Saturday, July 22, 2023

Memasang Set Top Box Cara Simpel


Set Top Box apakah masih membutuhkan antena? Apa bedanya tv digital dan tv analog? pertanyaan ini muncul ketika saya akan memasang sebuah Televisi setelah pindahan kemarin1. Karena sebelumnya menggunakan antena dari parabola, nah sekarang di tempat yang baru ini tidak ada colokan parabola, jadinya harus memasang antena sendiri ya ges ya. masalahnya adalah TVnya belum tahu tipenya digital atau bukan, karena belum ada referensi yang menginfokan ciri-ciri tv digital, apakah kalau ada menu yang berwarna warni itu disebut digital, ataukah yang lain, ada lagi sebuah berita, yang mengatakan untuk mengecek tv anda, coba cek di situs kominfo, namun ternyata website yang dituju tidak ada kolom pengecekan, hanya ada iklan saja. waaah.

Berikut ini adalah catatan dalam memasang set top box secara simpel ya, tidak perlu kabel HDMI (selama TV ada colokan input audio videonya yang berwarna merah putih kuning itu). Karena beberapa sumber mengatakan harus membeli kabel HDMI secara terpisah, ternyata setelah saya coba-coba, tidak perlu membelinya secara terpisah yang malah ujung-ujungnya kebanyakan kabel di TV ya.

Pertama-tama TV yang saya pakai Samsung CY 01, merk yang sudah lama sekali, TV ini sudah muncul sekitar tahun 2008, kalau dicari di internet sekarang pun tidak ada jejak sama sekali tipe TV ini ya, digital apa bukan, kalau melihat menunya sih sudah berwarna warni terlihat seperti TV digital. jadi saya coba saja langsung menggunakan antena biasa. Jika bisa nyaut, berarti TV sudah digital, sedangkan bila tidak nyaut berarti TV masih analog.

Ternyata tidak ada satu pun chanel yang bisa nyangkut, kemungkina besar ini masih tv analog, belum bisa menerima siaran digital ya. Sekaligus ini menjadi bukti nyata berita-berita di internet bahwa televisi analog memang benar-benar sudah tidak ada ya.

Kabar baiknya, ternyata antena tv biasa ini masih tetap terpakai, karena ternyata STB masih butuh antena, jadinya tidak mubazir. Saya kira STB itu sekalian semacam antena, ternyata masih membutuhkan antena ya, dan bisa menggunakan antena yang lama.


Antena ini saya beli offline di toko elektronik, Merk Toyosaki AIO 220 AW buatan China, dengan kabel 10 meter, saya memilih kabel yang panjang agar fleksibel saja. jadi bila saat ditaruh indoor tidak ada sinyal, bisa tetap ditaruh di luar, tanpa menyambung kabel antena. Antena ini walaupun tulisannya antena outdoor, ternyata di buku manualnya mengatakan bisa dipakai di indoor seperti kata penjualnya ya.

Kelengkapannya ada baut dan sekrup, dan ada semacam holder di belakangnya yang berfungsi sebagai pegangan, dan kartu garansi.

Sedangkan set top box sendiri saya beli terpisah setelah sebelumnya mencoba hanya memakai antena saja tanpa set top box, dengan hasil nihil. STB ini saya beli dengan harga Rp.170.000,- di toko offline dengan merk Luby tipe DVB T2C. STB ini sebagai penghubung antena dan televisi.
Kelengkapannya berupa
1 unit Set Top Box.
1 unit remote set top box.
2 unit baterai remote.
1 unit kabel RCA.
Buku panduan penggunaan.
Kartu Garansi.

Cara pemasangan STB
perhatikan gambar di atas, sebenarnya kita tinggal mengikuti tulisan-tulisannya pun sebenarnya sudah bisa dan terlihat mudah, namun setelah melihat ujung kabel yang dari antena dibandingkan dari input antena di set top box, terlihat tidak cocok ya. Jika dari antena kabel jenis male, namun kecil
,
terlihat tidak cocok dimasukkan pada nomor 1 gambar di atas, ternyata setelah saya pasang-pasang, kabel dari antena masuk ke power adaptor antena dulu, baru kabel dari power adaptor antena yang kemudain menuju nomor 1.

nomor 1 kabel dari antena, kalau punya saya ternyata melewati adaptor power antenanya dulu, baru menuju ke set top box

nomor 2 ini tidak perlu dipakai

nomor 3 Kabel USB, juga tidak dipakai


nomer 4 dan 5 ini adalah output yang fungsinya bisa saling menggantikan, jadi bisa dipilih salah satu saja, karena tidak perlu membeli kabel HDMI, jadi saya akan pakai kabel bawaan Set top boxnya saja.

nomor 4 output ke TV dengan kabel HDMI (ini juga tidak dipakai seperti nomor 2)

nomor 5 output ke TV kedua, ini untuk menyalurkan audio, video, ke tv, sama fungsinya seperti HDMI, kabelnya pun sebenarnya sudah tersedia dari pembelian set top boxnya, jadi kita tidak perlu membeli kabel HDMI ya

nomor 6 ini sumber arus


Cara pemasangan Antena
Sinyal antena apakah harus di luar?
Antena Toyosaki ini ternyata tidak perlu dipasang diluar ya, bisa dipasang di dalam ruang, namun harus dicari-cari dulu posisi yang pas, misalnya kalau saya bisa lancar sinyalnya saat dipasang di dinding, mungkin saja punya kalian bisa lancar dipasang tergeletak begitu saja, atau juga saya, mengapa demikian, saya juga kurang paham jalur sinyal televisi ini, apakah melalui genteng atau jendela, bagaimana bentuk jalurnya dan sebagainya.


Set top Box Luby Rp.180.000,- toko offline
Antena Toyosaki Rp.90.000,- toko offline

1https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/pengalaman-pindahan-antar-pulau.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]