Saturday, June 8, 2013

Gowes Bike : Biang Keladi Rem Tidak Pakem

Pada jenis rim brakes atau rem yang terletak di velg, saat menekan handle rem maka kabel rem dari handle stang akan tertarik, gaya tarik ini diteruskan melalui kabel rem sampai kampas sehingga menjepit velg roda, mengakibatkan laju roda sepeda melambat. Namun pada sepeda Federal saya, saat handle rem ditarik, ternyata gaya tarikan yang sampai di velg sangat kecil, alias kurang pakem. Ini kenapa ya padahal rem depan pakem, tapi rem belakang kok ga pakem?

Okelah memang sepeda saya umurnya uda ga baru lagi, jadi mungkin kabelnya yang kendor, lalu kabel rem dikencangkan bahkan pembungkus kabel di bagian belakang yang berwarna hitam itu saya potong agar lebih pendek, namun hasilnya nihil, kalo bukan ini, saya pikir masalah pada kampas, saya coba setting kampas baik kiri dan kanan, namun masih juga tidak bisa, sayapun angkat tangan, menyerah, sepedapun dibawa ke bengkel.

Sampai dibengkel sepeda, oleh tukangnya, kabel pembungkus tadi ternyata dipendekin lagi, walah sama kaya saya tadi dong, tapi dilihat dulu mungkin kali ini lebih bisa, positif thinking hehe, kabel pun dipotong memakai tang, terus dipasang pasang, jadilah, mak jreng trus dicoba, hasilnya? Masih ga pakem sodara, akhirnya tukangnya ikut nyerah, Saya pun pulang dengan tangan hampa, tanpa membawa hasil apa-apa, haha. Akhirnya setelah dipikir-pikir, terbesit pikiran untuk mengganti kabel remnya saja dengan yang baru, dari sinilah keliatan biang kerok masalahnya.

Rem Federal punya saya ini, pembungkus kabel rem yang berwarna hitam itu ternyata desainnya terpotong menjadi dua bagian, (liat gambar dibawah)

jadi mulai dari handle rem sampai batang rangka kabel terbungkus, lalu kabel direntangkan kencang melewati rangka sampai bawah, dari bawah sampai bagian rem di velg, kabel terbungkus lagi, jadi inti masalahnya sebenarnya gaya tekan dari handle rem, terbuang sia-sia sepanjang kabel tadi, karena itu tadi, gara-gara pembungkusnya terbagi dua, terbukti setelah saya pasangkan kabel rem yang pembungkusnya tidak saya bagi, gaya tekan dari tangan bisa tersalurkan dengan baik sampai di bagian velg rem roda belakang. Ini juga sebabnya rem depan bisa lebih pakem, kareng pembungkusnya juga tidak dibagi-bagi.

Kabel rem saya rentangkan dari handle rem sampai di bagian velg rem, agar kabel melekat pada rangka, kabel direkatkan dengan lakban, dan ternyata itu cukup bagus juga untuk merapikan kabel rem ini.

Soal dibagi-bagi mungkin saja kesannya biar sepeda keliatan sporti dan ringan kali ya, kalau masih baru sih Ok saja, tapi kalau sudah ga baru ternyata bisa membuat repot, apapun jenis remnya mau yang rim brake, drumb brake alias tromol, atau rem cakram yang keren, kalau media kabel rem sebagai penghantar gaya tekannya bermasalah, remnya juga akan bermasalah, oleh karena itu bagi Goweser penting juga memperhatikan bagian ini.

Related Posts by Categories



3 comments :

  1. Jadi pembungkus kabel remnya dipasang seluruhnya atau dicopot seluruhnya?

    ReplyDelete
  2. Jadi pembungkus kabel remnya dipasang seluruhnya atau dicopot seluruhnya?

    ReplyDelete
  3. dipasang seluruhnya mas, kalo dicopot malah ga bisa buat ngerem dong

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]