dengan ekstensi sii. kalian bisa mengekstraknya dari Base asli ETS2
agar bisa digunakan dengan yang lain namain dengan identitas dirimu.
selanjutnya siapkan file definisi di dalamnya, kali ini saya berikan kesempatan kalian untuk belajar sendiri mengenai def.

balik lagi ke Blender
scroll ke bawah lagi, isikan alamat hasil mod packing dana namanya, centang pada Auto clean
gambar 16, lalu pack mod

buka game lalu cari model bernama rumah2, semoga lancar.




Thanks to ibadfoundation blogspot com

Related Posts by Categories



2 comments :

  1. cara membuat def dgn extensi sii gmn caranya ya mas? terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal ambil punya bawaan game, buka menggunakan notepad plus plus, edit isinya, lalu save

      Delete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]