Wednesday, May 31, 2023

How Fix Updating and Patching Steam App Continously


Kronologis
Steam sudah seminggu tidak saya buka, kemudian, saat membuka, terpantau ada updating dan patching, OK lah saya tunggu saja, namun ternyata hampir satu jam updating patching ini belum terlihat akan berhenti, malah ternyata berulang-ulang sampai menghabiskan kuota ya, akhirnya saya coba tunggu semalaman, eh pagi harinya ternyata tetap masih updateing and patching tidak selesai, selesai, kuota sudah habis 2 Giga ya.

Seperti biasa saya searching di google dan ternyata tidak ada satupun artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia ya, saya hanya menemukan beberapa artikel dalam bahasa Inggris seperti yang ditulis di getdroidtips dot com, nah kali ini saya akan mencoba satu per satu tips dari artikel tersebut ya, apakah berhasil atau tidak sesuai percobaan nyata yang saya lakukan ya, silahkan disimak saja tulisan di bawah ini.



Cara pertama
Mengubah lokasi server
Caranya melalui menu Steam-Setting-Downloads, kemudian silahkan lihat disitu, pada bagian download region kita diminta untuk mengubah lokasinya, cara ini pernah saya coba, namun tetap belum berhasil juga, pernah saya ubah menjadi Singapura, dan Malaysia namun masih terjadi download and patching yang berulang-ulang

Cara Kedua
mengecek pada situs sumber download game tersebut dibuat, untuk ETS2 karena tidak ada informasi dimana situs resminya, maka opsi ini tidak bisa kita lakukan, memang ada sih situs scs atau ets 2, namun hanya sebatas situs forum scs dan blog scs, kalau kita cek sih, situs tersebut masih bisa dibuka halamannya alias tidak mengalami server down, dengan berhasilnya situs tersebut kita akses. Jadi cara ini kurang relevan untuk dilakukan.

Cara Ketiga
Tutup melalui task manager, cara ini meminta kita untuk menutup aplikasi steam melalui task manager, dengan menekan CTRL+ALT+DEL, lalu tutup aplikasi yang diinginkan, cara ini pernah saya coba, dan ternyata masih belum berhasil ya.

Cara Keempat
Restart ulang steam, cara ini juga tidak berhasil

Cara Kelima
Clear Download Cache, pada menu Steam-Setting-Downloads, di bagian bawah, lalu OK, lalu coba log in ulang steam account, apakah patching and updating, apakah masih terjadi, ataukah sudah aman.
cara ini tidak saya coba, malah saya lewati, saya langsung melakukan cara keempat ini.

Cara Keenam
Unistal steam lalu install ulang lagi
cara ini yang sedang saya lakukan saat ini, awalnya saya mengira hanya akan unistal dan install steam saja, eeeeh, ternyata ets 2 malah juga ikut unistal, jadinya harus download ulang ETS2 yang saat ini sudah berukuran sekitar 20 GB.
Cara ini pernah saya coba, namun ternyata juga gagal, stuck saat download berada di angka 11%, kemudian saya coba cara Kelima di bawah.

Cara Ketujuh
Kombinasi cara kelima dan keenam, yaitu Unsital Install Steam, lalu lakukan Clear Download Cache
Cara ini ternyata membuahkan hasil, dengan terus berjalannya download, sampai sekarang sudah terdownload sekitar 34%. Namun setelah sudah selesai download sampai 100%, ternyata pada proses validating, ternyata masih eror, yaitu disk read error, entah kenapa ya.


OK berarti kisah ini sampai disini dulu, selanjutnya akan saya catatkan kembali setelah ada perkembangan.

Memang kita harus mencobanya satu per satu ya untuk tahu mana yang berhasil, mungkin saja teman-teman di rumah ada yang pernah mengalami juga namun memiliki langkah yang berbeda, nah kalian berhasil memakai cara yang mana?

Related Posts by Categories



4 comments :

  1. Saya pernah kyk begini close aplikasi steam terus aku matiin anti virusnya tapi cara ini mungkin bisa gampang kok pm messenger aja kalo ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa maafkan saya * harus hapus cache dicoba kan dulu siapa tau ini berfungsi

      Delete
    2. hapus cache, repair folder, sudah dicoba semua mas, mungkin karena memang hardisk lama, soalnya sudah 6 tahun pemakaian

      Delete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]