Friday, March 7, 2014

Memunculkan Kembali "Open With" Melalui Registry Windows

Pernah sewaktu pengen ngedit file berekstensi .dds pake dxt bmp, saya kelupaan menghilangkan centang pada "Always Use the Selected...", akibatnya file menjadi kurang rapi, thumbnail file yang tadinya bagus jadi berubah keliatan kurang sejati, halah, maka saya pun berinisiatif mengembalikannya seperti semula, biar thumbnail file keliatan rapi dan sesuai maunya Windows hehe. Maksudnya gini, Awalnya, file yang dibuka menggunakan program portable di windows, pas mbuka akan muncul menu "Open With". Dari sini kamu bisa pilih tuh program apa yang mau digunakan buat mbuka, kamu bisa centang pada cek list "Always Use the Selected Program..." biar nantinya langsung otomatis terbuka (tanpa proses open with). Nah Masalahnya bisa saja orang salah pilih program defaultnya, dan pengen ganti default program yang lain, atau bisa juga orang pengen file itu ga kebuka pake program tertentu. Kalo saya sih alesannya biar rapi aja, dan saya tulis ini biar menjadi catatan. Seperti biasa saya tanya mbah google, saya ketikkan kata "how remove default program windows" nyasar juga ke artikelnya http://superuser.com/, dan ketemulah caranya yang setelah saya coba cukup mudah.

Buka Regedit, kemudian cari alamat
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts
hapus folder ekstensi yang pengen kamu munculkan lagi open withnya, kalo saya tadi ekstensinya dds. maka saya cari folder dds,
lakukan hal yang sama pada alamat HKEY_CLASSES_ROOT
untuk melihat hasilnya saya restart komputer, dan ternyata berhasil, sekrang file berekstensi dds thumbnailnya ga macem-macem lagi,

tips ini juga berguna bagi kamu yang misalnya terlanjur salah ngeset default program



Update 22 Desember 2022
Untuk versi Windows 10 memiliki cara terbaru yang bisa disimak di alamat https://myspacenote.blogspot.com/2022/12/menghilangkan-open-default-file-windows.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]