Masalah pertama, recipient list hilang, padahal di data sumber ada (No record at the recipient list in the Mail Merge),
Seperti biasa saat mail merge berhasil terhubung, biasanya di recipient list tinggal kita pilih data mana saja yang ingin kita tampilkan untuk diprint, namun ternyata kali ini recipient listnya malah kosong, padahal di data sumbernya ada isinya, akhirnya setelah saya googling dengan kata kunci “recipient list mail empty”, nyasar juga ke artikel forum ini dan ketemulah cara mengatasinya
Caranya yaitu pada microsoft word, klik Logo Word sebelah kiri atas(untuk Word 2007)=>Word Option=>Advance=>General=>Centang Confirm file format conversion on open, tutup lalu buka lagi, kemudian pilih tab Mailings=>Select Recipients=>Use Existing List=>Pilih file access atau excell sumbernya=>Centang Show All=Pilih yang via DDE=Pilih tabel/query atau sheet yang mau dijadiin sumber, pernah saya coba dan akhirnya berhasil, namun cara ini tidak bisa menyelesaikan permasalahan kedua.
Masalah kedua adalah fungsi terbilang yang tidak mau terbaca di mail merge, karena ternyata kode terbilang yang dimasukkan sebagai macro di access maupun di excell dianggap kode asing dan malah dianggap membahayakan oleh microsoft, sehingga dishare semacam mail merge pun tidak diperbolehkan.
Bedanya dengan masalah pertama adalah kalau yang fungsi terbilang ini antara word dengan access/excell sumber tidak mau terhubung sama sekali, saat masuk menu =>Use Existing List setelah diklik Excell/Access hasilnya malah tidak mau terhubung. Mungkin ada tahu gimana menyelesaikannya?
kunjungan pertama :)
ReplyDeleteBelum pernah nyoba, tapi ilmunya ini sangat berguna. Makasih ya mas!
ReplyDelete