Friday, January 3, 2014

Stabilkan Videomu dengan Kombinasi VirtualDub dan Deshaker

Bagi yang punya video yang direkam tanpa menggunakan tripod alias dipegang menggunakan tangan, memang susah untuk memegang kamera dengan tenang, selalu aja ada goyangan ke kiri dan kanan yang mengakibatkan video ikut bergoyang, dengan stabiliser ini video yang dihasilkan akan meminimalisir goyangan sehingga kalau videonya cukup bagus, video menjadi seperti bergerak di atas rel, halus dan tidak bergoyang-goyang.

Virtual dub ini tidak perlu install karena sifatnya yang portable, silahkan download disini. Selain itu kita juga harus mendownload Pluginnya yang namanya deshaker disini,

Sebelum download lihat dulu komputermu 32 bit atau 64 bit, kalo di xp saya yang biasanya 32 bit, bisa dilihat dengan ketik “winmsd.exe” pada rum, kemudian enter. Lalu lihat panel sebelah kanan, di processor kalau ada tulisan x86 berarti itu 32 bit, kalo yang Windows seven / 7 biasanya itu 64 bit.

Setelah pasti, download virtualdub sesuai versimu 32 bit apa 64 bit, juga download juga deshakernya kemudian ekstract, letakkan file deshaker yang berekstensi vdf tersebut pada folder plugin yang ada di VirtualDub.

Selanjutnya tahapan caranya menggunakan VirtualDub
Untuk menghilangkan getaran atau goncangan atau bahasa kerennya remove shaking video, setelah virtualdub dibuka, buka video yang akan dihilangkan goyangannya, dengan menu File-Open

Disini kita cuman pake dua alat di virtual dub yaitu filter dan compressing, karena sebenarnya menunya ada bejibun dan gw ga tau itu fungsinya buat apa aja.

Compressing itu biar ukuran file setelah di deshaker ga gede banget, pengalaman gw, ga gw compress ukurannya yang semula 5 MB malah jadi 50 MB, jadi biar ga kegedean menu compress harus dipilih, caranya masuk Menu Video-Compressing, trus dipilih tuh mana compresinya, kalo ane biasanya milih yang XVidMpeg, trus OK, kalo yang lain belum pernah nyoba sih. setelah itu masuk ke tahap filternya.

Untuk filter, masuk ke menu
Video-Filter, klik Add, pilih DeShaker yang udah kita tambahkan tadi, kemudian klik OK, ada menu lagi pilih yang Pass 1, setelah itu OK.

Setelah itu klik menu File-Run Video Analysis Pass,
dari sini kita bisa melihat video pertama dan kedua (kalo kegedean bisa dikecilin, klik kanan pilih ukurannya berapa persen), yang video kedua akan terlihat titik titik vektor kemana arah gerakan shake video tersebut, dan gerakan vektor tersebut akan dicatat dalam sebuah file namanya log, proses ini memang agak lama.
Setelah selesai, masuk lagi ke Menu Video-Filter, double klik pada deshaker, lalu kita pilih Pass 2, dan klik OK.

Selanjutnya kita save as AVI, dan selesai (proses ini juga memakan waktu)

Keterangan :
Pass 1 menu deshaker diatas memang belum menghilangkan goncangan / shake pada video kita, Pass 1 hanya baru menentukan arah gerakan, seperti yang kita lihat ditandai dengan titik-titik dan garis-garis vektor yang kemudian dicatat dalam sebuah file yang dinamakan log.

Barulah pada Pass 2, proses menghilangkan shake video ini baru bekerja. Sebenarnya selain cara ini, di Youtube sendiri sebenarnya juga sudah ada menu untuk menghilangkan goncangan getaran video, namun bagi yang tidak selalu terkoneksi dengan internet aplikasi VirtualDub plus Deshakernya inilah jawaranya dibandingkan aplikasi lain seperti Adobe Premiere atau yang lain yang ukurannya ratusan MB bahkan sampai Giga.

Related Posts by Categories



11 comments :

  1. Artikel yg bagus :-)

    Kebetulan saya sedang mencari aplikasi ini buat video.
    saya bisa download yg 64bit tetapi tdk bisa dipasang, notebook hp 10' dg win7.
    Kira-kira kenapa ya? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ekstrak dulu mbak, pake win rar ato win zip,
      pluginnya juga ekstrak dulu mbak, pluginnya juga harus yang versi 64 bit, lalu letakkan di folder plugin

      baru dibukak aplikasinya (Veedub64.exe)
      sudah?

      Delete
  2. ternyta notebooknya versi 32bit, sya pikir semua win7 pke 64bit

    sya sdh ekstrak semua, sdh bisa dibuka aplikasinya tetapi setiap mau open file, error jdi sampai skrng belum bisa dipakai..
    kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau mbak hehe , la punya saya bisa kok mbak, coba klik logo windows kiri bawah, klik kanan pada Computer-Klik Properties- lihat di System properties, tulisannya 64 apa 32-bit Operating System

      Delete
  3. sdh sya cek mas dan memang 32bit, tapi msh error jga..hehe
    Tapi trima ksih untuk respon dan bantuannya....

    Tulisan2 blognya inspiratif, bahkan ada kota tinggal saya Semarang :)
    slm kenal,, maaf sdh mengganggu...

    ReplyDelete
  4. wah sayang sekali kalo ga bisa, padahal aplikasinya gratis, ringan, ga perlu install juga, ane curiga settingan laptop mbaknya hehe

    ReplyDelete
  5. sepertinya memang laptop saya yg brmasalah soalnya sy pakai laptop lain bisa...iya mupeng sama aplikasi yg portable gini soalnya gak berat di laptop

    ReplyDelete
  6. om saya sudah pakai app ini dan hasilnya video lebih stabil namun sayangnya masih ada titik titik / dot di hasil save as AVI.

    gimna cara biar hasile bersih ya om?
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. bang kok punya saya waktu mau memasukan video ke virtual dub, malah ada " MPEG imfort filter,in falid fack at position 3: marker bit not set; posibly mpeg 2 stream" padahal udah di coba yang 32 bit dan yang 64 bit

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kurang tau mas, coba search aja kata2 erornya, saya kalau ga tau juga gitu cara mencaritahunya

      Delete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]