Thursday, May 25, 2023

Berbagai Jenis Shader Preset Material SCS


Shader Preset SCS memiliki banyak sekali variant, dan saya sampai sekarang juga tidak hapal, karena memang kita tidak perlu menghapal satu-satu variant tersebut, karena kita bisa langsung melihatnya dari Shader Preset bawaan dari SCS, tentunya kita tinggal import model, kemudian memilih apa preset yang diinginkan, apakah pengen membuat object menyala di malam hari, maka kita bisa menggunakan dif lum, apakah pengen membuat ada bayangan, maka bisa memilih dif spec, shadow, membuat menjadi tembus pandang bila alphanya hitam, dan lain sebagainya, di bawah ini adalah salah satu contoh berbagai macam shader preset yang dipakai hanya pada sebuah object, ternyata memiliki berbagai macam shader ya.
Untuk materi import1 export2 model bisa menelusuri isi blog ini yang tutorial atau catatannya sudah saya catat di sini agar tidak lupa, karena seperti pepatah, ikatlah ilmu dengan tulisan ya. Jadi bukan bermaksud mengajari ya, karena kalau tidak ditulis sendiri, malah bisa menjadi lupa.



shader preset dif spec weight ternyata digunakan untuk decal pinggir jalan, terlihat beberapa bagian tembus pandang yang kemungkinan karena permainan di alpha yang diberi warna hitam.




shader preset dif spec decal over
ternyata walaupun hampir mirip, yaitu berupa decal aspal, ternyata shader presetnya berbeda




dif spec weight
entah ini kenapa memakai shader ini untuk sebuah collison ya, padahal di simulator, tidak kelihatan juga




ini untuk part berupa vis, ternyata cukup memakai dif spec weight saja



sedangkan untuk part berupa vis_trans ternyata memakai shader yang berbeda dengan vis, yaitu dif spec weight weight dif spec weight




sedangkan ini untuk decal untuk vis_trans memakai dif spec decal over




untuk marka jalan juga memakai dif spec decal over


1https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-import-model-scs-versi-ets-2-141.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-eksport-model-3d-di-ets-2-versi-141.html



Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]