Tuesday, October 24, 2023

Perjalanan Naik Bus Mulyo Indah


Selamat siang, kali ini saya akan mencatatkan trip report perjalanan menggunakan PO Mulyo Indah Yogyakarta Jakarta, Sebanarnya ini adalah PO lama, namun baru kali ini saya berkesempatan mencobanya, saya penasaran juga dengan fasilitas double leg restnya, bagaimana rasanya, maka dari itu silahkan simak terus tulisan di bawah ini.



Cara mendapatkan nomor agen
Untuk mendapatkan nomor agen biasanya bisa melalui pencarian facebook, youtube, google, atau instagram, kali ini saya mendapatkan nomer agennya secara kebetulan dari instagram Pandawa87, yang ternyata agen ini juga menjual tiket Mulyo Indah. Awalnya akan mengincar Pandawa87, namun karena ada Mulyo Indah yang harganya lebih murah, dan double leg rest, sekaligus belum pernah naik juga, maka saya putuskan membeli tiket Mulyo Indah. Nomer agennya bisa menghubungi nomer ini +62 818-8287-1007 Bu Kus.

Saat ini, pemesanan melalui agen langsung, terbilang masih direkomendasikan, daripada memesan melalui aplikasi online redbus, dan sejenisnya, karena bila pesan melalui redbus/situs online biasanya redbus dan sejenisnya tidak akan memberitahu kita manakala:
- ada pergantian nomor bus, pergantian nomor kursi, pergantian jam keberangkatan, pembatalan keberangkatan, dan sejenisnya,
- redbus dan aplikasi sejenisnya juga tidak menyediakan informasi posisi bus untuk memperkirakan kedatangan bus.

Bahkan sekelas Rosalia Indah pernah mengalami perbedaan jadwal di Aplikasi dengan kenyataan bisa berbeda, padahal itu adalah aplikasi mereka sendiri, di aplikasi bilang jam 18, tapi kenyataan sehari-hari datang jam 201
jadi memang walau terlihat keren, aplikasi redbus dan sejenisnya, masih belum mengakomodasi kebutuhan tersebut di atas.

Harga tiket, pembayaran
Harga tiket Rp.250.000,-, ternyata pembayaran bisa melalui transfer bank, atau membayar saat akan berangkat, terbilang cukup mudah di sisi konsumen, namun juga cukup beresiko di sisi agen, karena bisa saja iseng pesen kursi, tapi pas hari h, tidak jadi berangkat, hehe, namun hal tersebut cukup jarang juga terjadi sih.

Tiket sudah menggunakan aplikasi elektronik
terpantau PO ini sudah menggunakan aplikasi untuk pemilihan kursinya, meskipun masih terbatas hanya agen yang bisa mengisi. Namun setidaknya, tidak ada namanya rebutan kursi antar penumpang, ataupun double kursi ya.






Hari H keberangkatan
Konfirmasi agen
agen Mulyo Indah di Tingkir ternyata ada dua, keduanya lokasinya di lantai atas, agen satu dekat dengan lift, sedangkan agen kedua Bu Kus ini agak masuk lagi ke dalam, menjadi satu dengan agen Pandawa 87. Seperti biasa, sebelum berangkat, lapor dulu ke agen untuk cek in, dan mengambil kupon makan dan tiket. berikut ini penampakan tiketnya, juga ada nomor agen yang bisa dihubungi








Pantauan keberangkatan bus di Terminal Tingkir Salatiga
Terpantau beberapa bus singgah di Terminal ini, beberapa merupakan PO Pendatang baru, seperti Sant Gold 28 seat bermesin scania model avante, yang menjadi incaran saya saat berangkat dari Jakarta, namun gagal berangkat gara-gara dikabarkan agen, bus sedang masuk perbaikan, Brave Trans yang saat ini sedang terpantau dikabarkan oleh laporan penumpangnya di facebook masih suos larinya, Pandawa 87, Bhaladika, Indorent yang terpantau tidak full seat, Sudiro Tungga Jaya, dsb.
sedangkan PO tua terpantau ada Rosalia Indah yang terpantau full seat, Raya yang tidak terpantau penumpangnya, karena kacanya gelap, ada PO ALS, PO Armada Jaya Perkasa dengan lampu aksesoris sekebon di bagian depan, dan lain sebaginya, tidak ingat.

