Sunday, July 23, 2023

Pengalaman Beli XL Store Baru Aktif Setelah 3 Minggu


Ini adalah pengalaman kedua saya membeli di XL Store, namun terjadi sedikit kendala masalah aktivasi, dimana kartu yang saya beli ternyata belum juga aktif paketannya setelah didaftarkan NIK dan KK, padahal pengalaman sebelum-sebelumnya, XL ini eror masalah aktivasi maksimal hanya beberapa jam saja, namun kali ini sampai 3 minggu baru bisa aktif, bagaimana ceritanya?, silahkan simak terus tulisan saya di bawah ya.

Cerita awal
ini adalah pengalaman pembelian saya yang kedua ya, setelah sebelumnya1 berjalan dengan lancar. Namanya juga pembelian online, masalah kecil, penyelesaiannya bisa memakan waktu yang jauh lebih lama daripada offline, ini memang menjadi salah satu kekurangan dari penjualan online di tengah kelebihan-kelebihannya,

kali ini masalah yang saya alami adalah aktivasi paket yang tidak aktif-aktif. Bila saya membeli offline, tentu bila paketnya tidak bisa aktif, saya bisa langsung kembali ke konter hape dan langsung menggantinya dengan kartu yang lain, atau bisa langsung diselesaikan dengan dikembalikan uangnya, namun bila membeli online, tentu syarat mengembalikan barang itu tentu akan lebih ribet biasanya, dari harus memvidiokan saat membuka paket, harus mengajukan komplain, mengisi data ini, data itu, dan lain sebagainya.

Keribetan yang saya alami bukan masalah harus memvideo membuka paket, tapi saat mengajukan komplain ke customer service website xlnya, keribetan-keribetan itu antara lain adalah
saat komplain di chatbox web XL tersebut, ternyata kita harus aktif menjawab chat box tersebut dengan pertanyaan otomatisnya setiap 3 menit, berupa pertanyaan "apakah kakak masih aktif?" bila kelewatan menjawabnya, chat akan otomatis ditutup, padahal tidak setiap waktu kita memantengin chatbox XL ya.

akhirnya lagi, saat kita membuka chat baru, begitu terhubung agen, eh harus kembali menjelaskan dari awal lagi, diminta menunggu lagi, 3 menit kemudian, si CS bertanya apakah masih aktif? begitu terus setiap 3 menit, bahkan bisa sampai 1 jam, dengan ending diberikan tiket komplain.

saya mengalami ini sampai mendapatkan dua tiket komplain.

Solusi yang diberikan CS yaitu, melakukan first action dulu terhadap nomor kita, yaitu telepon, sms, dan memakai data, jadi bila kalian mengalami hal seperti saya, mungkin bisa dicoba melakukan semacam first action ini.

keribetan-keribetan ini sebenarnya memang menjadi risiko pembelian online ya, misalnya dengan pertanyaan setiap 3 menit ini, mungkin si XL mencoba memastikan apakah si customer masih ada, karena kalau ternyata jawaban sudah panjang lebar diberikan, namun ternyata customer sudah tidak ada, kemungkinan dirasakan kurang efektif. Ini kalau dilihat dari sisi XL, kalau dilihat dari sisi konsumen, hal ini tentu ribet ya, namun itu menjadi pilihan juga.


akhirnya setelah 3 minggu menunggu, nomor XL ini aktif juga, dengan jumlah total yang aktif terpantau 62 Giga Paket berupa X Tra Combo Flex XL, lebih banyak daripada sebelumnya1,
dengan rincian
Bonus Kuota 7 GB
Kuota Utama 23 GB
24 jam di 2G 2KB
Kuota Lokal 32 GB
Bonus Internet 1 GB, 2 hr 1GB

intinya complain online perlu dilakukan dengan sabar dan berkelanjutan untuk mendapatkan hak, apakah berupa pengembalian, penggantian, atau pengaktifan seperti seharusnya. Sedangkan penyebab permasalahannya sampai saat ini tidak diketahui. Pernah saya mencoba beralih membeli langsung ke konter hp, dan ternyata tidak bisa, karena kabarnya masih eror saat itu.

1https://myspacenote.blogspot.com/2023/05/mencoba-membeli-paket-internet-dari-xl.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]