Thursday, May 25, 2023

Laptop Sudah Shutdown Tapi Tidak Benar Benar Mati


menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber mengatakan, untuk mengetahui kapan terakhir laptop kita benar-benar mati, bisa kita ketahui dari informasi dari CMD dengan menuliskan kode "systeminfo", lalu kita ENTER, dari situ terlihat ternyata laptop saya ini sudah berhari-hari tidak mati, malah tercatat terakhir mati adalah 2 hari yang lalu, itu sudah lama sekali ya, padahal baru tadi pagi laptop saya nyalakan, berarti walau laptop mati, ternyata masih ada komponen yang hidup ya, terus 2 hari itu sejak kapan ya? usut punya usut, 2 hari yang lalu itu saya melakukan restart. Mungkin ini menjadi salah satu faktor lemotnya laptop saya saat ini ya. karena ternyata terus menerus bekerja walau laptop sudah dimatikan.


Di internet akhirnya ketemu beberapa cara membuat laptop benar-benar mati saat shutdown, namun kali ini saya akan memastikan apakah cara tersebut memang benar-benar berhasil seperti teori yang ditulis, dan juga saya akan mereviu berapa waktu yang dibutuhkan untuk setiap pilihan cara ya. Waktu ini adalah waktu yang dibutuhkan mulai dari memencet/mengklik tombol on/off sampai perintah itu selesai dilaksanakan.

Cara Pertama,
mematikan dengan menulis kode "shutdown/s" pada cmd,
Pro
Cara ini terbukti bisa berjalan, laptop bisa benar-benar mati, terbukti setelah saya cek di CMD.

memang waktu shutdown relatif sama saja seperti biasanya, sedangkan untuk waktu turn on, waktunya relatif sama. kemudian apakah benar-benar berhasil, saya coba cek melalui CMD, dan ternyata memang cara ini terbukti bisa benar-benar mematikan laptop. waktunya sama saat saya memencet tombol turn on.

Contra
Cara ini memakan waktu shut down yang relatif lebih lama, sedangkan waktu turn on relatif sama, waktu shut down yang lebih lama ini entah ini gara-gara bawaan laptop ataukah gara-gara mematikan dari cmd tidak diketahui dengan pasti, yang jelas cara ini tidak saya gunakan karena tidak umum bagi semua orang mematikan laptop dengan cara seperti itu, mungkin kalau kita sendiri bisa melakukannya, namun orang lain belum tentu mau ya, jadinya risiko laptop tidak benar-benar mati total masih bisa saja terjadi, bahkan bisa saja terjadi untuk jangka panjang, ketika terakhir laptop dimatikan orang lain, dan ternyata laptop baru menyala kembali setelah beberapa hari. waah.



Cara kedua
menekan tombol shift ketika mengklik tombol shutdown

Pro
Cara ini memang terbukti berhasil juga setelah saya coba

Contra
Cara ini juga tidak semua orang mengetahui, sehingga risiko laptop terus menyala akan terus ada, jadi laptop tidak akan benar-benar aman ya.



Cara Ketiga
melalui menu Control Panel\Hardware and Sound\Power Options\System Settings

atau
Control Panel
System and Security
Power Option-Change what the power buttons do
pilih Change setting thats are currently unavailable
kemudian uncheck pada turn on fast startup,
save

Pro
Apakah cara ini berhasil?
ya cara ini memang terbukti berhasil, terbukti dengan waktu di CMD sudah sama ketika saya menekan turn on laptop.

Contra
Menggunakan cara ini di internet dianggap memakan waktu yang lebih lama, namun ternyata kenyataannya tidak demikian.
Pertama kali mencoba, memang waktu turn on terpantau lebih lama, mencapai 18 menit, namun kekurangan ini ternyata tidak selalu terjadi, terbukti percobaan kedua ketiga dan seterusnya, waktu turn on relatif sama seperti semula sekitar 10 menit.
Akhirnya saya pilih cara ini saja untuk laptop saya, karena kekurangan yang digembar-gemborkan di internet, nyatanya tidak terjadi pada laptop saya.

Disclaimer, percobaan ini bisa saja berbeda bila dilakukan pada jenis laptop yang berbeda ya, semoga bermanfaat.

Cara membuka CMD
klik logo windows pojok kiri bawah, lalu search saja CMD, lalu muncul command prompt berwarna hitam, seperti gambar paling atas ya. lalu ketik saja kode yang dibutuhkan, untuk mengetahui kapan laptop ini diinstal dan kapan hidup, bisa memakai perintah "systeminfo"

Ngomong-ngomong saya memakai laptop asus x441u yang memang sudah berumur 3 sampai 4 tahun dari tulisan ini dibuat ya, mengenai sistem apa yang dipakai, windwos berapa, bisa mampir pada link di bawah ini
https://myspacenote.blogspot.com/2022/12/reviu-laptop-asus-x441u-pemakaian-45.html



Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]