Monday, October 11, 2021

Cara Tutorial Persiapan Import Model ETS 2 1.41

Berikut ini adalah catatan saya dalam persiapan import model 3D ETS 2, cara ini saya pakai di ETS 2 versi 1.41, cara sebelumnya pernah saya posting disini, perbedaannya cara kali ini lebih sederhana daripada cara yang lama. Memang tutorial ini mungkin sudah ketinggalan jaman ya, karena sebenarnya tutorial ini sudah banyak bertebaran di internet.


Download dan Pasang Bahan-bahannya
Blender
Blender versi terbaru, bisa di download di www.blender.org/download, pilih sesuai spesifikasi komputermu, apakah 32 bit atau yang 64 bit, pilih juga sesuai seleramu, apakah mau download yang portable ataukah yang versi installer, jangan lupa di ekstrak dulu menggunakan ekstraktor 7zip, winzip, winrar, atau semacamnya sebelum diletakkan di foldermu.

Update 27 Juli 2023, untuk mengikuti tutorial ini sebaiknya mendownload blender versi 2.93, karena bisa jadi bila menggunakan blender versi 3, tidak bisa berjalan sesuai tutorial ini, untuk mendownloadnya bisa didownload di alamat download.blender.org/release/Blender2.93, setelah didownload, letakkan sesuai folder yang diinginkan, atau bisa mengikuti folder saya di bawah ini. Ukuran download sekitar 193 MB.
Contoh kalau saya memilih yang portable lalu saya letakkan di folder
E:\Program\, sehingga urutannya menjadi seperti ini
D:\Program\blender-2.93.2-windows-x64

Blender Tools
Blender Tools ini bisa kita dapatkan di sini modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Tools/SCS_Blender_Tools/Download, setelah didownload, silahkan ekstrak dan letakkan di folder script blender di atas, contoh punya saya, saya letakkan di folder
E:\Program\blender-2.93.2-windows-x64\2.93\scripts\addons
sehingga urutan filenya menjadi sebagai berikut
D:\Program\blender-2.93.2-windows-x64\2.93\scripts\addons\io_scs_tools


Convertion Pix and Wrapper
bisa didownload di sini github.com/simon50keda/ConverterPIXWrapper/releases,
setelah didownload, silahkan extract isinya di folder script blender seperti di atas, jadi dalam contoh punya saya filenya menjadi seperti ini
D:\Program\blender-2.93.2-windows-x64\2.93\scripts\addons\io_converter_pix_wrapper


Convertion Tools
Download dari sini modding.scssoft.com/wiki/Documentation/Tools/Conversion_Tools#Download_.26_Installation, atau kalau linknya mati tinggal kalian search dan googling sendiri di website scs moddingnya.
contoh punya saya, setelah di download, lalu ekstrak dan letakkan di folder terserah kalian, contoh punya saya, saya letakkan di folder ini
E:\Program\scs modding\conversion_tools_2_12


Mengaktifkan addon di blender

Buka Aplikasi Blender, contoh punya saya dengan mengklik program E:\Program\Blender\blender-2.93.2-windows-x64\blender.exe,
setela terbuka pilih
1. edit-preference
2. pilih addons
3. search scs
4. cek list dua duanya, baik itu scs tools maupun converter pixnya
5.simpan
6. selanjutnya klik gambar printer
7. isi convertion tool path sesuai folder yang tadi kita buat,
contoh punya saya, saya isi
E:\Program\scs modding\conversion_tools_2_12\


itulah persiapan awal settingan awab blender agar bisa mulai digunakan untuk import model ETS 2, thanks to dolananchanel blogspot
myspacenote.blogspot 2021


Update April 2023
klik gambar obeng
scs project base path
setting folder base pathnya (folder ini nanti yang akan kita isi dengan file gambar berekstensi tga)
contohnya punya saya
C:\Users\User\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod

Setting juga direktori direktori di bawahnya (yang berwarna merah-merah), sesuaikan dengan alamat filenya masing-masing, tentunya untuk mendapatkan file-file tersebut harus mengekstrak dulu file scsnya menggunakan scs extractor.



Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]