Saturday, July 18, 2020

Cara Eksport Anim ke UKTS

Halo gaes selamat pagi siang malam kapanpun dan dimanapun kalian berada saat membaca ini, kali ini saya akan share tutorial eksport anim UKTS sampai bisa digunakan di truk yang kalian pake, tutorial ini dibuat dari hal yang paling sederhana dulu ya, tanpa menggunakan texture yang rumit, kita pakai texture yang sederhana dulu saja, jika ini paham, selebihnya kalian bisa kalian kembangkan sendiri. Setelah tadi kita berkutik bagaimana import model animasi interior truk UKTS ke zmodeler3, langkah selanjutnya adalah seperti yang bisa kalian baca di bawah, cek this out.


Untuk mengikuti tutorial ini sebaiknya kalian mengikuti tutorial sebelumnya agar nyambung, karena tutorial ini adalah sambungan tutorial sebelumnya yang tidak saya ulang, kalau kalian pengen ulang tinggal klik tutorial sebelumnya. dalam tutorial ini, ada alat tambahan yang dibutuhkan yaitu notepad ++ yang bisa kalian dapatkan dengan cara googling ya, lanjut...

ok tugas kita selanjutnya adalah mensetting texture

Langkah pertama saya ibaratkan model 3dnya itu badan, kemudian texture itu pakaian, langkah pertama adalah membuat pakaiannya dulu
Setting Texture

Kali ini kita pakai satu texture yang sederhana dahulu saja ya,

buka menu material browser, lalu rename salah satu material menjadi xxx.dif_spec, xxx ini boleh kalian ganti dengan sembarang tulisan, tapi huruf setelah itu harus pakai titik lalu kode texture, dalam hal ini kita pakai saja dif_spec yang paling gampang, nanti ada bermacam-macam kode texture yang bisa kalian baca disini, ada dif_spec.add.env, dsb.
Dalam hal ini saya menamai salah satu lingkaran lingkaran tersebut menjadi anim.dif_spec seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Double Klik pada bola yang sudah kita rename tadi untuk memunculkan Jendela Material Properties, jika berhasil kalian akan melihat seperti tampak pada gambar di bawah

Selanjutnya pilih pada bagian Mask
isi Texture Map dengan file dds,
caranya pertama klik pada 3 titik tersebut lalu akan muncul jendela baru lagi texture browser
pada gambar contoh di atas klik add, lalu silahkan cari file dds yang akan kalian pakai, dalam contoh ini saya akan menggunakan texture wood.dds sebagaimana tampak pada gambar di atas. lalu klik Open, lalu OK

Lalu setelah itu kembali lagi ke material browser, disitu Texture Map sekarang telah terisi dengan wood.dds, lalu kita tutup jendela Material Propertiesnya dengan menekan ESC atau mengklik tanda silang

Kembali lagi pada jendela Material Browser, jika kalian berhasil, maka bulatan yang tadinya berwarna abu-abu sekarang berwarna seperti material yang kita ambil tadi,
material yang lainnya kita hapus saja hingga tersisa dua material, yaitu material "default material" sama material "anim (dif_spec)" tadi, kalau mau hapus caranya klik bulatan-bulatan tadi, lalu klik delete, kita sisakan yang mau kita pakai saja
setelah selesai klik OK

sampai sini save project kalian untuk mengantisipasi zmodeler3 ini crash seperti yang saya alami barusan.



Langkah selanjutnya adalah memakai pakaian
Pergi ke "Scene Node Browser" pilih "Properties"
Klik pada tanda plus di samping anim di bawah, lalu cari sampai ketemu "Pcube..." Klik "Pcube..." lalu klik "isolated" di bawah, sehingga tampilan akan tampak seperti ini
pada menu "polygon" material kita pilih material yang kita buat tadi, dalam contoh ini saya memilih material "anim (dif_spec) seperti tampak pada gambar di atas, setelah itu jangan lupa klik "Apply"
langkah ini artinya kita memakaian pakaian "anim (dif_spec) pada model yang bernama "Pcube..."

Lakukan hal ini pada semua model tanpa terkecuali ya, jadi dalam contoh ini, setelah saya klik "Apply" lalu saya klik model di bawahnya "Pcubeshape2" sampai pada model bernama "joint28" lalu dipakaikan pakaian yang bernama "anim (dif_spec)" sebagaimana contoh di atas.


