Friday, May 5, 2023

Rosalia Indah 354 Salatiga Kediri


Selamat malam, kali ini saya akan mencatat lagi trip report naik transportasi umum bus Rosalia Indah jurusan Tegal Malang, namun saya naik dari Terminal Tingkir Salatiga dan turun nanti di Kediri, jadi kita nanti naik dari agen ampiran ya. Jika naik dari agen ampiran, pertanyaannya pastilah apakah waktunya bisa tepat waktu, ataukah ada selisih, jika selisih apakah sampai berjam jam ataukah hanya selisih beberapa menit saja seperti perjalanan yang lalu1, apakah diberitahu jika telat, dan lain sebagainya, silahkan disimak saja.



Rute Salatiga ke Kediri sendiri sebenarnya bisa ditempuh dengan beberapa alternatif
Alternatif pertama naik dari Solo ada Harapan Jayae yang langsung ke Kediri

Alternarif kedua yaitu naik bus sambung menyambung sampai 3 kali, yaitu naik bus jurusan Solo Semarang, kemudian Solo Surabaya, kemudian naik lagi bus Nganjuk Kediri atau Braan Kediri.

Alternatif ke empat yaitu naik Kereta Api dari Solo langsung ke kediri

semua ada plus minusnya baik dari segi waktu, keribetan, dan biaya, sekarang saya akan menuliskan trip report saya naik bus Rosalia Indah Salatiga Kediri langsung ya.


Pembelian tiket saya lakukan melalui online ya, dengan membuka melalui website, tanpa mendownload aplikasinya, karena jika memakai aplikasi, harus download dan tentunya menghabiskan kapasitas memori handphone. Kalau melalui website, tinggal membuka browser saja, lalu menuju alamat website Rosinnya. Kurangnya website, hanyalah tidak ada fitur memilih geser hari langsung seperti di aplikasi, itu saja, jadinya jika ada perubahan sedikit, harus mengisi ulang dari awal.

Back to the laptop,
Saat itu harga tiket sudah mengalami kenaikan pada momen lebaran 2023, yaitu Rp.210.000,- jurusan Salatiga Kediri, naik cukup jauh juga, mengingat sudah merupakan harga setelah kenaikan harga BBM2 dan bertepatan dengan momen lebaran 2023. Dulu padahal sebelumnya hanya sekitar Rp.160.000,- juga di saat lebaran3

Hari keberangkatan
Hari H keberangkatan, sebelum berangkat saya coba menanyakan agen, bus Salatiga Kediri sudah sampai mana, ternyata tidak ada jawaban, akhirnya saya putuskan berangkat dari rumah sesuai jadwal di Tiket yaitu jam 19:00 WIB, Perjalanan menuju Terminal Tingkri, terjadi kemacetan dari arah selatan macet sampai garasi Safari, namun saya bisa sampai di Terminal Tingkir tepat waktu.


Saya sampai jam 19:00 WIB sesuai jadwal di tiket, lalu dipersilahkan menunggu, saya kemudian menanyakan sampai mana busnya,
eh ternyata
ternyata bus masih di Semarang, dan bakal diprediksikan masih lama menunggu, padahal tadinya dari rumah sudah mencoba bertanya melalui Whatsapp ya, namun tidak ada jawaban ya. yasudah saya nunggu saja dulu di Terminal.

harusnya bila ada keterlambatan sampai lama, penumpang diberi tahu sebelumnya ya, kira kira kapan bus tiba, atau jikak tidak bisa memperkirakan, kapan, bisa hanya memberitahu posisi bus sampai mana, tentunya tidak harus tepat akurat 100% ya.

Misalnya dalam kasus ini, jadwal di tiket jam 19:00 WIB, dan sekarang sudah jam 19:00 WIB, namun posisi bus masih di Kendal, ini sudah jelas telat sekitar 1 jam an ya. meskipun nyatanya nanti bisa 1,5 atau 2 jam. Dengan mengambil waktu terbaik sesuai pengalaman agen, tentunya ini menjadi hal yang tidak terlalu sulit.

jika pun alasan sibuk atau karena tidak sempat, harusnya posisi bus bisa ditracking penumpang sendiri, karena itu juga hak penumpang untuk mengetahui sampai mana, barulah setelah bus sudah datang, tracking itu bisa ditutup kembali saja, jadi sebenarnya tinggal mengatur saja ya, misalnya menggunakan kode booking.

