Sunday, August 2, 2020

Berapa Kecepatan Saat Itu...

Selalu hati-hati saat mengendarai kendaraan di turunan, jangan sampai di turunan malah injak kopling sambil direm, karena membuat rem bekerja terlalu keras tanpa bantuan engine break, seyogyanya melintasi turunan panjang semacam jalur antara gunung sumbing dan sindoro perlu kehati-hatian ekstra. bicara engine brake, teringat motor matic yang saat ini diberikan engine brake pada varian motor maticnya, karena dulu pas awal-awal matic muncul, engine brake masih dirasakan kurang. Kali ini saya akan menganalisis berapa kecepatan kendaraan saat itu pada sebuah video peristiwa kendaraan di daerah turunan kertek wonosobo, namun sebelum memulai analisis ini, mari ucapkan turut berduka cita atas kejadian yang menimpa, semoga diberikan ketabahan dan kekuatan, dan semoga postingan ini dapat menambah kehati-hatian kita ketika di jalan raya.


Jarak
Untuk mengukur jarak kita pakai fitur ruler pada google map, kita buka google map, search pos polisi kertek, lihat dari atas, ukur jarak dari titik awal pembatas yang ada tengah jalan, sampai akhir pembatas, sehingga didapatkan hasil sebagi berikut :
dari hasil pengukuran diketahui jarak sekitar 26,4 meter

Waktu
Untuk waktu saya gunakan video rekaman kejadian, dimana video dipotong atau dicut sesuai posisi kendaraan saat melintasi titik pembatas awal dan titik pembatas akhir, hal ini tentu saja tidak 100 persen akurat, saya perkirakan 80 sampai 90 persen saja, mengingat bisa saja terjadi distorsi pandangan yang terlihat di video untuk menentukan titiknya. namun sebagai gambaran dan pembelajaran bagi kita semua, tidak ada salahnya kita perlu tahu.

dari tulisan tersebut tertulis durasi 0,878 detik,

Kecepatan
sekarang tinggal dimasukkan kecepatannya, tinggal pakai rumus kecepatan =jarak/waktu=26,4 meter/0,878 detik, atau jika satuan yang kita gunakan adalah kilometer dan jam menjadi, 0,0266km/0,000244jam=109,0661 km/jam

atau kasarannya 110 km/jam yang kalau kalian lihat di speedometer akan tertulis 120km/h karena memang ditambah 10 untuk keamanan. Jadi bisa anda simpulkan sendiri ya di jalur sempit seperti itu, melaju dengan speed 120 km/h.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]