Wednesday, May 3, 2023

Building Model Geom Has Invalid Aabbox ETS 2


Selamat siang semuanya, Jadi ceritanya Saya sedang membuat pagar untuk melengkapi Map saya dengan menggunakan blender, setelah saya berhasil mengekspor menjadi model ets2, dan juga mengedit file def nya, kemudian saat memasuki editor Map langsung mengalami Crash to desktop, saat memanggil model tersebut di browser editor. Kira-kira kenapa ya? silahkan simak tulisan di bawah ini cara mengatasinya.


Seperti biasa langkah mengatasi hal seperti ini adalah mengecek file lognya, kalau Crash saat running game ya dicek di game.log, namun jika Crash saat di editor map, ya kita cek di editor lognya, editor log saat saya cek kurang lebih berkata seperti ini ya.

00:07:15.737 : Building aabbox is void (....../pager_02)
00:07:15.737 : [fs] Failed to open file '/model/........pmg' in the read_only mode.
00:07:15.737 : [ld] Failed to open '/model/........pmg'.
00:07:15.761 : [fs] Failed to open file '/model/........pmg' in the read_only mode.
00:07:15.761 : [resource_task] Can not open '/model/........pmg'
00:07:15.762 : [model] Model geometry '/model/........pmg' is malformed.
00:07:15.762 : [fs] Failed to open file '/model/........pmd' in the read_only mode.
00:07:15.762 : [resource_task] Can not open '/model/........pmd'
00:07:15.762 : [model] Model descriptor '/model/........pmd' is malformed.
00:07:15.762 : [fs] Failed to open file '/model/........pmd' in the read_only mode.
00:07:15.762 : [ld] Failed to open '/model/........pmd'.
00:07:15.782 : d:\buildbot\slaves\win_slave\final_build_ets2_147_windows_bin_steam_x64\build\prism\src\models\model\model_template.cpp(629): ?cache_data_handler@model_template_u@prism@@UEAAXXZ: Failed to load model descriptor (.pmd) or model geometry (.pmg) for '/model/........pmg'.


bagaimana cara mengatasinya?

pertama kali saya kira ada masalah pada model di tiga dimensinya atau di blendernya, saya coba ulang export sekali lagi, Namun ternyata masih Crash to desktop saat memanggil modelnya di editor Map, lalu saya coba menelusuri mbah google kata-kata eror tersebut, namun malah bahasanya kemana-mana dan tidak jelas ya.

Langkah selanjutnya adalah menempuh jalur standard, mengecek yang biasanya salah saat membuat model ETS 2, yaitu mengecek nama root object di blender dengan nama di defnya apakah sama ataukah tidak, kalimat kata-kata di def-nya, saya coba cocokan antara nama di blender dengan nama di def eh ternyata ketemu lah sumber masalahnya, yaitu cuman salah penulisan hurufnya, pager02 di blender harusnya tapi tertulis pager_02 di def, jaka sembung pantesan ga nyambung ya. akhirnya setelah saya perbaiki kata di defnya, kemudian masuk di editor Map dan sudah tidak error lagi.

Jika dilihat dari file editor.log memang tidak menyebutkan langsung kalau ada kesalahan tulis ya, hanya menyebutkan malformed, aabbox dan lain sebagainya, setelah kita telusuri hanya ada kesalahan tulis yang menyebabkan model yang dipanggil dari tulisan def, tidak muncul di editor map.

Terima kasih telah membaca, OK itu saja catatan saya, siapa tahu ada yang mengalami masalah serupa dan nyasar kesini ya.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]