Tuesday, January 21, 2014

Menghilangkan Pop Up Ads Awardhotspot.com

How to remove Awardhotspot.com pop up ads
Awardhotspot gw temuin saat browsing nemuin tulisan / kata berwarna hijau yang bergaris ganda, trus kalo kita klik kita masuk ke sebuah survey. Kata yang di highlight awalnya setahuku itu emang dari websitenya yang kita buka dan bukan semacam gangguan di komputer kita, (saya lupa apa namanya itu). Prosesnya kalo kita mengklik kata tersebut maka muncul semacam kamus dari arti kata tersebut, tapi kali ini ternyata bukan itu, pada Awardhotspot kalau kita klik maka kita malah menuju tempat survey, padahal itu sebenarnya ternyata banyak iklan yang disisipkan. Di browser gw awardhotspot pertama muncul pas buka youtube (gw kira dari youtubenya yang lagi experimen masang gini ginian di webnya) tapi setelah buka web yang lain ternyata itu ada juga, dari sini mulai nyadar deh yang kena komputer gw sendiri. setelah browsing browsing ketemu juga artikelnya. OK Langsung saja saya catatkan disini ya caranya.

Diambil dari situs http://malwaretips.com/ menyebutkan bahwa awardhotspot secara teknis bukanlah virus, karena memang ga ngrusak file kita menjadi yang aneh-aneh, tapi awardhotspot pasti mengganggu, baik bagi kita maupun komputer kita, awardhotspot membebani komputer kita, karena tidak dibutuhkan tetapi terinstall di komputer, selain itu bisa menjadi semacam hijacking (istilah ini gw belum tahu artinya.

Cara kita terkena Awardhotspot adalah saat kita install aplikasi gratisan semacam 1ClickDownload, Superfish, Yontoo and FBPhotoZoom. Kalau saya lupa juga aplikasi apa yang saya install, seinget saya saya pernah install video editor, dan saya juga pernah inget pengen download file rar tapi malah terdownload file berekstensi .exe yang lalu saya install exe tersbut (biasanya gara-gara ketipu tulisan download), entah kapan kenanya, tau-tau kalau browsing, di webnya ada kata berwarna hijau bergaris ganda.

Cara remove / uninstallnya sebagai berikut :
1
Unistall aplikasi dari komputer
Maksudnya uninstall aplikasi yang namanya terdengar aneh yang ada di list installan di komputer kita padahal kita ingat tidak pernah menginstall aplikasi tersebut. Kalo di Windows 7 masuknnya ke menu Control Panel - Uninstall Program.
di webnya malwaretips.com dia menguninstall
LyricsSay-1, LyricXeeker, Plus-HD 1.3, Browse2Save, BetterDeals, DownloadTerms 1.0, LyricsBuddy-1, BetterSurf, ElectroLyrics-1, Feven 1.7, SuperLyrics
tapi kalo komputer gw ternyata beda, yang gw uninstall di komputer gw juga cukup banyak
video editor, ytubeblocker, Softwareinstall update, GS.Supporter 1:80 dan greatsaver (yang greatsaver ini ga mau, tapi hilang sendiri setelah melakukan nomor dua dibawah)

catetea : jangan unistall Framework, microsoft visual ya, itu bukan virus lho

2
Remove addons di browser kita,
caranya buka aja link berikut di tab baru chrome://extensions/ kemudian lihat apa aja yang ada disitu.
kalau saya pake chrome saya remove yang emang ga gw kenal, dan selama ini emang saya ga install macem-macem di chrome saya,jadi saya remove semua saja. mungkin namanya bisa beda-beda ya, punya saya juga beda dengan yang di website malwaretips, kalau di malwaretips.com dia uninstall
LyricsSay-1, LyricXeeker, Plus-HD 1.3, Browse2Save, WebCake 3.00, DownloadTerms 1.0, LyricsBuddy-1, BetterSurf, ElectroLyrics-1, Feven 1.7, SuperLyrics and any other unknown extensions
tapi kalo punya saya, yang saya unistall :,
greatsaver, allow musquito, system drive, YTBookMacro, Youtube Adblocer

yang menggunakan mozila firefox masuk menu HELP-TROUBLESHOOTING INFORMATION-RESET FIREFOX (kalo di browser gw ga ada menu "reset firefox", ga tau juga mungkin emang ga kena kali ya)

3
Menggunakan AdwCleaner
http://general-changelog-team.fr/fr/downloads/finish/20-outils-de-xplode/2-adwcleaner (langsung download)
cara ini juga saya gunakan, dan emang ketemu mana mana yang harus di "Clean" dengan AdwCleaner. setelah itu komputer di restart

4
Menggunakan Anti-Malware FREE
cara ini tidak saya coba, karena sampai cara nomer tiga setelah restart ga nemuin lagi kata berwarna hijau yang bergaris bawah ganda

5
Menggunakan HitmanPro
cara ini juga ga gw lakuin

lebih lengkapnya lihat di sumber http://malwaretips.com/blogs/awardhotspot-com-removal/

Related Posts by Categories



5 comments :

  1. Visit blog saya juga, ya.. www.goocap.com
    Thank youu....

    ReplyDelete
  2. makasih banyak infonya bermanfaat sekali...setelah ikut tutorial dr agan, tulisan warna hijau yg bergaris bawah hilang...tampilan kembali normal *Jempol*

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]