Thursday, March 13, 2014

Apa itu Semalt?

Ngecek counter hits blog saya, saya mendapatkan pengunjung yang referal alamatnya http://semalt.com/crawler.php?u=http://myspacenote.blogspot.com, hmmm referal yang aneh karena saya ga ndaftar semalt sama sekali, saya curiga pasti ini kerjaan bot alias robot yang mencoba membuat hit stat palsu pada web kita sehingga seolah-olah pengunjung blog / website kita melonjak, naik trafficnya, jadi bukan pengunjung manusia istilahnya, trus masalahnya apa? Kan malah bagus? Traffic blog lu kan naik. Wow jangan salah.

Bisa saja yang akibat selanjutnya, oleh goole search mengganggap kita curang, maksudnya? Ya kita dituduh menggunakan bot buat menaikkan traffic blog/website kita, dan nantinya malah diblokir oleh google pada mesin pencari, ya maksudnya kalo orang nyari apa di google, web kita ga bakal muncl di hasil pencarian (ini cuman kecurigaaan saya ya, bukan informasi beneran).

Saya pun nyari nyari info, ternyata artikel bahasa Indonesia juga belum ada informasi alias belum ada yang nulis hingga admin myspacenote.blogspot pun menulisnya pertama kali (hehe). Setelah nyari dalam bahasa Inggris emang rata-rata Isu Semalt terjadi baru-baru ini saja, sekitar bulan Desember 2013 sampai Februari 2014, jadi benar-benar baru ya. Kalo mbuka semalt sendiri sih nyebutin kalo semalt berguna sebagai tool/alat SEO, nah ini saya ga paham maksudnya, ngecek web? Kan blogspot ada yang namanya https://www.google.com/webmaster. Ada lagi yang namanny Feedjit dsb.

Info lain yang didapat yang saya tahu disana ada yang nyebutin cara memblokir semalt muncul di counter stat kita, tapi pertanyaan saya, yang terblokir apa cuman di stat counter kita saja atau juga hit ke web kita ya? Istilahnya kan stat counter itu seperti pencatat saja kan, nah yang dimaksud blokir semalt itu apa cuman mblokir pencatat kita aja berhenti nyatet semalt aja apa benar2 mblokir dari semalt. Saya belum tau ini juga. Kalau mblokir biar ga dicatet di stat sih gampang, tapi kan kita perlunya yang bisa mblokir bener-bener di web/blog kita.

Pertanyaan kedua saya kalau semalt ini dateng trus akibatnya buat mesin pencari google apa? Gimana nanti kalau mesin pencari google menganggap web kita menggunakan bot untuk menaikkan rating pengunjung, nah lo, ini bener apa ga masih belum jelas,
Disini gunung disana Gunung, ditengah tengah ada bunga bunga mawar, Dalangnya bingung, wayangnya juga bingung, daripada bingung mending lakukan ini aja.

- kalau emang ga tau semalt itu apa mending diemin aja, ga usah klik refealnya itu kalo emang belum tau,
- Kemudian yang punya wordpress bisa langsung ngeblokir, soalnya kalo blogspot ga ada fitur blokir semalt
- Update antivirus,
- gali informasi lebih dalam, siapa tau ada yang bisa lebih mencerahkan,
- terakhir lanjutan ngeblog.

Related Posts by Categories



5 comments :

  1. thanks gan,, ene bru je nyoba lngdung ane hapus lgi acountnya,, klo da info demalt lgi kabarin ea gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada yang udah nyoba masuk nih, kira-kira apa isinya ya

      Delete
  2. visitor ane anjlok gan, setelah ane liat kok ada refereal dari semalt. seperti abang, hadeh... parah nih, mungkin di anggap curang sama gugel, padahal enggak -_-

    ReplyDelete
  3. iya nih semalt mulai menyerang web saya juga, :(

    ReplyDelete
  4. Solusinya gimana gan visitor ane dah 11 orang perhari nih...

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]