Langkah selanjutnya setting "Defined Options"
prosedur ini adalah mensetting alamat folder yang tepat yang nantinya menempel pada file pmd kita, caranya pada "scene nodes browser" klik "anim" (masih dalam isolated mode), cari tulisa user defined option, douuble klik lalu isikan alamat yang pengen kita isi dengan mod interior kita, dalam hal ini saya akan letakkan mod interior yang ada animnya di folder "/vehicle/truck/daf_xf/interior"

langkah selanjutnya kita tentukan nama animnya, apakah tetap memakai nama anim.pmd atau yang lain, dalam hal ini saya akan memakai nama anim2, jadi kita klik "anim" lalu rename menjadi "anim2" langkah ini harus diperhatikan karena berkaitan dengan langkah selanjutnya. (jangan lupa untuk selalu save jika sewaktu-waktu zmodeler3 ini crash atau hang)

Langkah selanjutnya adlah ekspor file ini
Klik menu export- save as type pilih pmd, perhatikan base scs harus diperhatikan, dalam contoh ini base path saya sudah berada di alamat "F:\Game\map project"
kemudian hal yang terpenting disini nama filenya harus sama dengan nama yang ada di struktur tadi, dalam contoh saya tadi, saya namakan dengan "anim1", sehingga saya namai saja file saya menjadi "anim1"

apakah sudah selesai, ternyata belum, jika kita tidak mengubah defnya, tentu yang terpanggil di game adalah def bawaan game, untuk itu langkah selanjutnya kita setting def

Setting Def
sebelum setting def tentunya kalian harus mengekstrak defnya terlebih dahulu seperti cara kalian mengekstrak interior sebagaimana cara pada impor anim UKTS pada postingan ini
setelah berhasil kalian bisa lanjut tutorial di bawah ya.

untuk setting def kalian bisa utak-atik defnya di folder
C:\Program Files (x86)\UK Truck Simulator\base\vehicle\truck\definition\

sesuaikan def interior
dalam contoh di atas saya mencoba mengubah interior daf_xf sehingga saya akan membuka file "daf_xf_interior_excl.sii" dengan menggunakan notepad++, mengapa harus notepad++ karena kalau notepad biasa kadang ada karakter yang tidak terbuka, malah menjadikan crash eror saat dipakai di game.

Setelah kalian buka, ubah nama "interior.daf.xf.exclusive" menjadi"interior.daf.xf.xxx" isi xxx dengan terserah kalian namanya apa, kemudian sesuaikan juga anim interiornya, ubah menjadi /vehicle/truck/daf_xf/interior/anim1.pmd seperti yang tadi kita buat.

sesuaikan def truknya
kita buka file daf_xf_a.sii menggunakan notepad plus-plus, ubah "interior_data: interior.daf.xf.exclusive" menjadi "interior_data: interior.daf.xf.xxx" dengan xxx sebagaimana yang kalian namakan di atas, jadi intinya def truk ini memanggil def interior, def interior memanggil model yang kita bikin tadi ya.

Langkah selanjutnya mengepak semua file yang telah kita edit tadi menggunakan winzip, untuk pack ini kalian bebas memilih metodenya ya, karena kalau mengepack sound harus dipilih mode store, caranya

buka folder mod, contoh folder mod saya ada di C:\Users\ASUS\Documents\UK Truck Simulator\mod
lalu klik kanan buat folder yang di dalamnya ada folder juga dan namai sehingga urutannya terlihat seperti berikut ini:
struktur pertama "vehicle\truck\daf_xf\interior\"
struktur kedua "vehicle\truck\definition\"

untuk struktur pertama, di dalam folder interior isi dengan 5 file baru tadi sehingga isinya seperti ini
anim.dif_spec.mat
anim1.pmd
anim1.pmg
wood.tobj

untuk struktur kedua, isi dengan file def yang tadi udah kita edit sehingga isinya
daf_xf_a.sii
daf_xf_interior_excl.sii

terakhir kembali lagi ke folder mod, klik kanan folder vehicle, pilih winzip, pilih add to zip file, klik Add
rename vehicle.zip menjadi vehicle.scs

lalu silahkan coba di game menggunakan truk.daf.xf.a
myspacenote.blogspot 2020

dan inilah hasilnya

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]