Berikut ini adalah catatan pengingat saya dalam mengutak-atik UKTS, semoga berguna ya, mod mengganti waktu, misalnya kita pengen siang jadi malam dan sebagainya, mod mesin mungkin kamu merasa settingan mesin terasa kurang real, terlalu tinggi atau mungkin terlalu galak, ga simulator banget istilahnya, juga mod camera penumpang misalnya kamu pengen meletakkan kamera di atas ala cctv bus, atau di posisi penumpang, atau mungkin pas dibelakang sopir, atau di posisi lain yang menjadikan serasa rekaman anak bismania.
Mengganti waktu pada UKTS
buka folder Documents\UK Truck Simulator\save\x
(x ini biasanya angka), Angka ini juga banyak kalo saveanya juga banyak, biar tau savean kita yang mana memang harus buka satu-satu folder tersebut, lalu buka file info.sii menggunakan notepad, disitu bakal keliatan nama save savean kita tadi, setelah ketemu yang mana mau diubah, barulah kita ke tahap selanjutnya.
buka file game.sii menggunakan notepad
ubah angka pada game_time
misalnya game_time: 21235, saya masih belum paham juga angka ini, tapi sepertinya dua angka di belakang adalah menit, dan tiga angka di depan adalah total jam, jadi kalo pengen lebih cepet dua jam, tinggal 21235 diubah menjadi 21035,
setelah itu save (silahkan dicoba-coba sendiri)
Mengganti kekuatan mesin
sama seperti di atas, memakai file game.sii, buka dengan notepad
ganti angka pada semua torque, kenapa harus diganti semua? karena ane juga belum paham torque mana yang sebenarnya tepat harus diganti, jadi biar gampang ganti aja semuanya.
Bikin sendiri Mod Camera Penumpang
mod kamera ini ngutak-atiknya ada di folder def-camera-units
disitu bakal ketemu file file settingan kamera.
buka file tv_basic.sii menggunakan notepad
file bernama tv_basic.sii ini adalah settingan kamera pinggir jalan(key 7)
nah sekarang gimana biar kalo kita pencet angka 7, bisa langsung kamera penumpang? jawabannya ya kita otak-atik aja file ini
buka file tv_basic.sii menggunakan notepad
pada kalimat pertama ada tulisan
actor_tv_camera: camera.tv.basic
diubah menjadi :
actor_interior_camera: camera.tv.basic
(ini kalo dibahasakan manusia : menggunakan perintah camera.tv.basic diubah menjadi interior actor, kalau belum mudeng, tetep lanjutkan)
setelah itu selanjutnya kode di dalam kurung kurawal ({ }) itu kita comot dari file interior, misalnya ane karena lagi pake man_tga maka saya copas dari file interior_man_tgx.sii tersebut.
kalo sudah selesai tinggal kita atur posisi kameranya, berikut ini contoh posisi kernet
camera_offset: (-0.49, 2.3, -4.0)
-0.49 diatas adalah x
2.3 menunjukkan jarak y
-4.0 menunjukkan jarak z
semua sumbu tersebut posisinya tepat berada di tengah tengah bus, jadi kalo pengen agak keatas, sumbu y ditambah angkanya, pengen agak kebelakang bearti sumbu z ditambah, atau pengen agak ke kiri tinggal sumbu x dikurangi.
ini contoh lengkapnya mod camera kernet saya
actor_interior_camera: camera.tv.basic{ga usah otak atik shake anim, liat aja koordinat camera_offset di atas.
camera_offset: (-0.49, 2.3, -4.0)
mouse_right_limit: -80
mouse_left_limit: 70
mouse_up_limit: 25
mouse_down_limit: -35
mouse_up_down_default: -8
mouse_sensitivity: 0.16
uplift: 0.0
camera_fov: 72
left_hand_drive: true
shake_anim_step: 0.015
shake_anim_scale_min: 0.0008
shake_anim_scale_max: 0.01
shake_anim[]: (-0.0581639,-0.243802,0.375891)
shake_anim[]: (-0.9445,-1.27531,1.32335)
shake_anim[]: (-0.590479,-1.22611,1.0421)
shake_anim[]: (-0.998866,-0.291616,-0.50758)
shake_anim[]: (0,0,0)
shake_anim[]: (2.04924,1.5059,1.24094)
shake_anim[]: (2.17753,2.35703,1.18031)
shake_anim[]: (1.38745,2.92975,0.647993)
shake_anim[]: (0.342338,0.696978,-0.219261)
shake_anim[]: (0,0,0)
shake_anim[]: (0.217603,-1.99907,-0.170412)
shake_anim[]: (-0.391712,-2.20946,-0.665008)
shake_anim[]: (-0.184629,-1.66025,-0.310759)
shake_anim[]: (-0.00937454,-0.583986,0.0791465)
shake_anim[]: (0,0,0)
shake_anim[]: (0.134371,0.429192,0.0073652)
shake_anim[]: (0.119819,0.528947,0.577297)
shake_anim[]: (0.118208,0.174448,0.567321)
shake_anim[]: (-0.160733,0.170815,0.358096)
shake_anim[]: (0,0,0)
shake_anim[]: (0.147667,-0.0925476,-0.176833)
shake_anim[]: (0.118013,0.0182714,-0.0923972)
shake_anim[]: (0.00812901,0.0384921,-0.0889907)
shake_anim[]: (-0.0130762,-0.0010251,-0.0179988)
shake_anim[]: (0,0,0)
shake_anim[]: (0.00913631,-0.000334663,-0.0130952)
shake_anim[]: (0.00279858,-0.00609403,-0.000160845)
shake_anim[]: (0.000800094,-0.00396091,-0.000741665)
shake_anim[]: (-9.00386e-005,-0.000731371,0.000466767)
shake_anim[]: (0,0,0)
}
catatan lagi hasil settingan air suspension Mod Bus Jbuni edit spesial r 106 by NoegRho
{
chasis_data: chasis.jbuni
{
# The air resistance and the wheel rolling resistance force constant
cdrag: 1.0
ccr: 100
# The frontal area of the vehicle for the resistance force computing
frontal_area: 100.0
#suspension parameters for rear wheels
rear_cfm: 0.0007
rear_erp: 0.35
rear_uplift:-0.07
# suspension parameters for front wheels
front_cfm: 0.0015
front_erp: 0.7
front_uplift: -0.15}
}
Livery for Mod Bus SR-1_BETA by Syafitrah Priyo Hastantyo Karya Jasa warna kuning bisa didapat disini
setelah didownload ganti nama dengan cat, dan replace file dds pada mod Legacy SR-1 Betanya
maaf bang oot cuman mau nanya soundtrack / judul lagu yang ada di video Kumpulan Video Goyangan Bis Bismania - Awesome Bus Manuver itu apa ya??? banyak yang nanya judul lagu nya tapi gk tau identitas abang di deskripsi juga gada judullagunya cuman ada website/ blog abang. plis bang kalo tau bales comentannya di youtube
ReplyDeletehehe durung paham maksudte opo iki? :D
ReplyDelete