Armada
Armada yang membawa saya ini bernopol AG7361UP bermesin Mercedes Benz 1626 OH, Air Suspension, Fasilitas yang istimewa yaitu double leg rest, dan jumlah kursi hanya 26 seat, sedangkan fasilitas lainnya terpantau masih standard seperti bus malam pada umumnya, seperti, selimut, colokan USB, AC, Toilet, Air Suspension*, reclining seat**, sekat, dan lain-lain.


Jadwal On Time
Keberangkatan bus ini termasuk on time, jadwal jam 20:30 WIB, ternyata bus juga berangkat jam 20:30 WIB, padahal lokasinya adalah agen ampiran ya, kalau on time saat berangkat di agen awal tentu tidak menjadi istimewa ya.

Okupansi penumpang
penumpang terpantau hanya 50 persen saja dari kapasitas kursi 26 kursi.

Fasilitas makanan
Makanan kecil


Bagaimana rasanya dobule leg rest**

pendapat saya mencoba double leg rest model seperti ini, ternyata masih melorot ke depan,
hal ini diperparah dengan bantalan di bagian pantat ternyata sudah lepas dari dudukannya, jadinya sering geser, menambah tidak bisanya menahannya tubuh untuk melorot ke depan ya, namun rusaknya kursi ini ternyata juga memberikan keuntungan, yaitu sudah dollnya senderan/reclining seat kursi saya yang kalau normal hanya bisa reclining seat sekitar 120 derajat saja, namun karena sudah doll, reclining seat kursi 1D saya, ternyata bisa rebah hampir 180 derajat, ditambah lagi tidak ada penumpang di baris 2D, jadinya saya bisa full rebahan tanpa merosot ke depan.

Kekurangan yang lain adalah tidak bisa menaruh koper ukuran cabin ke dalam bus, karena sudah diisi dengan double leg rest tadi, sedangkan bila hanya leg rest seperti pengalaman sebelumnya2, masih bisa menaruh barang-barang,
kembali kepada masing-masing kebutuhan ternyata ya.



Kecepatan bus
Kecepatan bus tergolong santai, namun hal ini menguntungkan saya, karena bisa sampai Pulo Gebang jam 05:00 WIB, waktu yang pas bagi yang melanjutkan perjalanan menggunakan busway, karena baru beroperasi juga jam 05:00 WIB, tarif Busway di pagi hari dipatok Rp.2000,- saja.
Jika bus ngebut, dan sampai di Pulo Gebang jam 03:00 WIB, maka akan kepagian, dan belum ada busway yang beroperasi, hanya ada grab, gocar, ojek offline dan online, saya sendiri juga belum pernah mencoba ojek offline dari Terminal Pulo Gebang ini, apakah harganya sesuai kesepakatan atau bagaimana ya.

*Air Suspension tapi terasa keras
Untuk suspensi pada bus ini, menurut saya masih terlalu keras, masih seperti melewati jalur berkerikil, entah ini penyebabnya karena settingan suspensi, atau karena kondisi jalan yang tidak rata, masih perlu membandingkan antara bus yang satu dengan bus yang lain juga.

Catatan waktu
Mulyo indah
Terminal Tingkir Salatiga 20:30 WIB
Rumah makan Raos Eco 22:25-22:55 WIB

Kawawang Timur 04:00 WIB
Cikarang Barat 04:35 WIB
Terminal Pulo Gebang 05:00 WIB

+Jadwal on time
+Waktu makan on time (30 menit)
+-Double leg rest
+tidak ada asap rokok karena bersekat
+tidak ada suara berisik music atau tv di malam hari yang mengganggu tidur

-beberapa kursi lepas bautnya di bagian bantalan pantat
-beberapa kursi juga doll settingan reclining seat
-air suspension masi perlu disetting kembali, masih terasa getaran dari jalan.

Demikian catper menggunakan bus kali ini, terima kasih kepada segenap kru, dan pembaca sekalian, semoga bermanfaat.


1https://myspacenote.blogspot.com/2023/05/rosalia-indah-hdd-157-arus-mudik.html
2https://myspacenote.blogspot.com/2023/06/perjalanan-blue-line-pasar-rebo-boyolali.html

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]