Monday, February 3, 2014

Mengganti Besar Kecil Huruf Upper Proper Lower pada Microsoft Access 2007

Pada Microsoft Excell, untuk mengganti besar kecilnya huruf kita bisa gunakan fungsi PROPER, UPPER, LOWER, namun pada Microsoft Access ternyata berbeda, jika kalian mencarinya pada Build mode pasti ga akan ketemu sama PROPER UPPER LOWER di atas, la terus pakai apa? Ternyata di Microsoft Access tetap menyediakan fungsi tersebut dengan menggunakan string StrConv(Target String, Conversion Type). Gimana caranya?

Secara singkat langkahnya adalah sebagai berikut :

Seperti biasa masuk mode query design (CREATE-QUERY DESIGN)

Pilih Mode Update (DESIGN-UPDATE)

Isi FIELD mana yang akan kita update

Isi UPDATE TO dengan string tadi (klik kanan – Build)
cari string tersebut pada Build mode untuk mempermudah. Temukan string bawaan Access yang bernama StrConv.
StrConv(Target String, Conversion Type).
Target String diisi dengan kolom table mana yang akan diganti, sedangkan conversion type diisi dengan salah satu angka berikut
1 untuk UPPERCASE (huruf besar semua)
2 untuk LOWERCASE (huruf kecil semua)
3 untuk PROPER (diawali huruf besar)

Isi KRITERIA (bisa juga klik kanan – build)

jika sudah bener klik UPDATE untuk menjalankan fungsi tersebut!

CONTOH SIMPEL

Saya punya tabel bernama PEGAWAI sebagai berikut

Nama                          NOMOR
PAIJO TUKIMIN      132155782013101215
RONALD REAGAN 345456222013105856
BAGIO SUGIO         656533522013118582
PAIMIN                    214212222013105566

saya pengen nama di kolom tersebut huruf awalnya saja yang Besar dan yang nomornya ada angka 201310 saja, jadi hasilnya pengen kayak gini

Nama                      NOMOR
Paijo Tukimin          132155782013101215
Ronald Reagan        345456222013105856
BAGIO SUGIO      656533522013118582
Paimin                     214212222013105566

pertama saya buka menu CREATE - QUERY DESIGN
kemudian Saya pilih mode UPDATE (ada di DESIGN - UPDATE)
pada SHOW TABLE saya tarik tables yang bernama PEGAWAI keluar (Double Klik atau klik ADD) lalu tutup (klik CLOSE)
trus saya tarik / drag Nama kebawah (nanti otomatis FIELD akan terisi Nama, TABLE akan terisi PEGAWAI
pada UPADTE TO saya isi menggunakan Build, setelah diisi hasilnya sbb StrConv([pegawai]![Nama];3)
pada CRITERIA saya masukkan [pegawai]![NOMOR] Like "*201310*" (saya juga menggunakan Build untuk memfilter yang 201310 aja
terakhir saya klik RUN (menunya terdapat di DESIGN - RUN) (jika ragu coba dulu pada file access copyannya)
setelah selesai, saya tutup, kemudian melihat hasilnya pada Table PEGAWAI

tag : how to change letter uppercase lowercase case word in Microsoft Access
referensi : datapigtechnologies

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]