Thursday, August 17, 2023

Langkah Membuat Papan Jalan di ETS 2



Selamat siang semuanya, kali ini saya akan mencatat lagi biar saya sendiri tidak lupa ya, hal yang sebenarnya remeh temeh ya, namun ternyata cukup rumit juga, karena untuk satu papan jalan sampai membutuhkan empat file def, berikut ini langkah/cara/tutorial membuat papan jalan di map ets 2, papan jalan yang berwarna hijau dan biru itu ternyata tidak dibuat di blender ya ges, namun ternyata bisa dibuat langsung di editor mapnya, plus edit sedikit file defnya, jadinya secara ukuran, akan jauh lebih hemat ukuran mapnya daripada harus membuat model satu-satu. karena hanya menggunakan file def saja. Berikut ini saya tuliskan langkah-langkah bagaimana membuatnya.

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah masuk ke editor map dulu, untuk caranya silahkan googling saja caranya. Kalau offline dengan menulis target "-edit namamap" di shortcut ETS 2, atau kalau versi steam, dengan menuliskan "-edit namamap" di kolom target.


Buka Editor Map
di bagian Content Browser pilih Sign Template, kemudian pilih salah satu
mialnya kita akan edit sign template bernama tr_hw_arm_exit_right_v10

klik kanan gambar tersebut,
pilih edit

klik kanan lagi pada gambar
edit board, lalu edit-edit saja sesukamu


jika sudah selesai, bisa di save as saja,
hasil save as, menghasilkan dua file def board,
- def\sign\boards.namaunik.sii
- def\sign\board\namaunik.sii

ini masih belum kita gunakan di map editor, kita harus membuat templatenya agar bisa digunakan, untuk membuat templatenya ya tinggal memakai template bawaan tadi, lalu pada bagian board kita arahkan ke nama board kita yang telah kita buat tadi. Pertanyaaannya board yang kita gunakan board yang mana? silahkan lihat di bawah.



di bagian menu content browser-sign template yang kita buka tadi, lihat di pagian information,
maka akan menemukan alamat file template yang digunakan,
/def/sign/template/tr_hw_arm_exit_right_v01.sii
setelah dicatat, kita tutup map editor kita,


nah tugas kita selanjutnya adalah membuat file def template yang baru dengan menggunakan isi template
/def/sign/template/tr_hw_arm_exit_right_v01.sii yang kita modifikasi sedikit.
yaitu edit di bagian
- template_name: namaunik dan bagian
- board
(linked_board: sign_board.namaunikboardkita) (kita arahkan board yang sudah kita buat tadi.) kemudian simpan dengan nama sesuai kemauan kita.

yang kita buat berarti file
def\sign\templates.namaunik.sii
def\sign\templateamaunik.sii



seetelah selesai, packing semua file board dan template menjadi zip atau menjadi file berekstensi scs, baru masuk editor map, dan papan sudah siap digunakan di map editor, yaitu sudah muncul di bagian sign template.



Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]