Wednesday, June 27, 2018

Misteri Bunyi Aneh Supra X 125 DD

Mungkin ada yang pernah mengalami bunyi seperti yang terdengar pada rekaman di bawah? kalau pernah mungkin bisa dibagikan pengalamannya bagaimana cara mengatasinya. Bunyi ngreeek ngreeek ngreek muncul saat roda belakang berputar yang bila kecepatannya disamakan pada saat posisi berjalan berkisar mulai 40 kmh ke atas, dengan kecepatan yang tampak pada spedo. Pada kecepatan tinggi bunyi tersebut sudah tertutup oleh bunyi angin, namun sebenarnya masih tetap ada. Menurut mekanik 1, bunyi tersebut mungkin karena masalah pada kopling, untuk mengetahuinya harus dilakukan pembongkaran untuk mengetahui detail sumber masalahnya, karena mekaniknya sendiri tidak dapat memastikan sparepart mana yang harus diganti, mungkin saja ganti mangkok, karet, dan entah apalagi saya juga kurang paham, kisah selanjutnya...



...kisah selanjutnya Bersama mekanik 1 terpaksa saya batalkan karena posisi motor sudah melakukan perjalanan ke kota lain, sehingga berlanjutlah keluhan tadi sampai ke kuping bengkel kedua (mekanik 2) di kota lain. Jawabannya? ternyata sama, mekanik 2 belum dapat memastikan sparepart mana yang perlu diganti jika belum dilakukan pembongkaran. Langkah selanjutnya, kopling dibongkar, oleh mekanik 2, terdeteksi masalah pada karet kopling, entah itu bagian mana saya tidak tahu, akhirnya dilakukan penggantian karet dengan cara dipantek yang memakan waktu seharian, tentunya saya tidak menunggu sampai seharian di bengkel, motor saya tinggal, Bersama kunci dan nomor handphone.

Jam setengah empat sore saya telepon bengkel tersebut apakah sudah selesai, ternyata saat itu juga hasil pantek dari tukang bubutnya baru saja dating, dan akan dilakukan pemasangan. Jam empat saya ditelepon bengkel untuk mengambil motor, setelah dipakai, ternyata suara tersebut masih ada, ok ternyata kisah ini masih berlanjut. bersambung.
suara bisa didengar disini

Apakah masalah terdapat pada gigi rasio yang terdeteksi kendor seperti yang disampaikan dulu oleh mereka? atau mungkin masalah yang lain?

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]