Monday, January 15, 2024

Mencoba Jogging Track Stadion Baru Kebogiro


Selamat pagi kali ini saya akan mereview salah satu Stadion yang masih baru dibangun, yang sekarang masih dibuka untuk umum. Stadion Kebogiro, lokasinya ada di Cepogo, Boyolali, menurut reviu google map, stadion ini terdapat tempat jogingnya juga, nah kira-kira seperti apa kondisinya, khususnya rute jogingnya? yang penasaran silahkan baca terus tulisan di bawah ini.


Mumpung infonya masih dibuka, saya sempatkan mengunjunginya kesana, Saya katakan "mumpung", karena pengalaman melihat stadion-stadion di kota/kabupaten yang lain, di manapun, stadion seperti ini, biasanya tidak dibuka bebas bagi masyarakat umum, biasanya hanya dibuka saat ada pertandingan dengan membayar tiket. Alasan ditutup mungkin karena alasan keamanan, alasan perawatan, maupun karena alasan-alasan yang lain.

Contohnya stadion Gelora Bung Karno, area lari di pinggir lapangan di dalam stadion tersebut tidak bisa dimasuki masyarakat umum yang ingin joging, masyarkat hanya bisa joging di luar stadion, kemudian contoh lain stadion JIS, area joging juga berada di luar stadion, tidak bisa di pinggir lapangannya langsung, Stadion Rawamangun, jalur atletik lari di dalam stadion saat ini juga tidak bisa dimasuki masyarakat umum karena digunakan latihan khusus atlet saja, memang dulunya pernah dibuka untuk umum, saat ini sudah tidak bisa karena area joging dipindah ke area Velodrome.

dan stadion-stadion yang lain, umumnya lokasi joging berada di luar area gedung stadion, tidak persis di samping lapangannya, jadi wajar saja saya katakan "mumpung", mengingat kondisi realitasnya pada umumnya demikian.

Lokasi
saya memanfaatkan google map untuk sampai tujuan, dari Boyolali melalui jalur menanjak. perjalanan memakan waktu kira-kira 15 menit dari kota Boyolali.
sampai di lokasi langsung menuju tempat parkir, tampak dari luar, ada beberapa orang ada yang joging di pinggir lapangan, dan saya lihat pintu stadion ternyata memang benar masih dibuka gratis untuk umum, jadinya bisa langsung masuk.


Jumlah pengunjung
saya mengunjungi sore hari di hari libur, bisa dibilang pengunjung masih sedikit yang memanfaatkan untuk olah raga, hanya beberapa orang yang memanfaatkan untuk joging, beberapa yang lain sekedar foto-foto saja. Terdapat larangan menginjak rumput, namun masih ada juga pengunjung yang nekat menginjak rumput untuk berfoto, ya mungkin kalau banyak pengunjung tipe seperti ini, tidak menutup kemungkinan bakal ditutup untuk umum seperti stadion-stadion di kota-kota lainnya he he.


Sebelum joging saya sempatkan menuju area lokasi tribun penonton untuk mengambil foto-foto



Panjang lintasan "joging"
lintasan joging berada di sekeliling lapangan dengan panjang lintasan satu putaran sekitar 400 meter, tekstur lintasan berupa tanah berwarna merah seperti pasir, jalurnya memang sudah rata, tidak ada terrain tanah yang naik turun yang berpotensi menyandung kaki,sebenarnya lintasan ini bisa dikatakan bukan lintasan yang diperuntukan untuk joging, karena alasan di bawah ini.


Papan reklame
sepanjang jalur tersebut, telah digunakan untuk menaruh papan sponsor yang memakan lebar kurang lebih 0,5 meter, kenapa bisa sampai 0,5 meter? karena bagian bawah papan sponsor tersebut terdapat besi penopang melintang sebagai pijakan, tentunya bila jalur ini dipakai joging, bisa berpotensi menyandung besi tersebut. Untungnya pengunjung masih sedikit, jadinya masih bisa mengambil jalur agak ke tengah, jika sudah banyak pengunjung, maka menjadi tidak recomended. sekali untuk menjadi lokasi joging., karena jika kebanyakan pengunjung, tidak menutup kemungkinan mereka yang menyalip akan mengambil area rumput yang tidak boleh diinjak karena bisa rusak.


