Sunday, December 17, 2023

Cara Buat Curve ETS 2 Cara Fix Model ETS 2 Gosong Belang Belang


Selamat siang semuanya, kali ini saya akan share cara membuat curve dan cara memperbaiki model di ETS 2 yang gosong seperti tampak pada gambar, curve ini merupakan model ETS2 yang biasanya bentuknya memanjang, seperti pagar, tembok, bangunan, dan lain sebagainya, ada baiknya, sebelum membaca tutorial ini, memahami dulu tutorial import export model di blender, karena catatan kali ini merupakan langkah setelah import model ke blender. bagi yang belum membaca tutorialnya, silahkan saja cari sendiri tulisan saya dahulu mengenai import export model ETS dengan mengklik link di bawah. Bila belum paham silahkan dibaca ulang saja sampai paham, namun bila masih belum paham bisa ditanyakan di kolom komentar bagian mana yang belum paham.


Cara Membuat Curve
pahami dulu cara import export model di blender
pahami dulu apa itu part di blender
buat part,
identifikasi part

Cara identifikasi part yang pertama yang paling gampang adalah meng-import curve model bawaan scs lalu kita ikuti mana start, mana center, mana end, atau juga menggunakan cara kedua, yaitu dengan melihat catatan saya di bawah ini

Cara identifikasi kedua mana yang menjadi start, center, dan end di blender, dimana start kalau di editor map ditandai dengan node berwarna merah, dan end berwarna hijau.
di aplikasi Blender Arah hadap kita adalah -x
kiri adalah start, center di tengah, dan end di sebelah kanan
buat model
lalu masukkan modelnya ke dalam part

export model

buat file def
file def biasanya terletak di alamat def/world/curve.model.sii, buka menggunakan notepad plus plus
di bagian dalam kita tentukan kodenya mengikuti kode default, hanya diubah ID dan nama partnya saja, tanpa mengubah strukturnya, contohnya kurang lebih sebagai berikut:
...
curve_model : curve.idmasingmasing
{
name: "nama curve terserah apa saja"
model_desc: "/...alamat file pmd.pmd"

variation[]: "var1 | center : 1.0"
overlay[]: "center | end1 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"

variation[]: "var2 | center2 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"

variation[]: "var3 | center3 : 1.0"
start_part[]: "start"
end_part[]: "end"
...

sedikit penjelasan def di atas
setiap variation ada start_part dan end_partnya, terserah apakah mau diisi atau tidak, tinggal mengikuti format bawaannya saja.
kode di atas juga ada tulisan
overlay[]: "center | end1 : 1.0"
overlay ini maksudnya part "end1" ini bakal muncul di part "center" di kedua sisi, di pinggir part "center", jadi satu part "center" akan muncul dua part bernama "end1".





Cara Fix Model ETS 2 Belang
Model belang ini muncul saat masuk di simulator ETS 2, dimana kemunculannya terjadi begitu saja, padahal tampilan di Blender awalnya tidak muncul belang, namun setelah kita export dan kita panggil menggunakan def, belang muncul begitu saja di editor map/simulator, munculnya pun di bagian yang tidak kita inginkan, misalnya malah muncul pada model yang rata, sehingga malah menjadi aneh seperti contoh di gambar ini, terlihat permukaan tembok yang seharusnya rata, muncul belang bayangan seolah tidak rata. Hal ini disebabkan karena proses edit mengedit di Blender tadi, seperti saat meresize, memotong, dan sebagainya.

nah bagaimana cara memperbaikinya? berikut ini saya tuliskan caranya, sekaligus sebagai pengingat saya sendiri agar tidak lupa, karena sesuai hadist, ikatlah ilmu dengan menulisnya, jadinya biar tidak lupa juga, seperti biasa saya tulis saja disini.


cara ini sebenarnya sudah bertebaran di internet, namun seperti biasa masih terbatas dalam bahasa Inggris, dan biasanya bila kita tidak paham Bahasa Inggris tentunya akan susah mencari kata kuncinya, karena kalau kita hanya menggunakan translate saja, misalnya kita translate belang ke bahasa Inggris, malah muncul stripped, dan yang muncul bukan tutorial yang kita butuhkan, atau misalnya juga kita search gosong dalam bahasa inggris di-translate-kan sebagai burnt maka juga tidak muncul tutorial yang kita butuhkan, padahal ternyata ini hanya masalah bayangan atau shading, saya sendiri kemarin malah memasukkan kata kunci "fix mesh blender", sehingga nemu tutorial di youtube1. meskipun tidak ada tutorial yang spesifik menjelaskan langsung ke ETS 2, adanya hanya tutorial yang menjelaskan kemunculan belang di Blender saja, setidaknya cara ini bisa kita pakai untuk memperbaiki model gosong di ETS 2, karena memang sudah saya praktikan sendiri, dan ternyata berhasil.



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
0 Ubah menjadi object mode
0a Klik model yang ingin kita perbaiki, memang harus kita kerjakan satu-satu per piece
1 Klik logo gambar obeng
2 Add modifier, pilih modifier weight normal
3 Ubah Weight menjadi 80
4 Cek list Keep Sharp
Lalu Apply

lalu lakukan pada object/piece yang lain.


sumber : 1https://youtu.be/Hecjzu-8Ukk?si=FhqfCaM10E1O7lEr


Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]