ETS versi 1.36 ke atas ini memang memiliki langkah modding yang berbeda dengan versi yang dulu, kalau dulu setelah kita ekstrak file base scs, dengan mudahnya kita bisa langsung buka file pmdnya menggunakan blender yang sudah dipasangin addon, namun sekarang tidak bisa langsung seperti itu, file berekstensi pmd pmg dari hasil ekstrak harus kita ubah dulu menjadi file yang berekstensi pim untuk bisa dibuka di blender. Catatan ini saya tulis disini karena sempet lupa bagaimana mengimport ETS 2 ini, sempet cari-cari juga catatan di blog sebelum-sebelumnya, ternyata memang belum saya catat di blog yang lama-lama jadi lupa. jadi ini adalah salah satu pentingnya kita menulis ya, kalian menulislah hal yang bisa bermanfaat, hal positif agar kalian tidak lupa, hehe, akhirnya search google nyasar ke blognya pejindo.blogspot.com dan blognya ibadmodsfoundation. blogspot barulah ngeh, apa yang pernah dilakukan dulu, kalau di Indonesia sampai sekarang memang baru dua blog itu yang rajin mencatat dunia mod dengan lengkap, kali ini biar tidak lupa mari kita tulis saja langkah-langkahnya di bawah.
Mengekstrak folder base.scs
pergi ke alamat ini "C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2"
Create new folder, beri nama "base" sehingga urutan folder menjadi seperti ini C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base
lalu pindahkan file base.scs ke dalam folder tersebut dengan cara Cut Paste, kalao Copy Paste lama soalnya
Download SCS extractor, setelah download, ekstrak filen berekstensi exe lalu letakkan di folder base
sehingga di folder "C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base" sudah ada dua file yaitu base.scs dan scs_extractor.exe
langkah selanjutnya masuk folder base
Klik file base.scs tahan, angkat lalu timpakan pada file scs_extractor, layar hitam Command prompt akan muncul, tunggu sekitar 14 sampai 20 menit sampai selesai mengekstrak semua file.
bila berhasil di dalam folder base tersebut akan muncul folder-folder dari dalam base tersebut.
terakhir yang paling penting
setelah selesai kembalikan file base.scs ke tempat semula, yaitu ke folder C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2 agar bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi ETS2.
Mengconvert file pmd ke pim menggunakan converter pix master
Download converter pix master di website scs modding, tapi saya juga menemukannya di sharemods.com/qfthf1391yv0/ConverterPIX-master.zip.html
extrak di suatu tempat, misalnya kalau saya saya ekstrak di folder ini "E:\Program\scs modding\ConverterPIX-master"
lalu buka folder sampai ketemu file berekstensi exe, jadi kalau di komputer saya, saya akan buka file ini
E:\Program\scs modding\ConverterPIX-master\ConverterPIX-master\bin\win_x86\
di dalam folder di atas ada file bernama converter_pix.exe
lalu buka jendela explorer baru dengan menekan logo windows+E, pergi ke alamat base mana yang pengen kita ubah format pmg ke pim, misalnya saya pengen mengekstrak folder kendaraan tourliner di alamat ini, jadi saya buka sampai alamat ini
"C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base\vehicle\ai" lihat disitu ada salah satu target folder saya yaitu folder tourliner
lalu drag folder tourliner ke aplikasi converter_pix.exe, yaitu di file explorer satunya yang sudah kita buka tadi, yaitu di E:\Program\scs modding\ConverterPIX-master\ConverterPIX-master\bin\win_x86\converter_pix.exe
windows command prompt akan muncul, dan lihat di folder C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base\vehicle\ai
sudah ada folder baru bernama tourliner_exp
Import data menggunakan blender
Pertama-tama kamu harus sudah memiliki blender yang sudah tersetting addon scs, jika belum, maka bisa dibaca-baca dulu pada artikel ini, terutama pada bagian Blender tools, atau kalau yang versi khusunya, bisa dibaca disini, tentang menyiapkan blender untuk import model scs versi 1.36 ke atas.
Buka blendermu (tentunya blender yang sudah kita tambahkan add on dari scs),
lalu cari menu import PIM
cari file berekstensi pim, kalau saya tadi berarti saya arahkan ke folder ini C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\base\vehicle\ai\tourliner_exp, misalnya saya pengen mengimport model ai, jadi saya pilih ai.pim,
dan taraa, model sudah berhasil di import di blender.
0 comments :
Post a Comment
mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]