Thursday, January 18, 2018

Memperbaiki Texture Model yang Belum Pas

Mungkin kalian pernah menemui model yang kondisinya kurang lebih seperti tampak pada gambar ini, sebelum membaca lebih lanjut ini bukan cara agar pas masuk di game bisa ilang ya gan, karena setelah saya pakai cara ini ternyata di ukts masih aja kacau texturenya.

xxxx

terlihat di dalam gambar pada sisi atas dan beberapa sisinya texture masih belum menempel dengan baik, karena yang terdeteksi hanya texture pada salah satu sisi saja untuk arah hadap texture semua arah, padahal seharusnya untuk arah hadap atas maupun sisi-sisinya memiliki texture yang sama, gampangannya sebuah bidang segi empat menghadap atas, lalu kita mencoba menempelkan kertas cover dari arah samping, tentu dalam kehidupan nyata tidak dapat kita lakukan, tentu jika kita akan menempeli sebuah bidang yang menghadap atas, kita tentu juga harus menempelkan kertas cover kita juga dari arah hadap atas, bukan dari samping,

di dalam zmodeler2, hal itu menimbulkan salah satu texture menjadi seperti tampak pada gambar, dimaana terlihat seperti sebuah garis panjang, yang sebenarnya garis panjang itu disebabkan karena melarnya pixel dari gambar tersebut, bayangkan saja satu pixel gambar, tapi digunakan untuk menutupi sebuah bidang yang luas, tentu hasilnya akan memanjang seperti itu. semoga kalian bisa memahaminya ya. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di bawah.


sebelum menginjak pada langkah inti, sebelumnya perlu kalian ketahui cara impor dan ekspor model terlebih dahulu, untuk ekspor bisa diklik disini, sedangkan untuk impor bisa dilihat disini, setelah kalian sudah berhasil mengimpor model yang diinginkan barulah bisa kita melanjutkan tahap selanjtunya. Yaitu tahap inti untuk mengatasi masalah di atas.
Silahkan mengotak atik pada bagian ini yaitu bagian
- Buka material editor
- klik salah satu material yang digunakan
- pada texture layer klik edit
- pilih advance mode (lihat gambar di bawah)
- pada menu Use UV Mapping, di bawahnya pilih Wrap semua
- lalu OK

untuk lebih jelasnya silahkan melakukan percobaan langkah di atas untuk melihat perbedaannya.
apabila berhasil, maka hasilnya akan seperti ini



catatan tambahan, sebagai pengingat saya dan pembaca sekalian, berikut ini settingan default material di zmodeler2



simple setting


myspacente.blogspot 2017

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]