Friday, July 7, 2023

Upgrade Hardisk Laptop ke SSD


Akhirnya setelah bekerja keras selama kurang lebih 5 tahun dari Maret 2018, satu persatu komponen laptop1 ini terlihat mulai minta perbaruan, ditandai dengan semakin lemotnya laptop, dan yang parah adalah munculnya beberapa eror beberapa minggu ini, diawali dengan tulisan disk error seperti cerita yang lalu2, sampai laptop benar-benar tidak bisa masuk windows ditandai dengan pesan eror seperti gambar di bawah ini.

ini adalah contoh awal-awal kerusakan muncul seperti ini



hingga yang paling parah tidak bisa masuk windows dan hanya muncul tulisan seperti ini


jika bisa masuk pun, malahan terjadi repair drive berulang dan cukup lama.


Solusi ringan
Akhirnya saya coba-coba instal ulang sendiri menggunakan cara yang sudah bertebaran di internet, namun terjadi masalah pertama, ternyata si rufus ini tidak mau instal karena biosnya model legacy atau apalah saya kurang paham, intinya si rufus ini kalau instal model bios gini, harus pakai instalan model gini,

, masalah kedua, setelah instalan rufus saya coba ganti menjadi MBR, ternyata tidak muncul pesan eror lagi, namun muncul masalah lagi, manakala dari bios malah tidak bisa masuk booting flashdisk. yang sudah saya instal windows 10 menggunakan rufus, berkonsultasi dengan kawan, kesimpulan mengerucut pada rusaknya fisik hardisk sehingga harus sudah diganti,


Solusi terakhir
akhirnya jalan terakhir saya serahkan masalah ini pada ahlinya, yaitu pada toko komputer langganan saya,

di toko komputer ini langsung di booting melalui jalur flashdisk yang yang dicolok, setelah berhasil masuk, kemudian, dibuka aplikasi yang memperlihatkan kesehatan laptop, nama aplikasinya bisa diintip saja pada screenshot di atas ya. bisa dilihat kondisinya pada gambar paling atas. terlihat ternyata suhu dinilai terlalu tinggi, sehingga kemungkinan ada masalah pada pendingin, kemudian kesehatan hardisk dinilai sudah rusak parah, bahkan sudah mati.


Keputusannya bagaimana?
akhirnya diputuskan untuk mengganti saja hardisknya menggunakan SSD, sesuai rekomendasi toko komputer, serta sekalian mengecek pastanya apkah perlu diganti, dan karena laptop ini sudah 5 tahun tidak diservis, saya putuskan langsung untuk mengganti pastanya saja, karena kemungkinan besar pasti sudah kering.

estimasi biayanya yaitu

hardisk harga Rp.625.000,- dengan kapasitas 500GB, Merk Alhua 3D Nand SSD C800A Sata 6Gb/S,
sedangkan biaya instal ulang sendiri Rp.150.000,- dan biaya penggantian pasta Rp.200.000,-.




Pelaksanaan alias eksekusi
Eksekusi tentu saja kita serahkan saja pada ahlinya untuk membongkar dan pasang laptop saya ini ya.
foto foto sebelum dibersihkan, ternyata kondisi di dalam laptop ini sudah sangat kotor sekali ya

ini adalah kondisi pasta yang sudah kering kerontang ternyata


sedangkan foto di bawah ini adalah kondisi komponen lainnya, terlihat sudah kotor, ya memang belum pernah dibongkar sama sekali ni laptop.






Hasil
setelah diperbaiki, ternyata suhu sekarang menjadi lebih dingin


kecepatan menjadi lebih sat set daripada sebelumnya, jika sebelumnya terkadang untuk klik kanan saja harus menunggu agak lama, saat ini sudah terasa sangat cepat. Suhu di area huruf ASDF juga lebih dingin juga daripada sebelumnya ya.

Kecepatan booting windows sekarang hanya 22 detik, berbeda dengan sebelumnya yang mencapai 10 menit, sedangkan untuk shutdown, tercatat memakan waktu 3 menit dari klik, sampai lampu indikator benar-benar mati. sedangkan sebelumnya bisa mencapai 10 menit.

Pemakaian
Saya setting dulu notepad plus plus, karena ini berguna sekali dalam mengedit def mod ets2, sekaligus berguna sekali untuk menulis di blog, karena untuk blogspot, spasi harus diberikan kode<br>, nah dengan notepad plus plus ini tinggal replace /n dengan <br>

Monitoring
Dengan garansi waktu seminggu, semoga saja tidak ada masalah ke depannya ya.

1https://myspacenote.blogspot.com/2022/12/reviu-laptop-asus-x441u-pemakaian-45.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/05/how-fix-updating-and-patching-steam-app.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]