Namun ini juga menjadi masalah lagi, karena untuk mengetahui bus yang mana, harus bertanya lagi ke agen melalui WHatsapp, nah agen ini sepertinya malas membalas pertanyaan seperti itu dari calon penumpangnya, apalagi penumpang online ya ha ha.

Namun secara umum Rosin ini masih mendingan, karena posisi bus sudah diketahui, karena sampai sekarang ternyata masih ada agen bus yang tidak tahu sama sekali posisi bus, jadi malah ada yang buta sama sekali ya haha.


Menunggu di Terminal Tingkir kondisinya masih seperti kemarin4, yaitu kekurangan kursi, beberapa penumpang duduk lesehan di bawah. sebenarnya pernah saya coba sampaikan melalui instagram Terminal, namun sepertinya pengelola terminal atau apalah sebutannya masih bebal belum bergerak, tidak segera membenahi, mungkin dengan alasan ini itu, atau menunggu viral dulu mungkin ya hehe.

Beberapa bus terpantau lalu lalang di terminal, saya tidak sempat berfoto-foto, karena disini sempat ada kejadian, saya lupa membawa baju batik, jadinya malah sibuk berkeliling mencari batik di sekitar terminal, namun ternyata tidak ada penjual batik di sekitar terminal ya, jadinya nanti membeli batik di Kediri saja.

20:55 WIB
Akhirnya bus yang ditunggu datang juga, bus yang entah bermesin apa saya lupa, belum air suspension.
Begitu masuk, bus langsung berangkat dari Terminal Tingkir, kondisi di dalam bus, seperti biasa suhu AC cukup dingin, namun ternyata tidak disediakan selimut, jadinya memang harus melengkapi diri dengan baju dan kaos kaki agar tidak kedinginan.
Fasilitas di dalam bus standard seperti bus malam pada umumnya, AC, Toilet, dan memakai foot rest.
Perjalanan dilanjutkan melalui tol, sedangkan saya memanfaatkan waktu ini untuk tidur saja untuk menghemat energi beraktifitas besoknya.

00:45 WIB
Mampir rumah makan Caruban, istirahat kurang lebih 30 menit, selesai istirahat, Bus melanjutkan perjalanan menuju Nganjuk, langsung berbelok ke Kediri.


03:10 WIB
Sampai di Kediri
namun bus tidak masuk ke Terminal Tamanan Kediri, karena jembatan Bandar sedang diperbaiki, jadinya turun di daerah Mrican.

Kesimpulan
Rosalia Indah Salatiga Kediri Kelas Eksekutif
Harga Tiket Rp.220.000,-


Kekurangan
- Tidak ada pemberitahuan kalau bus bakal telat sampai dua jam, padahal sudah bertanya melalui WA, tidak dijawab, padahal juga sudah disediakan GPS, namun tidak dimanfaatkan agen, di aplikasi pun juga tidak terpantau bus sampai mana, padahal ada hak penumpang di sana untuk mengetahui dimana posisi bus, sayang sekali fasilitas yang lengkap tidak didukung SDM yang memadahi, harusnya bila SDM tidak siap, ada menu khusus di aplikasi yang memantau bus sampai mana, barulah setelah sudah datang, menu itu menutup dengan sendirinya ya. (jadi bukan masalah telatnya ya)
- Jam makan malam yang tidak sesuai jam makan orang normal
- Belum ada pilihan harga tiket tanpa makan
- Tidak ada selimut

Kelebihan
+Bisa pesan online
+Menjadi pilihan bus yang anti ribet, karena pilihan yang lain harus oper naik turun bus, dengan risiko desak-desakan, copet, menunggu lama, tanpa kepastian, dan ada kalanya kalah sama yang lebih kuat karena rebutn naik.

Dibalik kekurangannya dan kelebihannya, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada kru yang bertugas mengantarkan sampai tujuan dengan selamat.


1https://myspacenote.blogspot.com/2023/03/naik-bus-indorent-salatiga-jakarta.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2022/09/harga-bensin.html
3https://myspacenote.blogspot.com/2022/05/rosalia-indah-salatiga-kediri.html

4https://myspacenote.blogspot.com/2023/02/rosalia-indah-387-boyolali-jakarta.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]