Jalur pojokan yang tajam
alasan kedua jalur ini bukan jalur jogging, yaitu tikungan yang terlalu tajam untuk ukuran jalur joging, ya namanya juga hanya lahan area untuk sepak bola, jadi bentuknya juga mengikuti lapangan, di pojokan, belok ya belok saja tegak lurus, namun bagi saya pribadi yang jogingnya pelan, hal ini tidak menjadi masalah ya.


Melihat realita tersebut, dapat disimpulkan, 99%, ini bukan jalur yang diperuntukkan untuk jogging ya, namun lebih diperuntukan sebagai area pinggir lapangan, kemungkinan demi memenuhi standar lapangan sepak bola FIFA, untungnya sampai sekarang masih dibuka untuk umum, jadinya masih bisa digunakan untuk joging dan foto-foto.

Lebar pinggir lapangan
sisi utara dan selatan jalur ini cukup lebar, sedangkan jalur joging sebelah barat relatif lebih sempit, hanya muat 3 orang saja, dengan kondisi sudah ada papan reklame.

Lain-lain
Parit di pinggir lapangan
Di sekeliling pinggir lapangan terdapat parit yang di atasnya sudah ada jaring pengaman, namun jangan salah, jaring tersebut terlihat hanya untuk pengaman agar bola tidak jatuh ke parit saja, bukan didesain untuk menopang tubuh manusia.




Biaya sewa lapangan
Apakah lapangan ini bisa disewa? saya lupa menanyakan, silahkan datang sendiri yang pengen





Udara
Karena lokasinya jauh dari jalan raya, jadinya tempat ini aman dari asap knalpot



Gratis?
Saat ini masih gratis, bahkan bisa naik ke tribun penonton, hanya tribun timur yang ada kanopinya yang dikunci.


Kekurangan
Sudah ada toilet di setiap tribunnya, namun sebagian besar dalam kondisi terkunci, hanya toilet di tribun barat yang tidak dikunci, namun sayang sekali, setelah saya cek, ternyata masih belum ada airnya. Jadinya, bila anda pengen kesini, sebaiknya mampir pom bensin dulu untuk pergi ke toilet.

kalau melihat tempat umum yang sudah ada, biasanya toilet harus membutuhkan petugas kebersihan, karena jika tanpa petugas kebersihan, tidak semua orang bisa menjaga kebersihan, seperti membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya, mungkin karena pertimbangan tersebut, toilet ini masih belum dibuka.

Lampu stadion belum terpasang

seperti tampak di gambar, meskipun sudah ada tulisan lampu sudah selesai dibangun Desember 2023 yang lalu, namun bisa dicek pada gambar yang lain, terpantau lampu sorot stadion masih belum terpasang, masih hanya stand/tiangnya saja


Beberapa cor mengalami pecah

seperti tampak pada gambar, ternyata beberapa cor sudah mengalami retak bahkan sampai pecah, namun secara umum memang masih bisa digunakan untuk menonton ya.



Belum ada area khusus pedagang,
terpantau pedagang mengambil lokasi dagang seadanya di luar stadion, ya memang karena masih sedikit baik pengunjung maupun pedagang, tidak menutup kemungkinan jika sudah ramai, pastilah muncul banyak pedagang yang berjualan yang berpotensi berdesakan.

menurut saya, secara umum, untuk saat ini, tempat ini masih bisa dipertimbangkan bagi yang pengen olahraga jogging, karena jalurnya rata, jauh dari jalan raya, dan pengunjung juga masih sedikit, masih bisa lah untuk menyalip, bonusnya bisa melihat langsung dari dekat rumput yang diklaim merupakan rumput khusus berstandar internasional 1

Referensi
1https://www.antaranews.com/berita/2589973/stadion-bertaraf-internasional-kebogiro-di-boyolali-siap-digunakan

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]