Thursday, November 8, 2012

Segera periksakan ke dokterbila batuk sudah lebih dari dua minggu

Itu adalah tulisan terpampang di depan salah satu Rumah Sakit Paru di tanah air, memang batuk adalah hal yang lumrah, merupakan bentuk pertahanan tubuh kita saat tubuh ingin mengeluarkan kotoran, karena jika tidak dikeluarkan malah bisa berbahaya (seperti saat kita bersin) oleh karena itu sebaiknya tidak ditahan-tahan, bahkan setelah bersin pun dianjurkan membaca Alhamdulilah karena kuman kuman dari dalam tubuh disemprotkan diusir keluar melalui mekanisme bersin. Hal ini patut kita syukuri bahwa Dia menciptakan mekanisme yang sangat sempurna bagi makhluk hidup, hanya saja yang kita perhatikan adalah tata cara adab batuk/bersin. yang tadi lumrah ya, la ini kalau batuk yang dikeluarin darah? walah. Pasti muncul pertanyaan besar mengapa? Apa, dsb, Kenapa tubuh sampai bereaksi demikian sehingga darah sampai harus dianggapnya kotor dan dikeluarkan melalui mekanisme batuk?

Batuk darah bisa disebabkan TBC, atau bisa aja radang paru, TBC bisa diketahui melalui pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, kalau kata dokter, TBC itu paru-paru keliatan fleknya, kalau radang maka hasil foto rontgen putih putih, penyebab TBC adalah bakteri Tuberkulosis.

Bakteri ini sifatnya suka bermain dengan siapa saja, eits... maksud saya bisa menyerang siapa saja, suka di tempat yang lembab, tidak suka ultra violet, dan bisa menetap dalam tubuh tanpa ketahuan, saya pun sampai sekarang juga tidak tahu sejak kapan bakteri keparat ini (ups maaf ya bakteri) ada di tubuh saya, hanya saja setahu saya saat badan sedang fit bakteri ini mulai menunjukkan taringnya.

TBC ini ada yang ringan, sedang dan berat. Yang ringan tentu obatnya lebih sedikit, tapi kalau pasien lupa obat sehari saja maka bisa jadi bakteri menjadi kebal dan harus mengulang obat dari awal, padahal minimal pengobatan TBC adalah 6 bulan, tapi jangan khawatir pemerintah telah punya program pemberantasan TBC dan gratis (tulisan di Puskesmas Ampel memang gratis lho)

kenang-kenangan ulah si bakteri tersebut hehe :

juga ada tips pas tes darah kalau albumin kurang alias badan lemes minum sari ikan kutuk atau gabus, beli di apotek.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]