Wednesday, July 3, 2013

Tips MS Office

Membuat Auto Correct
File-Options-Customize Ribbon-All Commands-Auto Correct Options…-Add>>letakkan di samping kanan, lalu klik OK,
maka di tab atas muncul menu baru namanya “Auto Correct Options”
dari menu ini dapat kita isi kata yang mau kita bikin otomatis.
Contohnya bila kita menulis “Balai” setelah di spasi langsung otomatis menjadi “Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan”.

Membuat Daftar isi otomatis paling gampang
Menentukan Level/tingkatan judul terlebih dahulu, agar Office bisa mengenali mana Judul, Sub Judul, Sub sub judul dst. Untuk Judul bab berarti menjadi level 1 (level tertinggi) dst.
caranya blok judulnya kemudian pilih References-Add Text-Pilih Levelnya. Selanjutnya pada halaman Daftar isi kita tinggal pilih menu References-Table of Contents, bila melakukan perubahan, setelah diubah, daftar isi juga tidak otomatis berubah, maka perlu diupdate dengan memilih menu Update Table pada daftar isinya.

Membuat Daftar isi gambar otomatis
Pada gambar, klik tepat dibawah gambarnya, kemudian pilih menu Insert Caption, labeli dengan gambar (lakukan pada seluruh gambar) selanjutnya masuk ke halaman daftar isi pilih aja menu Insert References-Table of Figure, gambar-gambar yang tadinya sudah kita Caption tadi akan muncul otomatis. Caranya hampir sama dengan Daftar isi di atas. Bagaimana bila kita pengen mengetahui sudah terindeks atau belum, tinggal lihat dengan outline mode, disitu bakal keliatan mana yang belum kita index judulnya (dari tanda plus dan minus).
Fungsi Track Changes
perubahan seperti edit, copy, replace, nambah kurang dsb yang kita lakukan pada word akan kelihatan, menunya Review-Track Changes. Untuk mengunci ini agar kita saja yang hanya bisa merubah dapat kita beri password dengan cara pilih menu Review-Restrict Editing-Cek pada nomor 1 dan 2, di nomor 2 kita pilih Track Changes.

Memberi password pada saat membuka Microsoft Word 2010
File-Protect Document-Encrypt With Password-Lalu isikan passwornya. Untuk menghilangkan password caranya sama tinggal pas suruh isi password, jangan diisi.

Menggabungkan beberapa file Microsoft word tanpa harus copy paste
pilih menu Insert-Object-Text From File-Pilih file word yang akan ditambahkan, jangan lupa sebelum menu ini klik dahulu tempat mana yang akan ditambahkan.

Membuat Footnote
Letakkan kursor pada akhir kata/kalimat kemudian klik menu References-Insert Footnote

Menulis rumus di Microsoft word
Insert-Equation

Membuat Coment
Review-New Comment

Selasa, 25 Juni 2013
Membuat kutipan, Daftar Pustaka, Bibliografi otomatis dengan mudah,
Untuk membuat kutipan, pilih menu References-Insert Citation-Pilih Add New Source, disitu akan muncul kolom yang harus kita isi. Setelah diklik OK maka hasilnya keluar nama pengarang dan tahun dibelakang kalimat kutipan kita tadi. Kemudian untuk membuat daftar pustakanya, pada halaman yang pengen kita buat daftar pustaka tinggal klik menu References-Bibliography-Pilih pilihan yang sudah kita buat tadi. “Penulisan daftar pustaka ini menggunakan standar internasional” kata Mas Rizqi Sukma Kharisma yang juga Dosen di STIMIK AMIKOM Yogyakarta.
Membuat Form isian dengan mudah
Pertama kali mengeluarkan menu Developernya dahulu caranya File-Options-Customize Ribbon-Centang pada Developer. Perbedaan Rich text dengan plain text adalah bisa tidaknya dicustomize seperti di bold dsb. Setelah itu semua selesai, jangan lupa kita kunci dengan cara diprotect (yang di Allow “Filling in Form”)

Membuat shortcut sendiri seperti shortcut umum di Microsoft Word 2010
Contohnya yang sudah ada kalau kita tekan Ctrl+C, maka bearti akan mengcopy, sekarang kita akan menciptakan shortcut yang sederhana misalnya saat kita menekan Alt+U maka akan langsung otomatis terketik kata “Kupu-Kupu” caranya dengan masuk ke menu Developer-Record Macro-Klik pada Keyboard-Pada kolom “Press New Shortcut” langsung kita ketikkan Alt+U-setelah selesai klik Assign- setelah itu berarti word dalam keadaan merecord apa yang kita lakukan, setelah selesai klik Stop Recording.

Rabu, 26 Juni 2013
Membuat Pivot Table dan Pivot Chart
Menunya Insert-Pilih salah satu Pivot Table apa Pivot Chart, Row Labels maksudnya barisnya diisi apa, Column Labels maksudnya kolomnya diisi apa, Values maksudnya isi kolom di tengah itu mau diisi data apa, sedangkan Report Filter itu buat memfilter data yang tampil. Adapun kalau di Pivot Chart Axis Fields (Categories) itu sumbu X diisi apa, Legend Fields itu tiap satu sumbu X diisi apa lebih spesifik, Values itu maksudnya sumbu Y diisi apa, Report Filter itu ya untuk memfilter.

Beberapa rumus excel <> berarti “tidak sama dengan”

Kamis, 27 Juni 2013
True/False pada Rumus VLOOKUP maksudnya jika diisi TRUE maka apabila data referensi tidak ada maka rumus akan menghasilkan data yang mendekati (meskipun itu salah), jika kita isi FALSE, maka rumus akan mencari data benar-benar ada, jika tidak ada akan menampilkan #N/A.

Membuat line spacing di cell excell
kalo di Microsoft Word kan kalo enter kan langsung ganti satu baris ke bawah, kalo di Excell kalo kita Enter pasti pindah satu cell ke bawah, nah ini gimana biar kalo kita enter ga pindah satu cell, tapi biar tetap dalam satu cell caranya tinggal Tekan ALT+ENTER,

Jumat, 28 Juni 2013
Microsoft Power point (PP) kali ini disampaikan oleh Pak Emilya Ully Artha M.Kom, belliau menyampaikan pada penyampaian dengan menggunakan PP yang perlu diperhatikan disini adalah Content (No more 40 words each slide), Design (Use photoshop), dan Delivery (It’s about skill and practice).

Bila audiencenya formal gunakan maksimal tiga warna, jangan terlalu gelap, namun bila audience kita tidak formal boleh menggunakan bermacam-macam warna,

Penggunaan warna background sebaiknya konstan antara slide yang satu dengan yang lain, jangan terlalu sering berganti-ganti background antara slide yang satu dengan yang lain.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]