Saturday, July 18, 2020

Cara Import Model Anim UKTS

Selamat sore semuanya, kali ini saya akan mencatatkan cara mengimport model dan mengeksport model animasi UKTS sampai bisa masuk game UKTS, hal ini supaya bisa menjadi pengingat saya sendiri di kemudian hari, atau bisa jadi kalian pengen memodifikasi animasi ini sesuka kalian. Apa itu UKTS?, silahkan riset sendiri ya, setelah kalian menginstal UKTS kalian juga perlu menginstal beberapa alat-alat yang dibutuhkan di bawah ini. Sekedar saran bagi yang ingin belajar, bila kalian ada yang belum paham sebaiknya dibaca lagi dan lagi, kalau belum paham juga kalian baca lagi berkali-kali sampai kalian paham ya, jadi silahkan kalian paksa diri kalian sendiri untuk paham, bukan hanya saat membaca ini saja, tapi juga saat mempelajari yang lain, karena sebenarnya tutorial ini sudah dibuat dengan sangat detail dan mudah.

Alat yang dibutuhkan
1. Game UKTS yang sudah terinstal
2. Zmodeler3 yang bisa kalian cari sendiri downloadannya di internet
3. Winzip atau 7zip juga boleh

Tahap persiapan
Tahap ini boleh kalian skip bagi yang sudah paham, karena tahap ini adalah tahap dasar dari modifikasi game UKTS. Intinya kalian mengekstrak file yang ingin diimport, lalu letakkan di folder base, dalam hal ini saya menentukan folder dengan alamat F:\Game\Map project sebagai alamat folder base saya, kalau masih belum jelas silahkan baca terus di bawah.

Pada bagian ini dimulai dari mencari dimana folder UKTS diinstal, kalau punya saya folder UKTS terinstal di folder C:\Program Files (x86)\UK Truck Simulator, mungkin bisa saja berbeda tergantung saat kalian awal menginstal game ini.

Setelah ketemu buka file base.scs menggunakan winzip/7zip, buka terus sampai ketemu folder berisi file untuk animasi truk, sebagai contoh saya akan menuju
"C:\Program Files (x86)\UK Truck Simulator\base.scs\vehicle\truck\" tunggu dulu sampai sini, lanjut langkah di bawah.

Lalu pada folder base yang sudah kita tentukan tadi, (kalau contoh punya saya, saya memilih folder dengan alamat "F:\Game\Map project" sebagai folder base saya), di dalam folder base, kemudian buat new folder dan dinamai sesuai nama folder di struktur UKTS sebagaimana yang kita lihat di winzip tadi, dalam hal ini saya membuat new folder sehingga urutannya menjadi seperti ini
"F:\Game\map project\vehicle\truck\"

Langkah selanjutnya pindah kembali ke jendela winzip/7zip tadi, ektrak folder daf_xf ke folder base yang sudah kita buat tadi, dalam contoh saya, saya mengekstrak folder daf_xf ke folder base di alamat "F:\Game\map project\vehicle\truck\" sehingga, setelah saya ekstrak, folder "F:\Game\map project\vehicle\truck\" yang tadinya kosong, sekarang sudah ada isinya yaitu beberpa file dari hasil ekstrak winzip/7zip tadi.
Isinya yaitu folder daf_xf beserta file di dalamnya.


Tahap Import
Buka Zmodeler3, jika ada pilihan rendering, silahkan pilih sesuai komputer masing-masing, atau kalau tidak paham langsung klik OK saja

- Klik Import pada menu di atas(lihat gambar), setelah jendela terbuka, pilih file typenya seperti biasa adalah pmd, kemudian base scs pilih folder yang dijadikan base, klik browse, dalam hal ini saya pilih folder base sebagaimana yang saya tentukan di awal tadi, lalu jika sudah ketemu, klik OK

-Lalu untuk file name, import file bernama anim.pmd, dalam hal ini saya mengimport file anim.pmd yang sudah saya install tadi di alamat "F:\Game\map project\vehicle\truck\daf_xf\interior\anim.pmd"
lalu klik OK

Catatan: dalam hal ini kita mengabaikan material dulu ya, karena animasi di interior menggunakan material lebih dari satu, kali ini kita pakai satu saja agar lebih mudah.

-Setelah itu kalian akan menemukan pesan eror can't open file for read dan seterusnya, itu kita abaikan terlebih dahulu,

-Klik default untuk memunculkan modelnya
selamat kalian sudah bisa import anim UKTS
myspacenote.blogspot 2020
selanjutnya adalah memberi texture dan eksport anim UKTS yang bisa kalian lihat pada postingan berikutnya.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]