Sunday, December 25, 2016

Beli Domain dot Com

Biar tambah kerenan, maka mulai minggu ini, alamat url blog saya yang semula myspacenote.blogspot.com, kini bisa diakses dengan alamat tukangnulis.com, nama ini adalah nama yang muncul begitu saja tanpa memikirkan panjang lebar, karena memang saya mencari nama yang bukan nama orang, tapi adalah nama yang umum dan tidak menggunakan istilah yang ilmiah. nama ini juga gak ada hubungannya sama sekali sama alamat tukangnulis.web.id, entah itu punya siapa, yang jelas gak ada hubungannya ya.


Oiya saya beli domain di rum****b, yang setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata markasnya ada di Yogyakarta, pertama kali mau ndaftar masih belum tahu harus ngapain, ternyata prosesnya cukup mudah, kurang dari 24 jam alamat url saya berubah menjadi seperti yang sekarang. Bagi ente yang pengen nyobain, ikutin aja langkah yang ada di website, mulai dari cek ketersediaan alamat, kemudian, sampai menu order, dapet nomer orderan, bayar uang, kemarin saya via atm, kemudian ikutin langkah cara mengganti domain blogspot dengan domain milikkmu sendiri melalui control panel di web penjualnya. tunggu beberapa saat, lalu jadilah domain com sendiri.

Sempet kepikiran juga mau bikin alamat telolet.com, eh ternyata sudah ada yang bikin, yasudahlan pake ini juga gapapa. Masalah kemudian muncul ketika saya belum bisa mengakses url domain saya tanpa www. akhirnya setelah saya searching di website, ketemu juga caranya, ternyata tinggal masuk settingan domain di blogspot itu sendiri, tepatnya masuk menu settings-basic kemudian klik menu edit pada domain kita, disitu tertera
Redirect tukangnulis.com to www.tukangnulis.com. nah yang ini dicentang, akhirnya kalo mau masuk situs ini, nulis tanpa www juga tetap bisa masuk, ok sekian dahulu berita hari ini, selamat liburan.

Oiya bagi yang belum tahu domain itu apa, domain itu adalah nama, nama yang ada di browser itu lho, yang kita ketik terus muncul halaman web kita, contohnya facebook.com googgle.com, dan lain sebagainya, sedangkan kalau hosting itu isi webnya itu sendiri. kalau domain itu alamatnya, sedangkan hosting itu rumahnya, kalau kita punya hosting berarti kita punya rumah buat meletakkan perabotan rumah tangga, dalam hal ini kalau web, berarti kita meletakkan perabotan seperti gambar, kode, javascript, file, dan sebagainya, untuk lebih jelasnya tanyalah pada mbah google ya.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]