Sunday, December 10, 2023

Cara Gampang Membuat Terrain Profile SCS


Berikut ini saya tuliskan langkah gampang membuat terrain profile di ETS 2, Terrain itu seperti apa? Terrain gampangnya bagaimana relief/profil tanah di kiri kanan sebuah jalan, apakah ada jurang, bukit, selokan, dan lain sebagainya (tentunya kalau sudah paham bahasa inggris tidak perlu saya tulis disini ya, karena kalian bisa gogling sendiri translate-nya apa itu terrain). OK Back to the laptop, Sebenarnya cara ini tidak terbatas pada ETS 2 saja, namun mencakup semua editor map
besutan SCS, haulin, UKTS, ETS 1, ETS 2, ATS, GTS, dan lain-lain. Mungkin saja ada yang sudah mengetahui, namun ada juga yang belum, mungkin saja ada yang sudah mencoba membuat, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, terrain profile ini tidak perlu memiliki ilmu modeling di blender, karena hanya membutuhkan editor di file def-nya saja, nah untuk lebih mudah memahami cara kerjanya bagaimana, silahkan simak terus tulisan di bawah ini.


Alat dan bahan
Simulator ETS 2
Notepad Plus Plus
SCS Extractor


Cara umum
Bagi yang masih awam belum tahu apa-apa silahkan googling saja tutorial awal berikut ini, bagi yang sudah paham bisa langsung diskip saja, langsung menuju cara khusus
instal game ets 2 bisa menginstal dari tani atau dari pembelian di steam
cari folder basenya, tergantung dimana kalian meng-instal-nya
ekstrak file def ets menggunakan scs extractor
buka folder def



Cara khusus
buka file def/world/terrain_profile.(namaID)
di dalamnya akan ada semacam tulisan step dan height, ternyata setelah saya selidiki, ada cara mudah untuk memahami angka-angka tersebut diaplikasikan di editor map.

langsung saja untuk memahami angka angka di dalam def, langsung saja lihat gambar di bawah ini,

sebelah kiri adalah tampilan vertex terrain di editor map, yang sudah saya tandai dengan angka-angka, titik-titik yang saya tandai angka tersebut mengacu pada angka-angka height dan step pada file def yang sudah saya hubungkan dengan garis berwarna kuning.

untuk cara bacanya
baris 1526 berisi tulisan height[]: 0 ini artinya ketinggian 0 meter pada vertex titik nomor 2

kemudian dilanjutkan membaca def lagi di baris berikutnya

baris 1528 step[]: 1 artinya maju satu langkah/satu meter
baris 1529 height[]: 0 kedalaman 0 meter
artinya maju satu langkah 1 meter dengan kedalaman 0 meter, dari titik awal, dengan hasil titik akhir di nomer 3

intinya itu saja dan seterusnya

berapa jumlah step dan height yang diperbolehkan?
sedangkan berapa jumlah step dan height? kita ikuti saja jumlah bawaan scs saja, jangan ditambah ataupun dikurangi, karena kalau ditambah atau dikurangi, malah tidak terdeteksi di editor map.
myspacenote.blogspot Desember 2023

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]