Tuesday, December 17, 2019

Disk Brake Macet


Disk Brake motor macet penyebabnya bisa bermacam-macam, namun kali ini saya akan share pengalaman mengatasi disk brake motor pada ban belakang. Kejadian bermula pada saat ganti kampas rem belakang yang dirasakan sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru, setelah beres diganti ternyata tak disangka ban motor kurang lancar berputar, hal ini terasa saat motor distandar ganda lalu ban coba saya putar, terasa berat, kata mekanik A*ASS itu gapapa dipakai dulu selama 1 minggu nanti lancar kembali, okelah manut dulu, padahal kalo seret aja gapapa apalagi lancar lebih gapapa lagi, jadi seharusnya bisa dibetulkan segera.

Bengkel pertama
pergi ke bengkel pertama, lalu dibongkar piston remnya, dikasih oli pada piston, dan dipasang kembali, ternyata bisa, eh ternyata itu cuman sementara saja, beberapa jam kemudian dipakai, kembali ban seret, malah sekarang rem menjadi kurang menggigit daripada sebelumnya.

Bengkel kedua/bengkel yahud
pergi ke bengkel kedua mencoba mencari peruntungan perihal ban seret motor, saya sampaikan keluhan ban belakang seret, tanpa ba bi bu, mekanik langsung mengecek ban, dan jreng-jreng jreng, ditemukanlah sumber masalahnya yaitu ternyata pada pin yang sudah aus dan perlu diganti, ternyata setelah diganti langsung ban menjadi lancar jaya, baru tahu saya, kalau kalian browsing di internet artikel yang kalian temuin hanya seputar piringan cakram yang kotor lah, ada juga alasan pembenar nanti seminggu lagi bakalan normal lagi lah, karena perbedaan bahan lah, semua artikel tersebut rasanya tak ada benarnya sama sekali dengan kenyataan. padahal nyatanya cuman gara-gara pin piston yang sudah aus, sehingga per tidak mencengkram kuat.




Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]