Wednesday, May 15, 2019

Melihat Sejarah dari sebuah Tutup Saluran Air




‎Johanes Christiono‎ ke MIK SEMAR (Media Informasi Kota Semarang)
12 Mei pukul 13.46
#miksemarwaktuitu
#miksemarinfo
#miksemarsejarah

Belajar dari Tutup Saluran

Orang Eropa, sejak masa kejayaan kerajaan-kerajaan dahulu, jika membangun apa pun pasti meninggalkan jejaknya. Entah itu tembok benteng, pintu gerbang kota, saluran air atau jembatan pasti ada penandanya. Dan biasanya tertera tahun pembangunan dan jatidirinya.
Belanda adalah salah satu dari sekian kerajaan (yang sekarang masih ada) namun pernah berjaya dahulu. Dan ketika menjajah Hindia Belanda juga meninggalkan jejaknya.
Di Kota Lama Semarang yang merupakan Little Nederland juga ada jejaknya. Bukan saja bangunan yang masih berdiri pada masa sekarang namun penandanya ada.
Coba tengok tutup saluran air yang ada di kawasan itu, dahulu ada besi penutup lubang inspeksi yang asli buatan Belanda.
Bukan sekedar penutup, namun ada bentuk batas kawasannya.
Setelah direvitalisasi, penutup itu diperbarui. Mungkin saja yang lama dan asli sudah banyak dicuri atau disimpan. Dan sekarang diganti baru. Namun bentuknya masih mirip. Di bagian tengahnya ada bentuk kawasan Kota Lama yang dibatasi benteng, sesuai peta kuno yang ada.
Jika sedulur jalan-jalan coba perhatian hal-hal kecil seperti penutup saluran itu.
Benteng kota lama pernah ada pada awal berdirinya kawasan itu pada tahun 1700an.
Foto peta Age Nidjiholic Karisma. Maturnuwun.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]