Saturday, December 2, 2023

Alur Cek Fisik Bantuan Part 2 Samsat Jakarta Timur


Selamat pagi semuanya, kali ini saya akan cerita lagi mengenai alur cek fisik bantuan di Samsat Jakarta Timur dalam rangka bayar pajak motor 5 tahunan, kenapa disebut bantuan? ya karena memang buat membantu saja kendaraan yang akan bayar pajak 5 tahunan, namun berada di luar kota plat asli, sebelumnya saya juga pernah melakukan cek fisik bantuan di tahun 2019 yang lalu1, namun ternyata sekarang alurnya sedikit berbeda ya, silahkan baca saja tulisan di bawah ini.


Lokasi Samsat
Pertama-tama lokasi samsat bisa bertanya pada orang di pinggir jalan atau mencarinya di google

Alur
Ambil tiket parkir
ambil tiket parkir di pintu masuk, dengan cara menutup sensornya agar kertas parkirnya keluar, terpantau harga parkir motor satu jam pertama Rp.4000,-, jam berikutnya Rp.2000,-, (hehe sebagai perbandingan ke depan.)

Menuju lokasi cek fisik bantuan motor
Langsung saja arahkan motor ke bagian belakang gedung, ikuti saja tulisan "cek fisik", nanti ketemu antrian motor yang banyak sekali.

Antri
saya datang sekitar jam 8 an, ternyata sudah banyak yang mengantri, antrian dibagi menjadi 4 lajur, kemudian menyempit menjadi 3 lajur, kemudian sampai di ujung menjadi 4 lajur lagi.


Cek Fisik
selesai antri kurang lebih 15 menit, sampailah kita pada petugas gosok rangka mesin, saat itu Petugas gosok yang melayani berjumlah 2 orang, melayani 2 lajur kir kanan bergantian, karena memang cara itulah cara tercepat, karena kalau satu lajur harus masih harus menunggu motor siap.
hari masih pagi, namun keringat kedua petugas bercucuran deras, menandakan pekerjaannya ternyata tidak sesimpel kelihatannya ya haha, hanya gosok rangka, namun ternyata harus menjangkau kolong motor, jadinya membutuhkan fisik yang kuat, ok back to the laptop,

Begitu sampai, saya langsung sampaikan keperluan, yaitu untuk cek fisik bantuan, petugas langsung sat set mengambil kertas, lalu ditempel di mesin, menggosok rangka motor tanpa bertanya di sebelah mana, karena sudah hapal.

. Terpantau untuk motor matic digosok di bagian jok dan satu lagi di bagian dekat roda depan, sedangkan motor saya, motor supra 125 DD, digosok dua kali juga, satu di bagian bawah mesin, satu lagi di bagian dekat roda depan,
selesai gosok, kertas tersebut dilekatkan pada selembar formulir dan diserahkan kepada kita.

Mendapatkan formulir
selesai cek fisik, kita akan dapat formulir semacam berita acara pengesahan cek fisik, motor kita bawa maju lagi.


Parkir motor
Kita parkir dulu di parkiran motor, lalu dilanjutkan ke gedung pengesahan.

Pengesahan Formulir
disini kita serahkan STNK dan formulir Berita acara cek fisik tadi, lalu menunggu giliran dipanggil nama.
bedanya dengan yang dulu1 ternyata kali ni saya tidak diminta memfoto kendaraan kita seperti dulu1, namun langsung diminta menunggu di ruang tunggu.

Menunggu panggilan
Menunggu di samping kurang lebih 15 menitan




Selesai
Begitu dipanggil, kita akan menerima STNK dan formulir tadi yang sudah disahkan.

kalau plat B bisa dilanjutka menuju gedung utama lantai 4 untuk motor, dan lantai 2 untuk mobil, sedangkan untuk plat luar jakarta seperti saya dilanjutkan dengan membawa formulir ini ke Samsat kota plat asal.




1https://myspacenote.blogspot.com/2019/10/alur-cek-fisik-bantuan-motor-samsat.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]