Sunday, September 16, 2012

Membuat Papercraft

Papercraft merupakan perpaduan seni melipat kertas dan membuat model, kalau origami kan dua dimensi, nah ini dijadiin 3 dimensi, hasilnya bisa seperti miniatur aslinya bermacam-macam seperti bangunan, kendaraan, boneka, sampai bentuk yang rumit seperti bunga. Kalau pengen bikin papercraft sendiri ternyata ada juga aplikasinya lho, tapi kalau males juga tinggal cari di gogle aja, misalnya papercraft boneka danbo yang dari kardus itu, atau papercraft bus yang pernah saya coba kemarin. atau mungkin papercraft anime yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, yang jelas lebih murah daripada beli jadi.

hasil pencarian saya malah dapet model jetbus HD, sama Evobus, model Legacy baik yang biasa maupun yang SR 1 malah belum ketemu, akhirnya saya coba aja yang udah ada, walau masih pake kertas hvs tapi hasilnya lumayanlah,
ini dia Papercraft Bus Royal Safari Solo Semarang dan Haryanto Blue titans kalo gak salah ini Kudus Jakarta, ban belum dipasang, karena ternyata setelah saya print di kertas A4, ukuranya kecil, pake kertas HVS pula kalau dipaksakan bisa jadi malah reyot bannya, sebagai hiasan, bodynya sudah mewakili. juga AC tidak jadi saya pasang karena juga masih pakai kertas HVS.


sekedar tips kalau pengen membuat papercraft yaitu pake aja kertas yang tebal, biar kalau dibentuk tidak mudah lemes, atau tidak terlalu keras, pokoknya yang gampang dilipet tapi juga gak gampang kelipet, contohnya kayak kertas buffalo, kemudian pake lem yang cepet kering, pake lem putih pvac atau lem kertas/castol atau lem yang lainnya, untuk mengelem bagian yang sulit bisa memakai tusuk gigi atau pinset, lalu kalau motong lebih enak dengan bantuak penggaris besi dan cutter, pakai gunting memang bisa sih sebenarnya.

yang sering saya liat sih papercraft danbo, semacam boneka dari kardus bentuk kepala tangan, tubuhnya kotak, dengan wajah yang dilubangin beberapa bagian aja dua mata dan mulut, gak tau kenapa ya bisa disukai, kalau gak salah danbo ini lagi lagi dari Jepang. kalau mau bikin sendiri juga bisa, sediain kardus alat potong, lem, desain yang tinggal donlot lalu print, tempelin, potong dan bentuk, kok kayaknya mudah, tapi saya memang belum mencoba membuat danbo.

Related Posts by Categories



2 comments :

  1. cari tutorialnya, cari model, print, potong, lipat lalu tempel

    ReplyDelete
  2. baru pertama kali mampir, kunjung balik ya
    bagus busnya tapi rodanya gak keliatan

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]