Saturday, February 10, 2024

Reviu Jogging di Taman Menteng Jakarta


Selamat malam semuanya, Pemilu sebentar lagi akan dimulai ya, debat terus berlangsung di media sosial, masing-masing menunjukkan argumen sendiri-sendiri, tak ada yang benar juga tak ada yang salah, sejenak lepas dari perdebatan pemilu, kali ini saya akan menulis lagi reviu tempat jogging di Jakarta. Kalau dulu saya pernah mereviu lokasi jogging di Taman Suropati1, berdasarkan informasi dari Youtube, ternyata tidak jauh dari Taman Suropati, ada taman lain yang juga bisa kita gunakan sebagai tempat jogging, yaitu Taman Menteng, Jaraknya hanya sekitar 600 meter dari Taman Suropati, daerahnya juga masih di sekitar rumah-rumah Kedubes luar negeri, karena penasaran, saya sempatkan pergi ke sana untuk melihat langsung sekaligus mencoba rute joggingnya, bagi yang penasaran, silahkan baca terus tulisan di bawah ini. Reviu akan saya tulis poin demi poin saja agar lebih jelas dan gampang dinavigasi.


Lokasi
Lokasi di Menteng, Jakarta Pusat. bisa dicari melalui google Map, atau bertanya langsung orang di pinggir jalan. Taman Menteng ini juga terpantau dilalui bus umum Trans Jakarta, jadi bisa dicek langsung melalui aplikasi smartphone google map bus apa yang melewati, dengan memakai cara yang pernah saya tulis dulu2.


Parkir
Ternyata disini tersedia gedung parkir sampai 4 tingkat, pintu masuk dari sebelah barat, saat saya masuk, ternyata sudah banyak mobil yang parkir inap disitu. Parkir motor berada di lantai 3, tinggal mengikuti papan petunjuk saja.



Biaya Parkir
biaya parkir motor saat itu Rp.4000,- selama 1,5 jam, pembayaran masih tunai, belum bisa menggunakan e money.


Toilet
Toilet tersedia di bawah gedung parkir, gratis.

Mushola
Ada juga mushola di bagian selatan

Loker penyimpanan
terpantau tidak ada

Keramaian di hari minggu
saya kesana pagi hari di hari libur Isra Miraj, sekitar pukul 06:30 WIB, jumlah pengunjung tidak terlalu ramai, hanya ada beberapa orang yang bermain basket dan sepak bola

Ada pohon?
banyak pepohonan disini, jadi tidak kepanasan

Kondisi udara
Kondisi udara bebas asap kendaraan, memang taman ini dikelilingi jalan di empat sisinya, namun yang ramai hanya sisi barat saja, itupun masih berjarak kurang lebih 30 an meter dari rute jogging, sisi timur dan selatan merupakan jalan perumahan.

Panjang lintasan
Panjang lintasan satu putaran sekitar 500 meter, dengan menyusuri jalur taman.


Kondisi lintasan
Lintasan jogging akan melalui kombinasi paving, semen, dan permukaan ubin, secara umum tidak ditemui hambatan yang ekstrim, bisa dibilang rata semua.








hanya beberapa saja yang perlu lebih hati-hati, misalnya di jalur paving, yang sudah terlihat menggembung karena pertumbuhan akar pohon, dan juga satu titik di sebelah timur, jalurnya rusak karena kalah dengan pertumbuhan akar pohon. selebihnya bisa dilalui dengan lancar.



Belokan lintasan
rute joging Taman Menteng memiliki belokan-belokan yang tajam, namun bagi saya yang memang jogingnya santai, tidak menjadi masalah, sedangkan yang larinya cepat, perlu menyesuaikan lagi.



Fasilitas lain
lapangan futsal,


Lapangan basket
Ayunan
Perosotan anak
Alat barbel


Perpustakaan






Monumen










1 https://myspacenote.blogspot.com/2023/03/jogging-track-taman-suropati.html
2 https://myspacenote.blogspot.com/2023/03/mencoba-naik-bus-listrik-trans-jakarta.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]