Saturday, February 24, 2024

Jogging di Bendungan Situ Gintung


Selamat siang semuanya, kali ini saya akan mereviu lagi lokasi jogging. Kali ini saya akan menceritakan lokasi jogging di Situ Gintung. Karena penasaran sebuah bendungan tapi ada jogging tracknya, bagaimana itu ya? silahkan simak terus tulisan di bawah ya.


Lokasi
Ciputat, Tangerang Selatan, Banten

Perjalanan menuju kesana
dari Jakarta Timur menuju Ciputat menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit, melintasi Cawang ke Barat, melewati Pancoran, lalu belok kanan menuju jalan Antasari, dimana di atasnya ada jalur layang non tol khusus mobil, tiang jalan layang berada di kiri dan kanan, mengambil beberapa bagian trotoar pejalan kaki, kondisi trotoar kiri dan kanan terlihat masih belum ada revitalisasi menjadi trotoar yang nyaman seperti trotoar Sudirman, munggkin memang belum direvitalisasi, atau mungkin jarang sekali pejalan kaki disini, jadinya bukan prioritas untuk direvitalisasi.

Yang menarik di jalur Antasari ini, banyak ditemui toko-toko bangunan yang sudah kosong, ada juga yang terpampang tulisan "Dijual".

Sampai di MRT Lebak Bulus terus lurus ke selatan, uniknya disini, tampak jalur MRT hanya sampai perbatasan Jakarta dan Banten saja, terlihat seperti jalur MRT yang seperti "dipotong" pas di perbatasannya. Padahal masalah kemacetan adalah masalah bersama tanpa memandang wilayah milik siapa, entah mengapa MRT tidak diteruskan saja sampai Tangerang, karena pastinya juga sama-sama menghadapi kemacetan. He he, kembali ke laptop.

Memasuki Tangerang Selatan, seperti memasuki kota yang berbeda, trotoar pinggir jalan yang masih memakai model lama, dan lain sebagainya.
Sebenarnya gerbang masuk Situ Gintung lebih dari satu, bisa juga masuk dari gerbang barat, dan selatan.
Saya memanfaatkan google map untuk sampai di tujuan, oleh google map, saya diarahkan menuju gerbang sisi utara, pintu masuk terdekat.



Parkir mobil
Untuk parkir mobil, tidak diketahui dimana lokasinya, karena saat saya datang melalui salah satu pintunya, hanya tampak parkir motor, mungkin lokasi parkir mobil di pintu masuk yang lain, atau parkir di lokasi yang lain.

Parkir motor
tersedia, dengan biaya Rp.5000,-


Mushola
ada mushola di deretan warung-warung penjual makanan

Toilet
Disini juga ada toilet di deretan warung-warung, dengan biaya Rp.2000,-


Gerbang menuju bendungan ditutup
ternyata, tidak semua jogging track dibuka untuk umum, contohnya seperti jogging track yang melewati bendungan, tampak tidak bisa dilalui, entah alasan apa, dugaan sementara karena alasan kemanan, karena posisi jogging track melewati bangunan bendungan yang cukup tinggi pas berada di bendungan.


setelah membaca papan petunjukknya, hal itu cukup beralasan

Tapi tenang saja, karena masih bisa melalui jalur yang lebih luar.


Jalur yang dilalui
Pertama kali akan melewati jalur yang cukup terjal, namun tidak terlalu ekstrim, dapat dilalui dengan aman.


di samping kiri merupakan batu-batuan yang menopang danau.



100 meter ternyata harus melalui jalur campuran dengan asap motor, motor juga melewati jalan ini, namun tenang saja, karena jaraknya yang hanya sekitar 100 meter saja, jalurnya menanjak.



selanjutnya sejauh 4 kilometer, kita akan melewati jalur jogging yang lumayan rata seperti ini, dengan pemandangan kiri danau, dan kanan pohon-pohon.




ternyata sampai ujung, harus melewati jembatan bambu, cukup unik juga jembatannya,



Disini juga banyak ditemui tukang sapu dengan biaya sukarela


Warung makan berjejeran
sampai juga di lokasi semula, disini banyak warung berjejeran, pengunjung bisa sarapan pecel/nasi uduk, seporsi pecel harganya Rp.8000,- belum termasuk kondimen yang lain seperti mendoan, tahu bacem, dan lain-lain.




Di depan warung tadi, sudah disediakan meja dan kursi menghadap bendungan, dengan pemandangan di depan tampak seperti ini.


Karaoke \
di warung-warung tadi, ternyata ada juga yang menyewakan mikrofon untuk karaoke,
Panjang lintasan
Saya ukur menggunakan aplikasi strava, total panjang lintasan dari lokasi parkir, memutari danau kembali lagi ke parkir, memiliki jarak sekitar 4,5km, jadinya kalau saya pas sekali dengan jarak lari saya, tinggal ditambah 500 meter agar menjadi 5 km.



Keramaian pengunjung
Keramaian pengunjung saat saya datang di hari Sabtu jam 07:00, cukup ramai, sepanjang 4,5 kilo meter ketemu orang, jadinya tidak sepi sepi banget saat memutari bendungan yang cukup jauh.


Ada Anjing?
Berdasarkan pemantauan, ditemui 2 ekor anjing, namun dalam posisi bersama pemiliknya, dan ditali, jadinya masih aman.

Secara umum, lokasi jogging disini sangat bagus, karena jauh dari asap kendaraan serta medannya yang rata, dengan biaya masuk Rp.5000,- cocok untuk berolah raga bagi yang pengen merasakan sensasi di pinggiran bendungan sesekali.


next cempaka park cipayung


Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]