Wednesday, March 19, 2014

Cara Menggabungkan Subtitle srt dengan Video Secara Permanen

(how to add permanent subtitle to video) Cara ini dilakukan bila kita pengen gabungin subtitle biar permanen di video, jadi subtitlenya ga terpisah dengan video yang biasanya berekstensi .srt. Langsung saja saya catatkan disini, semoga berguna. Oiya yang perlu diperhatikan ini bukan cara membuat srt ya, ini cuman cara nggabungin subtitle srt dengan video, kalo cara bikin srt silahkan googling sendiri.


Pertama-tama siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
Download Virtualdub (pilih versi 32 bit saja, soalnya yang versi 64 bit belum bisa, komputer 64 bit juga pake ini saja)
Download Plugin subtitle buat virtual dub namanya Textsub.vdf (silahkan googling sendiri)
Download Vobsub 2.23 (googling sendiri)

Langkah kedua adalah install
Kamu sudah tau Virtualdub? Kalau belum bisa nengok sebentar disini, Virtualdub yang paling saya suka adalah kemampuannya menghilangkan goncangan video, selain itu juga bisa buat crop video, bisa buat rotate video, pokoknya handal deh, crop sama rotate berapa derajat ini ga bakal kamu temuin di Windows movie maker. Virtualdub ini kita ga perlu instal karena portable, jadi setelah kita download yang kita lakukan adalah tinggal mengekstraknya pake winrar atau winzip.

Letakkan file textsub.vdf pada plugin virtual dub
VirtualDub-1.10.4\plugins32

apakah selesai? ternyata belum karena kalo belum melakukan langkah dibawah pada saat membuka virtualdub, kamu akan dapat pesan erorr yang intinya minta file vobsub.dll, kemudian please reinstall to fix aplication, bla bla bla, untuk mendapatkan vosub.dll ternyata kita tinggal install di bawah ini.

Install Vosub 2.23 diatas, install seperlunya saja, misal nanti ada pilihan utilities sama plugin, yang utilites ga usah di centang.

Langkah ketiga adalah mulai pemakaian menggunakan virtualdub
bisa kan? kalo belum bisa lihat dibawah atau baca disini

seperti biasa buka VirtualDub.exe

open video (bentuknya bisa .avi, .divx, .mpg, .mpeg, .mpv, dan lain sebagainya)

filter menggunakan textsub 2.23 (yang disampingnya ada tulisan nama Gabest)
Lalu open file subtitle (biasanya berekstensi .srt, namun plugin ini ternyata juga menyediakan yang berekstensi sub. smi. psb. ssa dan .ass)

Jangan lupa juga compress videonya biar ga kegedean ukuran filenya (Video- Compress)

terakhir save as avi, pilih dimana kamu akan menyimpan video barumu

tunggu prosesnya, setelah selesai, jika kamu lihat video baru tersebut, kamu bakal nemuin subtitle yang warnanya putih, nah buat mengganti warnanya saya belum paham caranya, mungkin ada yang bisa?
berikut ini contoh hasil gabungin subtitle dengan video menggunakan virtualdub 32 bit + vobsub 2.23 link video

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]