Sunday, October 10, 2021

Ethernet WIFI Laptop Hilang Lost

Pernah mengalami adapter wifi laptop hilang? barangkali ada yang pernah mengalami hal yang serupa dengan saya ya, dimana kondisinya seperti wifi beserta hardware di laptop benar-benar lenyap tak berbekas terdeteksi, bagaimana cara mengatasinya, bagaimana cara biar bisa kembali?


Sebelumnya saya akan memberikan gambaran spek laptop saya asus A441U, windows 10, merk WIFI adapternya Qualcomm Atheros AR956x, untuk melihat ini bisa melalui
network internet seettings,
view hardware and connectioon properties
Kalau punya saya, hilang disini bukan sekedar wifi non aktif ya, tapi sampai logo wifi di pojok bawah benar-benar hilang, selain itu di
device manager
juga hilang adapter tersebut, jadi ini sebenarnya pengalaman saja ya bukan tips, atau tutorial karena saya sendiri juga kurang tahu mengapa setelah seharian hilang, kemudian muncul lagi besoknya, kali ini saya share apa yang saya lakukan di laptop saya.

Pertama kali menggunakan cara di yutub, ini youtube.com/watch?v=0TnIX220A3g
setelah ini dilakukan memang tidak terjadi apa-apa, lalu yang saya lakukan adalah masuk bios

tekan F2 saat booting, (tombol bios key bisa berbeda-beda setiap jenis laptop)
lalu cari menu adapter wifi, aktifkan
setelah ini dilakukan memang tidak terjadi apa-apa, adapter wifi masih hilang bahkan sampai direstart berkali-kali masih tetap hilang

Akhirnya gogling-gogling gogling, coba buka device manager, klik show hidden files, ternyata disitu masih ada adapter cuman terlihat saat show hidden di klik, namun jika dilihat klik kanan propertiesnya akan muncul tulisan
" status properties di devie manager
Currently, this hardware device is not connected to the computer. (Code 45)

To fix this problem, reconnect this hardware device to the computer."

lalu saya unistall, ternyata setelah unistal dan direstat laptop/komputernya, adapter wifi masih belum muncul juga.
akhirnya nyerah

Langkah selanjutnya yaitu akan mereset ulang pc, menunya tinggal klik icon windows, lalu search reset PC atau reset apalah,
tapi masih mikir-mikir karena ternyata aplikasi yang sudah terinstal bakalan di delete juga walaupun ada pilihan tetap menjaga
file-filenya.

Telepon teman, akhirnya akan diputuskan memakai cara manual, yaitu beli wifi receiver eksternal yang sekarang sudah gampang dicari di toko online, entah ini merk yang bagus yang mana, silahkan yang tau komentar di bawah, jadi nanti alatnya ini mengambil port USB laptop kita, jadi nanti dimasukkan ke port USB, padahal port USB saya cuman dua, yaudah daripada ngga bisa berjalan normal, alias daripada beli laptop baru, diputuskan beli adapter dan USB multicoloknya.


Ternyata pagi ini hari berikutnya, nyalain laptop, wifi muncul tiba-tiba, entah ini karena memang sistemnya ada semacam otomatis istirahat kali ya, karena memang adapter wifi di laptop saya ini memang selalu bekerja keras.

Terakhir dinyalakan kembali wifi hardware internal mati lagi alias hilang lagi, akhirnya kembali menggunakan cara pamungkas dan manual yaitu beli wifi adaptor eksternal,

Kali ini beli yang 150 Mbps tp link, entah ini akan bertahan sampai kapan menghadapi gempuran dari saya, kita lihat saja.

OK itu saja pengalaman dari saya, siapa tau ada yang masih bingung googling dan nyasar kesini.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]