Thursday, July 30, 2020

12 Hal Terlarang Mobil Matic

Berikut ini rangkuman mengenai beberapa hal terlarang menggunakan mobil matic seperti yang disampaikan di youtubenya Pak Widi Mandiri, karena bisa menimbulkan kerugian material bagi pemiliknya.

1. Jangan menerjang genangan air, jikalau terpaksa, paling setengah ban, dan jangan ngebut, hal ini karena ada lobang penguapan pada gearbox yang rentang kemasukan air, hal ini sangat penting, bagaimana bila ternyata airnya masuk? jika masuk cek pada oli transmisi metic, ambil sticknya bila ada warna putih, mending kuras oli transmisinya. menurut Pak Widi bila kena, dapat menimbulkan kerugian uangyang cukup signifikan.

2. Pergantian oli transmisi, pengalaman Pak Widi oli habis pas kilometer 55 ribu, sebelum jarak standard 60.000, makannya oli transmisi ini harus rajin dicek, karena adanya penguapan yang terus menerus, selain rutin dicek, juga pilih oli sesuai anjuran dari dealernya. kemudian umur mobil juga pengaruh, untuk mobil lama ganti sekitar 20 ribu kilometer.

3. Kalau ganti R ke D harus pada saat mobil stop, kalau mobil manual yang buat balap-balap ga masalah, kalau tips ini bisa bikin hancur gearbox, yang butuh biaya puluhan juta.

4. Hati-hati saat bawa anak-anak, pengalaman Pak Widi, ternyata anaknya pernah nyenggol tuas transmisi pas berhenti di lampu merah, langsung deh mobil jalan sendiri walaupun sudah di hand rem. hal ini sangat berbahaya sekali.

5. Ukuran ban mending pake ban standard, jangan pake ban yang terlalu gede agar tidak membebani.

6. Kebiasaan saat berhenti di lampu merah, jangan sampai pas berhenti tapi posisi transmisi di D sambil direm, ini bisa bikin aus roda kopling matic, saran Pak Widi, masukin posisi gigi ke N, dan di hand rem.

7. seperti yang disampaikan Pak Widi minimal 4 detik untuk dipindahkan ke D, keliatannya sepele tapi luar biasa bagi kalian.

8. Saat akan parkir, pastikan gigi di posisi P, jangan hanya di N, kalau di N, ada bahayanya karena berbahaya, jika pakai P, ada bantuan Rem.

9. di tanjakan kalau berhenti lama pakai gigi P, dan didukung dengan rem tangan

10. Saat start, harusnya setelah pindah ke D, ngegasnya harus slow, jangan langsung injak full gas, karena onderdil gearbox bisa rusak.

11.Pemakaian triptonik, jangan langsung gas pol, harus gas pelan2, smooth, karena bisa saja gearbox rusak 30 juta melayang.

12. Tips saat parkir paraler tanpa handle aktif, caranya sebelum mesin mati, arahkan posisi transmisi ke P, matikan mesin, cabut kunci, masukkan kunci ke lubang shift lock, baru ganti tuas ke transmisi N. Hal ini penting saat menghadapi tempat parkir yang sempit.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]