Tuesday, August 29, 2023

Cara Memperbaiki Kaca Akuarium ETS 2


Selamat sore semuanya, kali ini saya akan menulis lagi catatan tutorial cara memperbaiki kaca akuarium atau kaca yang terlalu terang atau memperbaiki kaca efek kartun, atau apapun itu sebutannya, kondisinya silahkan lihat saja gambar di atas ya, sebelum melanjutkan membaca tutorial ini, sebaiknya memahami dulu cara import1 dan export2 model ets 2 di blender dulu, karena kita hanya akan berbicara settinga-settingan di blender saja sebelum dilakukan export. Bagi yang penasaran cara import dan export model, tenang saja, sudah saya tulis semua di blog ini, tinggal dibaca saja berulang-ulang dan dicoba, baik, jika sudah silahkan teruskan membaca cara mengatasi kaca akuarium di bawah ini ya. Perlu diingat tutorial ini bukan bermaksud menggurui atau maksud lain, hanya untuk pengingat saya sendiri sekaligus untuk pembaca yang siapa tahu nyasar kesini ya.


Untuk memperbaiki texture ini ternyata bukan terletak pada harus menyamakan settinga material dengan material bawaan ETS 2, karena ternyata masing masing object mesh memiliki settinga material sendiri-sendiri, yang tidak bisa disamakan satu sama lain, misalnya settingan material kaca truk bawaan SCS, ternyata tidak bisa diaplikasikan pada settingan kaca mod bus tertentu, karena ini pernah say alami.

Mengenai posisi UV Map, ternyata tidak berpengaruh pada kaca ini, jadinya apa dong?
setelah saya coba-coba ternyata caranya cukup simpel, tidak ribet harus mengganti warna dds, caranya yaitu bermain pada settingan Diffuse dan Tint saja. Namun sebelumnya ada baiknya kita setting dulu pencahayaan di blender disesuaikan dengan pencahayaan di ets 2, dengan mengarahkan settingan sun profile ke
D:\game\Euro Truck Simulator 2\def\def\climate\default\nice.sii atau sesuai folder masing-masing dimana kalian mengekstraknya.








Misalnya untuk settingan kaca dari model bus ini ternyata memiliki settingan Diffuse dan Tint seperti ini


Diffuse disetting ke RGB dengan nilai masing-masing 0 atau warna hitam
Tint disetting di RGB dengan nilai masing-masing 0,5


dan bila kita ubah lagi diffuse, specular, dan tint juga akan berbeda lagi hasilnya, contohnya seperti ini yang jadinya terlihat seperti memakai kaca helm ya.




Tentunya angka di atas tidak bisa menjadi patokan angka yang benar, karena masing-masing object
ternyata memiliki settingan material masing-masing, hanya butuh dicoba-coba setting angka, eksport, masuk game, bila kurang pas, ulang lagi, dan seterusnya, sampai kira-kira pas.



Referensi
1https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-import-model-scs-versi-ets-2-141.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/04/cara-eksport-model-3d-di-ets-2-versi-141.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]